Kacang Pinto, Kacang Bernutrisi Isian Khas Burrito

(0)
06 Jul 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kacang pinto adalah jenis kacang dari Amerika yang bernutrisi tinggiKacang pinto mengantongi beragam nutrisi yang baik untuk tubuh
Apabila mempelajari resep burrito dari Meksiko, Anda mungkin pernah melihat kacang pinto sebagai variasi isiannya. Kacang pinto memang kurang awam bagi orang Indonesia dan lebih umum dikonsumsi oleh masyarakat di Amerika. Namun, karena kacang ini mulai banyak dijual online di Nusantara, tak ada salahnya bagi Anda untuk mengulik nutrisi dan manfaat kacang pinto.

Mengenal kacang pinto dan nutrisinya yang tak pura-pura

Kacang pinto merupakan jenis kacang-kacangan (beans) yang umum ditemukan dalam kuliner Meksiko. Kacang ini menjadi salah satu varietas dari tanaman Phaseolus vulgaris.Kacang pinto sendiri memiliki warna krem dengan bintik-bintik coklat kemerahan saat dikeringkan. Kacang ini memiliki aroma yang nutty dan bisa dimakan utuh atau dihaluskan terlebih dahulu.Sebagai salah satu kacang-kacangan, kacang pinto pun mengantongi beragam nutrisi. Tak hanya serat dan protein, kacang pinto juga mengandung beraneka nutrisi mikro.Berikut ini nutrisi kacang pinto untuk setiap 171 gram-nya apabila dimasak dengan tambahan garam:Kalori: 245
  • Karbohidrat: 45 gram
  • Serat: 15 gram
  • Protein: 15 gram
  • Lemak: 1 gram
  • Natrium: 407 mg
  • Tiamin (vitamin B1): 28% dari angka kecukupan gizi (AKG) harian
  • Zat besi: 20% dari AKG harian
  • Magnesium: 21% dari AKG harian
  • Fosfor: 20% dari AKG harian
  • Kalium: 16% dari AKG harian
Jika Anda memasak kacang pinto tanpa garam, kacang-kacangan ini akan bebas dari natrium.

Sederet manfaat kacang pinto untuk kesehatan

Berkat nutrisinya di atas, kacang pinto pun menawarkan manfaat untuk kesehatan berikut ini:

1. Mencegah kerusakan sel dalam tubuh

Sebagai salah satu jenis kacang-kacangan, kacang pinto mengantongi beragam kelompok molekul antioksidan. Molekul antioksidan sangat diperlukan tubuh untuk menangkal dan menetralkan radikal bebas, molekul tak stabil yang bisa memicu kerusakan sel dan menyebabkan penyakit seiring waktu.Kelompok molekul antioksidan dalam kacang pinto pun cukup bervariasi, termasuk molekul dalam grup flavonoid. Kaempferol, antioksidan kacang pinto yang masuk dalam grup flavonoid, juga dikaitkan dalam penurunan risiko kanker, peradangan, dan stroke.

2. Berpotensi untuk mengontrol gula darah

Apabila menderita diabetes, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mencoba mengonsumsi kacang pinto. Sebab, kacang pinto dilaporkan dapat mengendalikan kadar gula darah. Kacang ini tidak memicu kenaikan gula darah berlebihan setelah mengonsumsinya, di samping juga memiliki indeks glikemik yang rendah.Menilik nutrisinya di atas, kacang pinto juga kaya dengan serat dan protein. Kedua nutrisi ini dapat memperlambat pelepasan gula ke aliran darah.

3. Memelihara kesehatan sistem pencernaan

Kacang-kacangan merupakan sumber serat yang wajib divariasikan di meja makan dan kacang pinto dapat menjadi pilihan. Setiap 171 gram kacang pinto rebus akan mencukupkan kebutuhan serat harian sebesar 40-60% bagi perempuan dan laki-laki.Serat pun menjadi nutrisi yang memegang peranan penting dalam sistem pencernaan. Sebab, salah satu manfaat serat yakni dapat menjadi makanan bagi bakteri baik di dalam usus. Mencukupkan kebutuhan serat juga berpotensi untuk menjaga kesehatan jantung, mengontrol gula darah, bahkan menurunkan berat badan.

4. Menjaga kesehatan jantung

Kacang pinto juga menjadi makanan yang ramah untuk jantung. Dalam sebuah riset yang dimuat dalam Journal of the American College Nutrition, konsumsi 86 gram kacang pinto setiap hari selama 8 minggu membantu menurunkan kolesterol LDL atau kolesterol jahat, serta mengendalikan kolesterol total. Bukan rahasia lagi bahwa kolesterol tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit jantung.Cara lain kacang pinto menjaga kesehatan jantung adalah dengan merangsang produksi propionat. Propionat merupakan asam lemak rantai pendek yang juga membantu mengendalikan kolesterol serta mengontrol tekanan darah. Nutrisi lain dalam kacang pinto, seperti kalium dan magnesium, juga membantu mengontrol tekanan darah.

5. Menurunkan berat badan

Karena tinggi dengan protein dan serat, kacang pinto juga dapat menjadi variasi makanan untuk diet pengurusan badan. Protein dan serat memang membantu perut merasa lebih kenyang dalam waktu lama sehingga nafsu makan akan terkendali.Konsumsi kacang-kacangan secara umum pun memang dilaporkan membantu menurunkan berat badan.

Cara mengolah kacang pinto

Kacang pinto sama seperti kacang lainnya yang mudah untuk disajikan. Apabila membeli kacang pinto kering, pastikan Anda membersihkannya terlebih dahulu dan membuang butiran kacang yang sudah rusak. Merendamnya semalaman akan mempersingkat durasi masak kacang pinto.Butiran yang sudah dibersihkan atau direndam dapat direbus dalam air atau kaldu ayam. Untuk menambah cita rasa, Anda bisa menambahkan bawang putih, bawang bombay, dan cabai. Rebuslah kacang pinto dengan api besar selama 1 menit dan lanjutkan memasaknya dengan api kecil selama 2-4 jam.Apabila membeli kacang pinto kalengan, Anda harus bijak mengonsumsinya. Sebab, makanan kalengan cenderung tinggi gula, garam, dan pengawet.

Catatan dari SehatQ

Kacang pinto merupakan salah satu bahan makanan yang sehat. Dengan kandungan nutrisi serta manfaat yang ditawarkan, kacang-kacangan ini bisa Anda variasikan dengan makanan sehat lain di rumah.
makanan sehatmakanan dietnutrisizat gizi
American Diabetes Association. https://www.diabetes.org/nutrition/healthy-food-choices-made-easy/diabetes-superfoods
Diakses pada 22 Juni 2020
College of Agriculture and Life Sciences, University of Arizona. https://cals.arizona.edu/fps/sites/cals.arizona.edu.fps/files/cotw/Pinto_Beans.pdf
Diakses pada 22 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/pinto-beans-nutrition
Diakses pada 22 Juni 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17634169/
Diakses pada 22 Juni 2020
Science Direct. https://www.sciencedirect.com/topics/medicine-and-dentistry/kaempferol
Diakses pada 22 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait