Tingginya Kalori Kentang Goreng yang Harus Anda Waspadai


Kalori kentang goreng akan berbeda antara yang digoreng sendiri di rumah dan dibeli di restoran cepat saji. Mengapa begitu? Ini penjelasannya untuk Anda.

(0)
10 Dec 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Kalori kentang goreng per porsinya bisa lebih dari 100Kalori kentang goreng harus diperhatikan, meski camilan ini memang membuat ketagihan
Kalori kentang goreng harus selalu diwaspadai meski menyantapnya selalu terasa nikmat, apalagi disajikan bersama burger di restoran cepat saji. Namun, sadarkah Anda berapa jumlah kalori kudapan tersebut yang baru saja masuk ke dalam tubuh?Seperti halnya jenis gorengan yang lain, banyak orang yang jatuh cinta pada kentang goreng karena rasa gurihnya dan teksturnya yang garing. Namun, tidak banyak orang yang sadar bahwa makanan sederhana itu bisa membahayakan kesehatan karena kandungan kalori dan lemak trans yang tinggi.Apa saja bahaya di balik tingginya kalori kentang goreng? Lalu, apa pula alternatif yang bisa Anda pilih untuk mengurangi bahaya ini?

Kalori kentang goreng yang mesti diwaspadai

Kentang merupakan bahan pangan yang baik bagi kesehatan karena kaya akan berbagai vitamin dan mineral, seperti kalium dan vitamin C. Kandungan utama kentang adalah karbohidrat, namun ia juga mengandung protein dan serat.
Seporsi kentang goreng memiliki 125 kalori
Secara alami, kentang bahkan nyaris tidak mengandung lemak, tepatnya hanya 1 gram lemak per 1 kilogram kentang. Namun ketika digoreng, kentang mudah menyerap minyak dan lemak dari proses memasak tersebut.Sebagai gambaran umum, berikut ini jumlah kalori kentang goreng beserta kandungan lain dalam porsi 85 gram atau sekitar 10-12 potong kentang goreng beku:
  • Kalori: 125
  • Total lemak: 4 gram (dengan 1 gram lemak jenuh)
  • Sodium: 282 mg
  • Karbohidrat: 21 gram
  • Serat: 2 gram
  • Protein : 2 gram
  • Vitamin C: 16% dari rekomendsi kebutuhan harian
Meskipun demikian, kandungan kalori kentang goreng bisa meninggi hingga dua kali lipat jika Anda mengonsumsi makanan ini di restoran cepat saji. Mengapa demikian? Sebab, penggorengan kentang di sana dilakukan dengan teknik deep fried alias menggunakan minyak yang banyak sehingga meningkatkan kadar minyak yang terserap.Berikut ini perbandingan kalori kentang goreng dilihat dari porsi yang biasa disajikan di restoran fast food:
  • Ukuran kecil (71 gram): kalori 222, lemak 10 gram, karbohidrat 29 gram
  • Ukuran sedang (117 gram): kalori 365, lemak 17 gram, karbohidrat 48 gram
  • Ukuran besar (154 gram): kalori 480, lemak 22 gram, karbohidrat 64 gram

Efek buruk makan kentang goreng dengan kalori tinggi

Anda mungkin sudah sering mendengar tentang bahaya makan gorengan terlalu banyak, termasuk di antaranya kentang goreng. Risiko kesehatan itu antara lain:

1. Obesitas

Kalori kentang goreng yang sangat tinggi tidak diragukan lagi akan membuat tubuh mengalami surplus kalori sehingga berat badan Anda bertambah. Selain itu, kandungan lemak trans pada kentang goreng juga akan memengaruhi kerja hormon yang mengatur nafsu makan dan penyimpanan lemak dalam tubuh.Selain kandungannya, orang yang makan kentang goreng juga biasanya senang mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Tentu semakin banyak Anda makan, semakin banyak pula kalori yang masuk ke tubuh, dan akhirnya meningkatkan risiko kegemukan hingga obesitas.

2. Penyakit jantung

Menyantap gorengan dengan kandungan lemak yang tinggi dapat membuat Anda terkena hipertensi, mengalami penurunan kandungan lemak baik, kolesterol tinggi, dan obesitas. Semua faktor di atas adalah penyebab terjadinya penyakit jantung.

3. Diabetes

Semakin sering Anda makan kentang goreng maupun jenis gorengan lainnya, semakin besar risiko Anda mengalami resistensi insulin. Resistensi inilah yang akan menuntun Anda pada penyakit diabetes tipe 2.

Bagaimana cara menghindari kalori kentang goreng yang tinggi?

Jangan gunakan minyak bekas untuk menggoreng kentang
Cara paling baik untuk menghindari tingginya kalori kentang goreng ialah dengan mengolah kentang menggunakan metode memasak yang lain. Kentang rebus misalnya hanya mengandung 87 kalori, sedangkan kentang panggang memiliki 93 kalori per 100 gram sajian.Namun jika tetap ingin makan kentang goreng, hal yang harus Anda lakukan adalah:
  • Menggorengnya sendiri di rumah
  • Menggunakan minyak goreng baru, bukan minyak goreng bekas atau minyak jelantah
  • Tidak menggoreng terlalu lama
  • Tidak mengonsumsi kentang goreng terlalu sering

Catatan dari SehatQ

Kunci menghindari kalori kentang goreng yang utama ialah makan dalam jumlah yang wajar dan diselingi dengan konsumsi sayur serta buah. Anda pun masih boleh makan kentang goreng di restoran cepat saji sesekali, tapi jangan menjadikannya sebagai kebiasaan.Untuk mengetahui lebih banyak tentang kalori makanan yang biasa Anda konsumsi, konsultasikan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips dietmakanan sehatmakanan diet
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/why-fried-foods-are-bad
Diakses pada 26 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/potatoes
Diakses pada 26 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/sweet-potato-fries-vs-french-fries
Diakses pada 26 November 2020
WebMD. https://www.webmd.com/diet/news/20170622/how-bad-for-you-are-fried-foods
Diakses pada 26 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait