Kalori Anggur Per Buahnya Tak Sampai 5, Cocok Jadi Camilan Diet


Kalori satu porsi anggur berisi 20 buah adalah 68 kalori. Jadi, kalori satu buah anggur adalah 3,4. Karena kalorinya rendah, anggur sering dijadikan alternatif pilihan sehat untuk orang yang sedang diet

(0)
22 Dec 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kalori anggur sekitar 3,4 per buah dengan total 68 kalori per porsiKalori anggur tidaklah tinggi sehingga cocok untuk diet
Selain mengandung vitamin dan antioksidan yang baik untuk kesehatan, buah anggur rupanya juga cocok dijadikan camilan bagi Anda yang sedang diet. Sebab, kalori anggur termasuk rendah. Dalam seporsi anggur yang berisi 20 buah, terkandung 68 kalori. Artinya, satu buah anggur hanya mengandung sekitar 3,4 kalori. Anggur juga bisa menjadi sumber makanan manis alami yang aman untuk Anda yang sedang membatasi konsumsi gula. Jadi, selama Anda masih mengonsumsinya dalam jumlah wajar, buah ini bisa dimasukkan sebagai menu harian yang sehat.

Lebih lanjut tentang jumlah kalori anggur dan nutrisinya

Kalori buah anggur sangat rendah, hanya kurang dari 5 kalori per buah
Kalori buah anggur sangat rendah
Jenis anggur ada beragam, sehingga tidak heran jika jumlah kalori di setiap jenisnya berbeda. Namun secara umum, anggur adalah buah yang rendah kalori.Jumlah kalori anggur yang telah disebutkan di atas merupakan kalori rata-rata. Sementara itu pada jenis yang lebih spesifik, yaitu anggur merah dan hijau, jumlah kalorinya sedikit lebih banyak meski masih termasuk rendah.Dalam sekitar 100 gram anggur merah dan hijau yang berisi kurang lebih 21 buah, terdapat sekitar 161 kalori. Sementara itu pada anggur tanpa biji dari Amerika Serikat, terkandung sekitar 62 kalori setiap porsinya (92 gram).Selain kalori, buah anggur juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti:Kandungan vitamin C dan K pada buah anggur termasuk cukup tinggi. Dengan mengonsumsi sekitar 150 gram anggur merah atau hijau, maka rekomendasi konsumsi harian vitamin C dan K Anda sudah terpenuhi sekitar 30%.

Tak hanya untuk diet, manfaat buah anggur lain juga beragam

Mengonsumsi buah anggur bisa menurunkan gula darah
Manfaat buah anggur salah satunya untuk menurunkan gula darah
Sebagai buah berkalori rendah, banyak orang yang memanfaatkan anggur sebagai camilan diet. Namun selain bisa membantu proses penurunan berat badan, buah ini juga memiliki beragam manfaat lain untuk kesehatan, seperti:

1. Sebagai sumber antioksidan

Anggur mengandung berbagai jenis antioksidan yang dapat mencegah terbentuknya penyakit di tubuh. Resveratrol sebagai antioksidan yang ditemukan pada kulit buah anggur, dianggap dapat membantu mencegah penyakit jantung.Anggur juga mengandung quercetin, salah satu jenis senyawa flavonoid yang dapat melindungi sel-sel di tubuh dari kerusakan. Senyawa ini juga dipercaya memiliki sifat antivirus dan anti-inflamasi.

2. Membantu proses pembekuan darah

Vitamin K yang terkandung dalam anggur telah sejak lama diketahui sebagai faktor penting untuk membantu proses pembekuan darah. Kekurangan vitamin K akan meningkatkan risiko perdarahan yang lebih parah saat mengalami luka.

3. Membantu mengontrol kadar gula darah

Resveratrol yang terkandung dalam kulit anggur dinilai bisa membantu mengontrol kadar gula darah terutama pada penderita diabetes tipe 2. Sebab, senyawa ini dapat menjaga keseimbangan kadar glikemik dan menurunkan resistensi insulin, sehingga kadar gula dalam darah bisa kembali normal. Baca Juga: Deretan Makanan Penurun Gula Darah yang Sehat dan Nikmat

4. Meningkatkan fungsi otak

Buah anggur juga baik untuk kesehatan otak dan daya ingat. Pada sebuah penelitian, mengonsumsi suplemen anggur dalam jumlah tertentu terbukti efektif meningkatkan fungsi kognitif, daya ingat, dan kemampuan berbahasa.

5. Membantu menurunkan tekanan darah

Dalam sekitar 150 gram anggur, terdapat 288 mg kalium. Jumlah ini sudah memenuhi sekitar 6% dari rekomendasi konsumsi harian mineral ini.Kalium sendiri merupakan mineral yang diperlukan untuk mengatur tekanan darah. Kekurangan kalium, sudah terbukti bisa meningkatkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung serta stroke.

6. Mengurangi kadar kolesterol dalam darah

Mengonsumsi anggur merah dinilai bisa membantu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Sebab, buah ini memiliki senyawa yang dapat menghambat penyerapan kolesterol di tubuh.

7. Baik untuk kesehatan tulang

Anggur mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan tulang, seperti kalsium, fosfor, magnesium, dan vitamin K. Namun, manfaat yang satu ini baru disimpulkan dari penelitian yang dilakukan pada hewan uji. Oleh karena itu, masih diperlukan penelitian lanjutan untuk memastikan manfaatnya secara klinis pada manusia.

Catatan dari SehatQ

Melihat rendahnya kalori anggur, Anda mungkin sudah tidak sabar untuk memasukkannya ke dalam menu harian. Namun selalu ingat untuk memilih anggur yang segar dan konsumsi dalam keadaan segar pula. Jika anggur sudah diolah dan ditambahkan bahan-bahan lain, nilai gizinya bisa berubah dan mungkin saja manfaat yang bisa didapatkan oleh kesehatan Anda jadi berkurang.Untuk Anda yang ingin tahu lebih banyak tentang manfaat buah anggur maupun peran buah-buahan untuk kesehatan tubuh dan pengobatan penyakit, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehatbuah dan sayurananggur merah
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/grapes-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4111390
Diakses pada 8 Desember 2020
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/298457-how-many-calories-per-grape/
Diakses pada 8 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-grapes
Diakses pada 8 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait