Kacang Pecan, Alternatif Camilan Sehat yang Jarang Dikenal

(0)
28 May 2020|Lenny Tan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Kacang pecan memiliki warna kecokelatan dengan butiran agak besarKacang pecan berwarna kecokelatan
Anda tentu sering mendengar bahwa kacang-kacangan baik untuk kesehatan, misalnya kacang almond dan kenari (walnut). Tapi ada pula jenis-jenis kacang yang juga perlu diperhitungkan, salah satunya kacang pecan.Kacang pecan sudah lama populer sebagai camilan rendah karbohidrat, tinggi serat, dan kaya nutrisi. Apa sajakah yang terkandung dalam kacang ini?

Nutisi kacang pecan

Dalam tiap 100 gram, kacang pecan menawarkan:
  • Karbohidrat: 13,9 gram
  • Protein: 9,17 gram
  • Kalori: 691
  • Air: 4,52 gram
  • Serat 9,6 gram
  • Beragam vitamin: Vitamin A, C, B1 (thiamine), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (pantothenic acid), B6, B9 (folat), E, dan lainnya
  • Beragam mineral: Kalsium, magnesium, zat besi, zinc, kalium, sodium, fosfor, dan sebagainya
  • Lemak tak jenuh
  • Lutein
  • Zeaxanthin

Manfaat kacang pecan yang sayang jika dilewatkan

wanita menginjak timbangan
Kacang pecan bisa membantu dalam menurunkan berat badan
 Berkat beragam nutrisi di dalamnya, kacang pecan tentu mampu memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi Anda. Apa sajakah itu?
  • Menurunkan berat badan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa serat akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mengikis keinginan untuk ngemil. Kacang pecan termasuk salah satu bahan pangan yang bisa memberikan kebaikan ini.Sebagai contoh, Anda bisa mengonsumsi sedikit kacang pecan dan oatmeal ketika sarapan. Kombinasi ini dapat membantu Anda menahan godaan mencamil sampai waktu makan siang tiba.Dengan begitu, program menurunkan berat badan Anda akan terbantu. Begitu juga dengan usaha untuk menjaga lingkar pinggang agar tetap ideal.
  • Menjaga kesehatan jantung

Manfaat kacang pecan ini muncul dari kandungan seratnya, khususnya serat larut. Jenis serat ini sudah terbukti dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan jantung.Para pakar mengadakan sebuah riset yang meneliti dampak konsumsi kacang pecan pada para peserta dengan kelebihan berat badan. Mereka diminta untuk mengonsumsi kacang ini selama jangka waktu tertentu.Hasil penelitian menunjukkan bahwa asupan 45 gram kacang pecan mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL), tridliserida, dan gula darah secara signifikan. Seperti yang kita ketahui, ketiganya termasuk faktor risiko dari penyakit jantung.Kalium dalam kacang pecan juga menyumbangkan peran. Kombinasi mineral ini dan serat mampu menurunkan tekanan darah serta kolesterol.
  • Mengendalikan kadar gula darah

Mengingat kandungan karbohidratnya yang rendah, kacang pecan bagus untuk mencegah lonjakan kadar gula darah. Begitu pula dengan lemak tak jenuh dalam kacang ini.Ditambah dengan serat pecan nuts, gula darah Anda juga bisa tetap stabil ketika mengonsumsinya. Karena itulah, jenis kacang ini boleh dinikmati oleh para penderita diabetes selama porsinya tidak berlebihan.
  • Melancarkan buang air besar

Lagi-lagi serat kacang pecan yang berperan besar. Kali ini untuk menjaga kesehatan sistem cerna. Rutin mengonsumsi kacang ini dapat melancarkan mekanisme pencernaan, termasuk buang air besar.Serat sangat penting dalam mendukung pertumbuhan bakteri-bakteri baik dalam usus. Keberadaan bakteri ini dapat membantu usus untuk melerai makanan agar nutrisinya mudah diserap.Serat juga bisa membantu usus dalam menyingkirkan zat-zat yang mungkin saja beracun untuk tubuh.
  • Berpotensi menurunkan risiko kanker

Dengan pencernaan yang lancar dan pertumbuhan bakteri baik dalam usus yang terjaga, risiko kanker usus pun niscaya ikut berkurang. Untuk mendapatkannya, Anda perlu menyertakan kacang pecan dalam menu makan Anda supaya kebutuhan serat harian bisa terpenuhi.

Tips mengonsumsi kacang pecan

label makanan di kemasan kacang pecan
Cermati label makanan di kemasan kacang pecan
 Sama seperti kacang pada umumnya, kacang pecan bisa dinikmati sebagai camilan maupun tambahan dalam bermacam-macam hidangan. Kacang ini tersedia dalam berbagai bentuk. Mulai dari jenis mentah, panggang, siap saji dalam kemasan, hingga dalam bentuk mentega maupun minyak.Karena itu, Anda bisa menikmati pecan nuts sebagai taburan di atas oatmeal, campuran dalam adonan panekuk, serta tambahan ketika membuat biskuit, kue, dan masakan lain.Namun agar manfaat kacang pecan tetap menyehatkan, perhatikan juga hal-hal di bawah ini:
  • Baca komposisi pada kemasan

Anda bisa memilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, kacang pecan siap saji agar praktis dan bisa langsung dimakan. Tapi jangan lupa untuk membaca komposisi di label kemasan dengan cermat.Usahakan untuk memilih produk kacang pecan dengan tambahan perasa yang paling sedikit. Contohnya, garam atau gula.
  • Cermati tanggal kedaluwarsa

Membeli produk dalam kemasan takkan lengkap tanpa mencermati tanggal kedaluwarsanya. Jangan sampai Anda mengonsumsi produk kacang pecan yang sudah rusak.
  • Perhatikan ini saat membeli kacang pecan mentah

Ketika membeli pecan nuts yang masih mentah, perhatikan kondisinya. Pastikan butir-butirnya memiliki ukuran yang serupa, tidak melempem, tidak busuk, dan tidak mengandung ulat.

Bolehkah pengidap alergi kacang mengonsumsi kacang pecan?

Khusus bagi Anda yang memiliki alergi kacang, Anda sebaiknya menghindari konsumsi kacang pecan. Meski jenisnya berbeda-beda, reaksi alergi tetap bisa terjadi.Anda lebih baik mencari alternatif makanan sehat lain guna menghindari kejadian yang tak diinginkan. Terdapat berbagai bahan pangan yang juga menjanjikan sebagai pilihan pola makan yang seimbang.Anda juga bisa bertanya pada dokter terlebih dulu supaya lebih aman. Jangan sampai niat Anda untuk memetik manfaat kacang pecan malah berbalik merugikan kesehatan Anda.
makanan sehatkarbohidrat
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/pecan-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4114348
Diakses pada 28 Mei 2020
United States Department of Agriculture. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/170182/nutrients
Diakses pada 28 Mei 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321317
Diakses pada 28 Mei 2020
Health. https://www.health.com/nutrition/pecan-health-benefits
Diakses pada 28 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/low-carb-nuts
Diakses pada 28 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait