Jus untuk diet punya banyak manfaat, tapi ada juga bahayanya
Beraneka jus yang cocok untuk disertakan dalam diet Anda

Makan lebih banyak buah dan sayur seringkali direkomendasikan oleh para ahli kesehatan ketika Anda ingin menurunkan berat badan. Bagi Anda yang tidak terlalu suka makan buah dan sayur, mengolah keduanya menjadi jus adalah solusi terbaik. Nah, apa saja kombinasi jus diet yang sebaiknya Anda pilih?

Saat ini, banyak jus untuk diet yang dijual di pasaran, namun Anda sebetulnya bisa dengan mudah membuatnya sendiri di rumah. Selain lebih murah, Anda dapat mengatur sendiri komposisi jus sesuai selera Anda.

Dalam jus untuk diet, Anda sebaiknya menyertakan dua jenis buah dan empat jenis sayur per harinya. Pilih buah dan sayur yang beraneka warna sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat vitamin dan mineral dari bahan-bahan alami tersebut dengan lebih beragam pula.

Fakta seputar jus untuk diet

Mengolah buah dan sayuran segar menjadi jus kemungkinan besar akan mengurangi kandungan serat yang terdapat dalam bahan-bahan alami tersebut. Serat yang ada pada buah dan sayuran terbukti dapat melancarkan sistem pencernaan sehingga Anda terhindar dari konstipasi atau diare, serta menjaga berat badan tetap normal.

Untuk mengurangi sisi negatif dari meminum jus buah untuk diet ini, banyak mesin pembuat jus yang diklaim dapat meminimalisr terbuangnya serat pada buah dan sayur. Mesin pembuat jus sendiri memang beragam, mulai dari blender biasa hingga mesin cold pressed yang diklaim paling sedikit membuang kandungan nutrisi pada buah, namun memiliki harga yang tidak murah.

Para ahli gizi menyatakan Anda tidak perlu memaksakan diri membeli mesin pembuat jus yang canggih bila memang tidak memungkinkan. Untuk tetap mendapatkan manfaat serat pada buah dan sayuran, pastikan Anda meninggalkan sesedikit mungkin ampas buah atau sayur pada mesin pembuat jus yang Anda gunakan.

Langsung minum jus buah untuk diet sesegera mungkin setelah melalui proses penggilingan. Jangan lupa juga untuk membersihkan alat Anda hingga bersih, agar kuman tidak dapat berkembang biak pada bahan makanan yang tersisa di blender maupun juicer Anda.

Kombinasi buah dan sayur dalam jus untuk diet

Dalam mengombinasikan buah dan sayur yang akan digunakan dalam jus untuk diet, Anda dapat berkreasi tanpa batas. Satu-satunya hal yang harus Anda perhatikan adalah jumlah kalori yang akan Anda masukkan ke dalam juicer untuk kemudian Anda konsumsi.

Ingat, agar berat badan lekas turun, Anda harus mengonsumsi makanan atau minuman dengan jumlah kalori yang lebih sedikit dibanding kalori yang Anda keluarkan. Berita baiknya, sayur dan buah biasanya rendah kalori sehingga Anda dapat mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup banyak.

Berikut rekomendasi jus untuk diet yang merupakan campuran dari beberapa jenis buah dan sayur:

  • Apel, timun, seledri, selada, lemon, bayam, kale, dan parsley
  • Apel, lemon, jahe, dan buah bit
  • Nanas, apel, lemon, dan daun mint
  • Air matang, cabai cayenne, lemon, almond, kurma, garam, dan kacang vanilla.

Bila campuran jus ini terlalu kental, Anda dapat menambahkan air dan pastikan Anda menghabiskan semuanya tanpa sisa. Meminum enam porsi kombinasi jus untuk diet ini dapat menyediakan jumlah asupan kalori pada tubuh Anda hingga 1,310 kalori per hari.

Ahli nutrisi merekomendasikan untuk tidak mengonsumsi jus untuk diet yang terdiri dari buah saja karena Anda bisa mengalami kelebihan kalori. Untuk membuat jus dengan nutrisi yang lebih seimbang, Anda dapat menambahkan bahan-bahan yang mengandung protein nabati, misalnya susu almond, greek yogurt, dan benih lenan.

Bahaya terlalu banyak minum jus untuk diet

Meski mengonsumsi jus baik untuk kesehatan, meminum terlalu banyak jus untuk diet juga bisa berbahaya untuk tubuh Anda. Beberapa efek samping yang mungkin Anda rasakan, antara lain:

  • Melukai ginjal karena kombinasi jus buah untuk diet tertentu mengandung asam oksalat.
  • Anda akan cepat mengalami kenaikan berat badan kembali.
  • Anda bisa mengalami infeksi kuman tertentu, terutama jika mengonsumsi buah atau menggunakan blender yang tidak bersih.
  • Pada beberapa orang, mengonsumsi terlalu banyak jus untuk diet dapat menyebabkan diare yang berpotensi mengganggu keseimbangan elektrolit di dalam tubuh dan mengarah pada dehidrasi.

Meminum jus untuk diet juga dapat menyebabkan Anda menderita gejala mirip kadar gula rendah karena tubuh kekurangan energi. Gejala-gejala tersebut, yakni pingsan, lemah, sakit kepala, hingga merasa kelaparan.

WebMD. https://www.webmd.com/diet/features/juicing-health-risks-and-benefits
Diakses pada 30 Desember 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/fiber/art-20043983
Diakses pada 30 Desember 2019

CDC. https://www.cdc.gov/healthyweight/healthy_eating/fruits_vegetables.html
Diakses pada 30 Desember 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323136.php#how-to-do-a-juice-cleanse
Diakses pada 30 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed