11 Jus untuk Ibu Hamil yang Aman dan Menyehatkan

(0)
21 Apr 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Selain lezat, jus jambu juga termasuk dalam daftar jus untuk ibu hamil.Jus jambu termasuk salah satu jus yang baik untuk ibu hamil.
Buah-buahan mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin. Selain mengonsumsinya langsung, Anda juga bisa menikmati buah-buahan dalam bentuk jus. Jika Anda kesulitan dalam memilih jenis-jenis buah yang baik untuk dijus, berikut adalah berbagai pilihan jus untuk ibu hamil yang bisa Anda konsumsi.

Pilihan jus untuk ibu hamil yang lezat dan menyehatkan

Selain menyehatkan ibu dan janinnya, berbagai nutrisi yang dikandung jus buah juga dapat membantu mengatasi gejala kehamilan yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, cobalah berbagai jus yang bagus untuk ibu hamil ini.

1. Jus jeruk

Jus jeruk termasuk dalam daftar jus yang bagus untuk ibu hamil. Selain kaya akan vitamin C, jeruk mengandung asam folat yang bisa mencegah cacat tabung saraf pada janin.The American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG) merekomendasikan ibu hamil untuk mengonsumsi 600 mikrogram asam folat per hari.Kandungan vitamin C yang dimiliki jeruk juga bertindak sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel dan membantu tubuh menyerap zat besi.

2. Jus mangga

Jus mangga adalah jus yang baik untuk ibu hamil
Tidak hanya lezat, jus mangga juga baik untuk bumil
Jus untuk ibu hamil selanjutnya adalah jus mangga. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, secangkir jus mangga bisa memenuhi 100 persen angka kecukupan gizi (AKG) harian vitamin C Anda. Ditambah lagi, mangga juga dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan harian vitamin A.Kekurangan vitamin A sejak lahir dikaitkan dengan lemahnya sistem imun dan risiko komplikasi seperti diare dan infeksi pernapasan.

3. Jus alpukat

Manfaat jus alpukat untuk ibu hamil sangat beragam. Buah yang lezat ini mengandung nutrisi yang melimpah, seperti:
  • Vitamin C
  • Vitamin B
  • Vitamin K
  • Serat
  • Kolin
  • Magnesium
  • Kalium.
Dilansir dari Healthline, beberapa ibu hamil berhasil meredakan gejala mualnya setelah mengonsumsi alpukat. Ini berkat kandungan magnesium dan kalium yang ada di dalam alpukat.Manfaat jus alpukat untuk ibu hamil lainnya adalah meredakan kram pada kaki. Sama seperti sebelumnya, manfaat ini berasal dari kandungan kalium dan magnesium yang dimiliki alpukat.Alpukat juga mengandung kolin yang dapat mendukung perkembangan otak dan saraf janin. Kekurangan kolin justru bisa menyebabkan cacat tabung saraf dan terganggunya daya ingat pada janin.

4. Jus pir

Jus pir juga masuk ke dalam daftar jus buah yang bagus untuk ibu hamil. Jus lezat ini mengandung serat, kalium, dan folat yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin.Kandungan serat pada jus pir dipercaya bisa meredakan sembelit, yang merupakan gejala kehamilan umum. Kandungan kaliumnya juga dianggap dapat menjaga kesehatan jantung ibu hamil dan janin.

5. Jus jambu merah

Jus untuk ibu hamil lainnya yang perlu Anda pertimbangkan adalah jus jambu merah. Jus ini mengandung segudang nutrisi yang bisa meredakan berbagai gejala kehamilan yang mengganggu, seperti vitamin C, vitamin E, polifenol, karotenoid, isoflavonoid, hingga folat.Dilansir dari Medical News Today, beragam kandungan jus jambu ini dapat membantu otot tubuh rileks, menyehatkan sistem pencernaan, serta meredakan sembelit.

6. Jus pisang

Jus pisang adalah jus yang baik untuk ibu hamil
Selain menyegarkan, jus pisang juga baik untuk kesehatan bumil
Tak tahan dengan mual-mual dan muntah di awal kehamilan? Anda bisa mencoba jus pisang. Ada sejumlah bukti bahwa kandungan vitamin B-6 pada pisang ampuh meredakan mual dan muntah-muntah di awal kehamilan.Selain itu, kandungan seratnya juga bisa meredakan sembelit yang sering kali dialami oleh ibu hamil.

7. Jus anggur

Jika Anda bosan mengonsumsi anggur, olah saja menjadi jus. Jus yang baik untuk ibu hamil ini mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan Anda, misalnya vitamin C dan K, folat, antioksidan, serat, pektin, hingga asam organik.Berbagai kandungan nutrisi anggur ini diyakini ampuh dalam membantu ibu hamil menghadapi perubahan biologis yang kerap terjadi saat kehamilan.Antioksidan yang dikandung anggur, seperti flavonol, tannan, linalool, antosianin, dan geraniol, juga bisa mencegah infeksi pada ibu hamil.

8. Jus apel

Kandungan pada jus apel, seperti vitamin A dan C, serat, hingga kalium, dianggap bisa mendukung pertumbuhan janin.Selain itu, sebuah studi menyatakan bahwa mengonsumsi apel selama kehamilan dapat menurunkan risiko asma dan alergi pada bayi.

9. Jus delima

Jus yang baik untuk ibu hamil lainnya adalah jus delima. Buah berwarna merah ini mengandung vitamin K, kalsium, folat, zat besi, protein, dan serat yang membawa manfaat untuk ibu hamil.Jus delima dipercaya bisa memberikan ibu hamil energi dan mencegah kekurangan zat besi. Menurut sebuah riset, jus ini juga dianggap mampu menurunkan risiko cedera pada plasenta.

10. Jus aprikot

Jus aprikot mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalsium, zat besi, kalium, hingga beta karoten. Berbagai nutrisi ini dipercaya bisa mendukung pertumbuhan janin. Selain itu, kandungan zat besi yang dimiliki oleh jus untuk ibu hamil ini juga bisa mencegah anemia.

11. Jus lemon

Mual adalah gejala kehamilan yang sering dirasakan oleh bumil. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba jus lemon.Sebuah studi mengungkapkan bahwa beberapa wanita hamil berhasil mengatasi rasa mualnya setelah menghirup aroma lemon.Selain itu, jus lemon juga mengandung vitamin C yang ampuh untuk mengatasi sembelit. Jika Anda ingin mencobanya, peras airnya atau masukkan saja lemon ke dalam air putih.

Catatan dari SehatQ

Selain menyehatkan, berbagai jus untuk ibu hamil ini juga mudah dibuat. Namun ingat, jangan menambahkan gula atau pemanis buatan ke dalam jus supaya manfaat dan kemurniannya tetap terjaga. Jika Anda ragu terkait porsi tepat dari jus buah di atas, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.Jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
jus jerukkehamilanbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/best-fruits-to-eat#benefits
Diakses pada 6 April 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322757#the-best-fruits-to-eat-during-pregnancy
Diakses pada 6 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait