9 Kado untuk Bayi yang Bisa Jadi Pilihan Anda

(0)
05 Jan 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Memilih kado bayi baru lahir sebaiknya mempertimbangkan manfaat dan fungsinyaPerlu pertimbangan sebelum membeli kado bayi baru lahir
Memilih kado untuk bayi baru lahir bisa sangat memusingkan, apalagi jika Anda belum pernah memiliki bayi dan tidak punya pengalaman di bidangnya. Di antara banyaknya benda-benda imut dan menggemaskan, kado seperti apa sih yang sebaiknya Anda pilih?Dalam memilih kado untuk bayi, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Pertama, tentu jenis kelamin bayi itu sendiri akan menentukan kado seperti apa yang dapat Anda berikan, meski saat ini terdapat berbagai peralatan dan perlengkapan bayi yang bersifat unisex.Selain itu, ingat juga bahwa bayi sangat cepat tumbuh di awal usianya. Berat badan bayi, misalnya, bisa meningkat dua kali lipat (dari berat badan lahirnya) saat ia mencapai usia 5 bulan.Terakhir, pertimbangkan juga budget Anda sendiri. Sebaiknya jangan memaksakan memberikan hadiah yang mahal jika memang tidak memungkinkan.

Kado untuk bayi yang bisa Anda pertimbangkan

Bila Anda kenal baik dengan orangtua si bayi, Anda dapat memberi kado berupa barang-barang unik, custom, dan sentimental. Namun bila tidak, Anda tetap dapat memberikan kado untuk bayi yang bersifat universal.Berikut beberapa rekomendasi kado untuk bayi yang bisa jadi inspirasi bagi Anda.
  • Pakaian bayi

Pakaian bayi sangat banyak macamnya, mulai dari baju, celana/rok, setelan, jumper, bibs, rompi, jaket, topi, dan lain-lain. Pakaian bayi pun memiliki model dan motif yang lucu serta menggemaskan sehingga Anda bisa dibuat pusing saat memilihnya.Apa pun pakaian yang Anda pilih, pastikan bahan pakaian terbuat dari katun yang lembut. Hindari juga pakaian yang terbuat dari bahan-bahan sintetis.
  • Termometer

Termometer dapat menjadi kado untuk bayi yang sangat bermanfaat, pasalnya bayi baru lahir rentan mengalami demam. Memberikan termometer akan memudahkan orangtua untuk memeriksa suhu si Kecil. Anda dapat memilih termometer digital dengan teknologi infrared sebagai kado untuk bayi yang berkesan.
  • Selimut

Kado untuk bayi yang satu ini bisa digunakan di mana-mana, mulai dari kamar tidur hingga stroller-nya. Pastikan Anda memih selimut dari bahan yang lembut dan tidak panas, namun tetap dapat melindungi bayi dari cuaca dingin yang dapat membuatnya menggigil.
  • Perlengkapan mandi

Untuk mandi, bayi tidak sekedar membutuhkan handuk untuk mengeringkan badannya. Di awal-awal usianya, bayi juga membutuhkan handuk tangan yang digunakan oleh ibu untuk membasuh seluruh badannya. Anda juga dapat membelikannya sampo atau sabun khusus bayi sebagai hadiah.
  • Mainan bayi

Mainan untuk bayi baru lahir tidak banyak, pasalnya mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur, menyusu, dan dipeluk oleh sang ibu. Namun, Anda tetap bisa memberi kado untuk bayi berupa mainan seperti gemerincing atau kotak musik yang memiliki warna cerah serta aman untuk bayi.Anda juga dapat memberikan kado berupa play gym yang berisi banyak jenis mainan sekaligus. Play gym dapat digunakan oleh bayi di atas 2 tahun, salah satunya untuk melatih fokus pada matanya.
  • Gendongan

Gendongan untuk bayi memiliki banyak tipe dan model, tapi biasanya berbentuk gendongan kain (instan maupun tradisional) atau carrier (gendongan kanguru, hip seat, M-shape, dan lain-lain). Pastikan Anda memilih gendongan sesuai usia bayi.Bila Anda ingin gendongan yang langsung bisa dimanfaatkan untuk bayi newborn, pilih gendongan yang dapat menopang lehernya. Namun bila Anda ingin memberi gendongan yang lebih awet, pilih tipe yang dapat menahan berat badan bayi lebih besar lagi.
  • Tas popok

Tas serbaguna ini bisa jadi kado untuk bayi yang sangat membantu ibu dalam membawa perlengkapan bayi saat bepergian. Usahakan Anda memilih tas popok yang mampu menampung banyak barang sekaligus, terutama popok, tisu basar, pakaian ganti, botol susu, maupun perlengkapan mandi bayi.
  • Furnitur bayi

Bila Anda memiliki budget lebih banyak, atau telah mengumpulkan uang patungan dengan teman-teman yang lain, tidak ada salahnya memilih kado untuk bayi yang berbentuk furnitur. Furnitur bayi yang dapat Anda pilih, yakni kursi makan (high chair atau booster), meja ganti popok, car seat, stroller, dan lain-lain.
  • Voucher

Langkah terakhir bila Anda bingung dalam memilih kado untuk bayi atau tidak sempat membelikannya, memberi voucher pada sang ibu atau ayah juga akan sangat berkesan.Voucher yang dimaksud bisa berupa voucher makan di tempat tertentu atau voucher belanja yang dapat dimanfaatkan oleh orangtua untuk membeli keperluan bayi yang memang mereka butuhkan.Dari sembilan ide kado untuk bayi di atas, mana yang akan Anda pilih?
perlengkapan bayimainan anak
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/expert-answers/infant-growth/faq-20058037
Diakses pada 4 Januari 2020
Parenting Firstcry. https://parenting.firstcry.com/articles/20-exclusive-newborn-baby-gift-ideas/
Diakses pada 4 Januari 2020
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/baby-products/gift-guides/best-newborn-baby-gifts/
Diakses pada 4 Januari 2020
Raising Children Australia. https://raisingchildren.net.au/newborns/development/development-tracker/0-1-month
Diakses pada 4 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait