Justru Lebih Alami, Pernah Coba Sabun Bayi untuk Wajah Anda?

Menggunakan sabun bayi untuk wajah orang dewasa dapat menjaga kelembapan alami kulit
Tidak ada efek samping dari menggunakan sabun bayi untuk membersihkan wajah

Orang dewasa menggunakan sabun bayi untuk wajah bukan hal yang asing. Aktris Laverne Cox mengaku menggunakan sabun bayi untuk cuci muka. Tak hanya Cox saja, supermodel Heidi Klum juga menggunakan sampo bayi untuk hal yang sama.

Sabun bayi justru diformulasikan dari bahan lembut dan bisa jadi cocok bagi yang berkulit sensitif. Keraguan yang mungkin muncul adalah apakah produk sabun bayi untuk wajah saja sudah mencukupi kebutuhan kulit orang dewasa?

Menurut para ahli dermatologis, produk perawatan kulit bayi justru mengandung formula yang ramah, terutama bagi mereka dengan kulit sensitif.

Memakai sabun bayi untuk wajah orang dewasa

Ada banyak sekali pilihan sabun pembersih wajah di luar sana. Berbeda formula, berbeda juga cara mengaplikasikannya. Namun tujuannya sama, yaitu membersihkan wajah dari kotoran, minyak, keringat, atau makeup setelah beraktivitas seharian.

Beberapa manfaat memakai sabun bayi untuk wajah orang dewasa adalah:

  • Kandungan lebih alami

Produk perawatan kulit bayi tentu diformulasikan dengan bahan-bahan lebih alami. Artinya, ketika menggunakan sabun bayi untuk wajah maka kemungkinan mengalami iritasi atau tekstur kulit tidak merata bisa dihindari.

Hal ini juga menguak satu fakta lain yaitu produk sabun wajah untuk dewasa terkadang mengandung bahan yang terlalu kuat dan belum tentu semua orang cocok menggunakannya.

Seiring dengan perjalanan menggunakan sabun bayi untuk wajah orang dewasa, perlahan mungkin bisa mencari opsi sabun muka untuk orang dewasa yang formulasinya lebih ringan.

  • Kelembapan alami terjaga

Menggunakan sabun bayi untuk wajah orang dewasa juga dapat menjaga kelembapan alami. Kandungan dalam sabun bayi membantu membangun kembali kelembapan pelindung kulit, bukan sebaliknya. Semakin terjaga kelembapan alami kulit wajah seseorang, maka kulit akan terlindungi.

  • Baik untuk kulit sensitif

Orang dengan kulit sensitif biasanya tidak mudah menemukan sabun wajah yang cocok. Umumnya, sabun bayi untuk wajah cukup lembut sehingga tidak menimbulkan reaksi alergi apapun. Jadi, orang dengan kulit sensitif bisa mempertimbangkan untuk menggunakan sabun bayi.

  • Aroma tidak mengganggu

Kelebihan lain dari menggunakan sabun bayi untuk wajah orang dewasa adalah aromanya yang lembut dan tidak terlalu dominan. Ada orang yang tidak cocok dengan aroma pembersih wajah yang terlalu menyengat. Sementara produk sabun bayi biasanya memiliki aroma lembut yang menenangkan.

Adakah efek sampingnya?

Soal efek samping menggunakan sabun bayi untuk wajah orang dewasa, hal ini tentu bergantung pada kondisi kulit setiap orang. Tidak ada yang sama, reaksinya pun berbeda-beda.

Namun secara umum, tidak ada efek samping dari menggunakan sabun bayi untuk membersihkan wajah. Mungkin jika seseorang menggunakan riasan atau makeup yang cukup tebal, sabun bayi saja tidak cukup untuk mengangkat sisa makeup.

Jika ini yang terjadi, maka bisa jadi perlu double cleansing atau membersihkan wajah dalam dua tahap. Intinya adalah kulit harus benar-benar bersih setelah beraktivitas seharian.

Selama tidak ada efek samping seperti iritasi, kemerahan, atau gatal, maka tak ada salahnya menggunakan sabun bayi untuk wajah orang dewasa. Bahkan produk perawatan kulit bayi lain seperti sampo atau krim popok juga bisa digunakan oleh orang dewasa.

Health. https://www.health.com/beauty/best-baby-products-adults
Diakses 14 Februari 2020

Allure. https://www.allure.com/story/laverne-cox-washes-face-with-baby-shampoo
Diakses 14 Februari 2020

Daily Mail. https://www.dailymail.co.uk/femail/article-6215801/Supermodel-Heidi-Klum-says-uses-BABY-SHAMPOO-wash-face.html
Diakses 14 Februari 2020

Artikel Terkait