Kalium Sorbat Adalah Pengawet yang Aman, Adakah Risiko Penggunaannya?

(0)
21 Oct 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kalium sorbat adalah pengawet yang populer dan aman dalam produk makanan manusia,  produk perawatan badan, dan produk makanan hewanKalium sorbat membantu memperpanjang umur simpan produk dengan menghentikan pertumbuhan jamur
Diskusi terkait zat pengawet memang lekat dengan kontroversi. Beberapa orang pun mungkin telah berusaha menjauhi makanan olahan karena kandungan zat pengawetnya. Salah satu zat pengawet yang umum dicampurkan adalah kalium sorbat. Amankah penggunaan kalium sorbat?

Mengenal kalium sorbat

Kalium sorbat atau potasium sorbat adalah salah satu jenis pengawet populer dalam produk makanan, minuman, serta perawatan kulit dan kosmetik. Kalium sorbat diolah secara sintetis dari asam sorbat dan kalium hidroksida. Pengawet ini memiliki karakteristik tidak berbau serta tidak berasa.Sebagai pengawet dalam produk olahan, kalium sorbat membantu memperpanjang umur simpan produk dengan menghentikan pertumbuhan jamur. Asam sorbat, yang menjadi bentuk dasar kalium sorbat, ditemukan pada tahun 1850-an dari buah pohon rowan (Sorbus aucuparia). Kalium sorbat menjadi jenis pengawet yang populer karena efektivitasnya. Zat aditif ini tidak mengubah kualitas produk, termasuk rasa, aroma, dan tampilan. Kalium sorbat juga larut dalam air dan tetap efektif pada suhu ruang.Penggunaan dan keamanan kalium sorbat telah lama diteliti. Foods and Drugs Administration di Amerika Serikat mengkategorikan kalium sorbat sebagai pengawet yang aman jika digunakan sesuai kebijakan yang berlaku.

Produk olahan yang mengandung kalium sorbat

Kalium sorbat banyak terkandung dalam berbagai jenis produk makanan olahan maupun perawatan tubuh.

1. Makanan olahan yang mengandung kalium sorbat

Sari cuka apel mengandung pengawet kalium sorbat
Salah satu makanan yang mengandung pengawet kalium sorbat adalah cuka apel
Berikut ini beberapa jenis makanan yang mengandung kalium sorbat:
  • Sari cuka apel
  • Makanan yang dipanggang
  • Buah dan sayuran kalengan
  • Keju
  • Daging yang dikeringkan
  • Buah kering
  • Es krim
  • Acar kalengan
  • Minuman ringan dan jus
  • Wine
  • Yogurt

2. Produk non-makanan yang mengandung kalium sorbat

Selain dalam produk makanan olahan, kalium sorbat juga digunakan sebagai pengawet produk perawatan kulit, badan, dan kosmetik. Produk tersebut, misalnya:Tak sampai di situ. Kalium sorbat juga menjadi pengawet yang disetujui untuk produk makanan kucing, anjing, dan hewan lain.

Apakah kalium sorbat dalam makanan aman dikonsumsi?

Seperti yang disampaikan di atas, badan seperti FDA di Amerika Serikat mengkategorikan kalium sorbat sebagai pengawet yang aman dalam makanan.Lembaga lain, seperti Food and Agriculture Organization (FAO) di bawah PBB dan European Food Safety Authority (EFSA), juga menentukan kalium sorbat sebagai pengawet yang secara umum aman digunakan (generally regarded as safe atau GRAS),Kalium sorbat yang masuk ke dalam tubuh akan turun melewati sistem pencernaan seperti air dan karbon dioksida. Pengawet ini juga tidak terakumulasi di dalam tubuh.

Risiko alergi dari kalium sorbat

Produk kosmetik seperti eye shadow mengandung pengawet kalium sorbat
Penggunaan eye shadow yang mengandung kalium sorbat dapat memicu reaksi alergi
Seperti zat-zat lain, kalium sorbat juga dapat menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang – walau sifatnya jarang terjadi. Risiko alergi dari kalium sorbat lebih umum dialami akibat penggunaan kosmetik dan produk perawatan tubuh. Kalium sorbat dalam produk non-makanan di atas berisiko memicu iritasi di kulit tubuh atau kulit kepala.Apabila Anda menggunakan kalium sorbat di rumah, mata dan kulit berisiko mengalami iritasi terpapar pengawet ini. Kalium sorbat yang digunakan di pabrik makanan juga terkadang berisiko terkontaminasi elemen tertentu, seperti timbal, arsenik, dan merkuri.

Berapa dosis aman konsumsi kalium sorbat dari makanan olahan?

Kadar aman maksimal kalium sorbat yang terkonsumsi dari makanan adalah 25 miligram per kilogram berat badan – dalam satu hari. Misalnya, jika Anda memiliki berat badan sekitar 68 kilogram, maka asupan aman maksimal kalium sorbat adalah kurang lebih 1.750 miligram per hari.Walau kalium sorbat memang dikategorikan aman dalam makanan olahan, Anda tentu bisa mengurangi konsumsi makanan pabrik atau olahan demi mengurangi paparan pengawet ini. Bagaimanapun, mengutamakan konsumsi makanan utuh dan segar tetap menjadi pilihan terbaik untuk tubuh sehat.

Catatan dari SehatQ

Kalium sorbat adalah pengawet yang populer dan aman dalam produk makanan manusia,  produk perawatan badan, dan produk makanan hewan. Untuk mendapatkan informasi lanjutan terkait pengawet dan zat aditif makanan, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ bisa diunduh di Appstore dan Playstore untuk memberikan informasi hidup sehat terpercaya.
makanan sehatnutrisizat gizi
Bakerpedia. https://bakerpedia.com/ingredients/sorbic-acid
Diakses pada 7 Oktober 2020
Foods and Drugs Administration. https://www.accessdata.fda.gov/scripts/cdrh/cfdocs/cfcfr/cfrsearch.cfm?fr=582.3640
Diakses pada 7 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/potassium-sorbate
Diakses pada 7 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait