Pembesaran Payudara Laki-Laki, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya


Pembesaran payudara laki-laki disebut dengan ginekomastia. Kondisi ini terjadi akibat ketidakseimbangan hormon. Bayi dan anak usia puber juga dapat mengalami hal ini. Payudara laki-laki yang membesar disebut dapat memengaruhi kesuburan. Benarkah demikian?

(0)
07 Apr 2021|Rhandy Verizarie
Pembesaran payudara laki-lakiPembesaran payudara laki-laki disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon
Pembesaran payudara laki-laki bisa dikatakan sebagai kondisi yang tidak wajar. Celakanya, kondisi ini tidak hanya mengganggu penampilan pria, tapi juga berpotensi menurunkan kesuburan. Benarkah demikian? Apa penyebab payudara laki-laki membesar dan bagaimana cara mengatasinya? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Penyebab pembesaran payudara laki-laki

Penyebab pembesaran payudara laki-laki adalah kondisi yang dalam dunia medis disebut sebagai ginekomastia. Ginekomastia adalah adanya ketidakseimbangan antara hormon testosteron dan estrogen dalam tubuh pria. Meskipun hormon estrogen umumnya dikaitkan sebagai ‘hormon wanita’, tubuh pria juga tetap memproduksi estrogen dalam jumlah kecil. Bila kadar hormon estrogen lebih tinggi ketimbang testosteron, pria dapat mengalami kondisi ginekomastia ini.Sebenarnya, hampir sebagian besar bayi laki-laki yang baru lahir mengalami ginekomastia. Penyebab ginekomastia pada bayi tidak lain karena efek estrogen dari sang ibu. Akan tetapi, payudaranya akan mengecil dalam kurun waktu dua sampai tiga minggu setelah lahir.Pada usia remaja, ginekomastia bisa muncul karena adanya perubahan hormon saat masa pubertas. Kondisi ini akan hilang dengan sendirinya dalam kurun waktu enam bulan sampai dua tahun.Sementara itu, pada usia 50-69 tahun, terdapat peningkatan risiko terkena ginekomastia. Setidaknya satu dari empat pria pada rentang usia ini yang mengalami ginekomastia.Selain karena ketidakseimbangan hormon estrogen dan testosteron, penyebab payudara laki-laki membesar lainnya meliputi:

1. Penggunaan narkotika dan zat tertentu

Penggunaan narkotika berupa heroin, amfetamin, marijuana, dan sebagainya disebut-sebut menjadi penyebab payudara laki-laki membesar. Ini juga berlaku bagi pria yang gemar mengonsumsi minuman beralkohol.

2. Penggunaan obat-obatan tertentu

Penggunaan obat-obatan tertentu, seperti obat steroid, antiandrogen, anticemas, obat untuk HIV/AIDS, kemoterapi, obat jantung, obat maag tertentu, dan sebagainya juga dapat memicu pembesaran payudara pada pria, 

3. Memiliki kondisi kesehatan tertentu

Kondisi kesehatan tertentu juga bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya pembesaran jaringan payudara pada pria. Beberapa masalah kesehatan yang dapat menyebabkan payudara pria membesar, antara lain:
  • Hipertiroidisme. Hipertiroidisme adalah kondisi ketika kelenjar tiroid memproduksi terlalu banyak hormon tiroksin. Salah satu gejala tingginya kadar tiroksin adalah payudara pria yang membesar.
  • Hipogonadisme (kadar testosteron rendah). Hipogonadisme adalah kondisi ketika kadar testosteron rendah, yakni di bawah 300 nanogram per desiliter (ng/dL). Normalnya kadar testosteron pada pria dewasa berada di kisaran 300 sampai 1000 ng/dL, sebagaimana dijelaskan dalam jurnal Reviews in Urology
  • Gagal ginjal dan hati. Penyakit gagal ginjal dan hati (liver) dapat menjadi penyebab payudara laki-laki membesar karena keduanya memicu ketidakseimbangan hormon.
  • Pengobatan sirosis hati. Pengobatan penyakit sirosis hati juga memicu ketidakseimbangan hormon hingga menyebabkan pembesaran payudara pada laki-laki.
  • Kekurangan gizi. Kurangnya asupan nutrisi membuat kadar testosteron menurun, sementara kadar estrogen tetap sama. Inilah yang kemudian menjadi penyebab ginekomastia lainnya.
  • Tumor. Adanya pertumbuhan tumor pada testis, kelenjar adrenal, maupun kelenjar pituitari, menyebabkan tubuh memproduksi hormon yang dapat mengganggu keseimbangan antara hormon estrogen dan testosteron. Akibatnya, terjadi pembesaran payudara laki-laki

Hubungan pembesaran payudara laki-laki dengan gangguan kesuburan

Lantas, apa hubungan antara ginekomastia dengan kesuburan pria? Penyebab ginekomastia adalah kadar hormon testosteron yang rendah atau yang dikenal sebagai hipogonadisme. Nah, rendahnya kadar testosteron tersebut turut memengaruhi faktor-faktor yang berkaitan dengan kesuburan pria, yakni menyebabkan sperma sedikit, menyebabkan disfungsi ereksi alias impotensi, dan penurunan libido. Seperti yang diketahui, salah satu fungsi hormon testosteron adalah untuk menunjang fungsi seksual pria.Itu sebabnya, ginekomastia bisa menjadi indikasi adanya gangguan hormon berupa kadar testosteron rendah yang dapat memicu berkurangnya kesuburan pria.

Cara mengobati pembesaran payudara laki-laki

Sebelum menentukan metode pengobatan ginekomastia, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan terlebih dahulu yang utamanya bertujuan untuk mengetahui kadar testosteron Anda. Selain melihat rekam medis (anamnesis), dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, tes darah, tes genetik DNA, tes hormon, dan tes MRI atau CT scan.

1. Terapi hormon testosteron

Apabila pembesaran payudara laki-laki disebabkan oleh tidak seimbangnya kadar testosteron dan estrogen, maka dokter akan melakukan penanganan medis guna meningkatkan kadar testosteron, termasuk terapi suntik hormon testosteron.

2. Terapi obat-obatan

Selain dengan suntik hormon, dokter juga akan meresepkan beberapa obat ginekomastia seperti tamoxifen dan raloxifene. Obat-obatan tersebut bekerja dengan cara meningkatkan kadar testosteron dan diharapkan dapat membuat payudara kembali normal.

3. Operasi

Operasi ginekomastia bertujuan untuk mengangkat jaringan di dalam payudara yang membuatnya tampak membesar. Terdapat dua macam operasi bedah yang bisa dilakukan, yaitu liposuction atau menghilangkan lemak berlebih pada payudara dan mastectomy atau pengangkatan jaringan kelenjar payudara. 

4. Menerapkan pola hidup sehat

olahraga untuk mengatasi pembesaran payudara laki-laki
Olahraga dapat membantu meningkatkan kadar testosteron
Selain itu, Anda juga disarankan untuk menerapkan cara meningkatkan hormon testosteron secara alami seperti rajin berolahraga, makan makanan bergizi, dan istirahat yang cukup.

Catatan dari SehatQ

Pembesaran payudara laki-laki adalah kondisi yang sebaiknya Anda periksakan apabila mengalaminya. Pemeriksaan sedini mungkin diperlukan guna memastikan penyebabnya sehingga bisa langsung ditangani yang mana akan membuat peluang kesembuhan semakin tinggi dan Anda terhindar dari komplikasi yang bisa saja berbahaya bagi tubuh.Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ mengenai penyebab payudara laki-laki membesar dan langkah apa saja yang harus dilakukan. Download aplikasi SehatQ sekarang juga di App Store dan Google Play.
penyakit priaginekomastiaestrogenhormonkesehatan pria
Endocrineweb. https://www.endocrineweb.com/conditions/low-testosterone/low-testosterone-diagnosis
Diakses pada 05 Juli 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/low-testosterone/warning-signs
Diakses pada 05 Juli 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/low-testosterone/male-breasts-gynecomastia
Diakses pada 05 Juli 2019
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/male-infertility/symptoms-causes/syc-20374773
Diakses pada 05 Juli 2019
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gynecomastia/symptoms-causes/syc-20351793
Diakses pada 05 Juli 2019
Reviews in Urology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1472884/
diakses pada 05 Juli 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait