Kacang Kapri dan Berbagai Manfaat Kesehatannya

(0)
08 Jun 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kacang kapri adalah makanan sehat yang sangat dibutuhkan tubuh.Kacang kapri adalah camilan lezat yang bisa menyehatkan tubuh.
Kacang kapri adalah makanan sehat yang seringkali diremehkan, mungkin karena bentuknya yang kecil dan tidak terlalu meyakinkan. Padahal, kacang-kacangan berwarna hijau ini mengandung banyak nutrisi penting, seperti vitamin K, C, dan asam folat. Terlebih lagi, berbagai macam zat mineral juga dikandungnya. Apa saja manfaat kacang kapri yang menyehatkan itu?

Kacang kapri dan segudang manfaatnya

Kacang kapri adalah sayuran yang bernutrisi dan mengandung jumlah serat serta antioksidan yang tinggi. Ditambah lagi, banyak penelitian yang mendukung manfaat kacang kapri dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit.Kacang kapri yang sering diremehkan ini, ternyata lebih dari sekadar camilan lezat saja. Maka dari itu, kenalilah berbagai manfaat kacang kapri ini.

1. Bernutrisi tinggi

Jangan salah, kacang kapri ternyata mengandung nutrisi tinggi. Faktanya, berbagai manfaat kacang kapri datang dari kandungan nutrisinya ini.
  • Kalori: 62
  • Karbohidrat: 11 gram
  • Serat: 4 gram
  • Protein: 4 gram
  • Vitamin A: 34% dari rekomendasi asupan harian (RAH)
  • Vitamin K: 24% dari RAH
  • Vitamin C: 13% dari RAH
  • Vitamin B1: 15% dari RAH
  • Folat: 12% dari RAH
  • Mangan: 11% dari RAH
  • Zat besi: 7% dari RAH
  • Fosfor: 6% dari RAH
Uniknya, walaupun kacang kapri berukuran kecil, kandungan proteinnya lebih besar daripada wortel, lho. Buktinya, setengah cangkir (170 gram) wortel hanya mengandung 1 gram protein, sedangkan setengah cangkir (170 gram) kacang kapri mengandung 4 gram protein.

2. Baik untuk sistem pencernaan

Karena mengandung serat yang cukup tinggi, maka tidak heran kalau kacang kapri dipercaya dalam menyehatkan sistem pencernaan. Sebab, serat bisa melunakkan tekstur feses, sehingga buang air besar pun jadi lancar.

3. Mengandung zat besi tinggi

Kacang kapri
Kacang kapri
Perlu diketahui, kekurangan zat besi merupakan salah satu penyeba anemia. Untungnya, kacang kapri mengandung zat besi yang tinggi. Jika Anda mengonsumsinya, maka produksi sel darah merah akan lancar, dan anemia pun bisa dihindari.Selain itu, zat besi juga bisa memberikan tenaga dan melawan rasa letih pada tubuh Anda.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kacang kapri diperkaya vitamin C, yang membuatnya menjadi salah satu makanan terbaik untuk sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi satu porsi kacang kapri bahkan bisa memenuhi setengah dari kebutuhan vitamin C harian Anda.

5. Baik untuk kesehatan mata

Kacang kapri mengandung lutein, komponen yang bisa menyehatkan mata dengan mencegah penyakit katarak dan degenerasi makula di usia tua. Selain itu, kacang kapri juga mampu membuat penglihatan Anda semakin tajam.

6. Baik untuk Kesehatan jantung

Serat dalam kacang kapri bisa menyehatkan jantung dengan mencegah berbagai macam penyakit jantung dan stroke misalnya. Selain itu, kacang kapri juga dipercaya dalam menjaga kestabilan tekanan darah. Itulah sebabnya kacang kapri dianggap sebagai makanan yang baik untuk jantung.

7. Membantu menurunkan berat badan

Kacang kapri memang bentuknya mungil, tapi bisa membuat Anda kenyang. Sebab, kacang kapri mengandung serat yang bisa mempertahankan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan.Ditambah lagi, kacang kapri juga rendah lemak dan kalori. Dengan begitu, mengonsumsi kacang kapri bisa membantu keberhasilan program diet untuk menurunkan berat badan.

8. Baik untuk kulit

Kacang kapri
Kacang kapri
Dengan kandungan vitamin C yang dimiliki kacang kapri, produksi kolagen di dalam tubuh bisa meningkat. Kolagen sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kulit tetap sehat.Vitamin C juga bisa mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Apalagi, kacang kapri mengandung beberapa antioksidan (flavonoid, karotenoid, hingga alfa karoten) yang bisa mencegah tanda-tanda penuaan dini.

9. Baik untuk kesehatan pria

Kacang kapri dapat meningkatkan jumlah dan motilitas sperma. Zat glycodelin yang terkandung dalam kacang kapri, bisa memperkuat sperma dan meningkatkan kemampuan sperma dalam membuahi sel telur.

10. Mencegah kanker

Mungkin manfaat kacang kapri yang satu ini akan sulit dipercaya. Bagaimana bisa sayuran sekecil kacang kapri dapat mencegah penyakit sebesar kanker?Jangan salah, kandungan antioksidan kacang kapri membuatnya menjadi sayuran super yang dipercaya bisa mencegah kanker.Terlebih lagi, kacang kapri dilengkapi dengan saponin, yaitu komponen tumbuhan yang dipercaya memiliki efek antikanker. Beberapa studi telah membuktikan kemampuan saponin dalam mencegah pertumbuhan kanker dan tumor.

11. Mencegah diabetes

Karena kacang kapri bisa membantu menstabilkan gula darah, penyakit diabetes pun dapat dicegah dengan mengonsumsinya. Sebab, kacang kapri mengandung protein dan serat yang lumayan tinggi.
Kacang kapri juga dikenal sebagai makanan yang tidak menyebabkan naiknya kadar gula darah secara mendadak.

Catatan dari SehatQ:

Walau memiliki banyak manfaat, kacang kapri juga mengandung dua komponen antinutrisi, yakni asam fitat dan lektin.Asam fitat dikenal bisa mengganggu kemampuan tubuh dalam menyerap zat mineral. Sementara itu, lektin disebut bisa menyebabkan perut kembung. Itulah sebabnya, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuranpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/green-peas-are-healthy
Diakses pada 9 April 2020
Food NDTV. https://food.ndtv.com/food-drinks/8-incredible-benefits-of-peas-you-may-not-have-known-1798358
Diakses pada 9 April 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait