10 Jus Sehat Peningkat Imun yang Wajib Anda Konsumsi

Konsumsi jenis-jenis jus sehat berikut untuk meningkatkan imunitas tubuh Anda
Jus sehat dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh

Dalam satu tahun, ada kalanya imun tubuh kita mengalami penurunan sehingga membuat kita rentan terkena penyakit seperti demam dan pilek. Meski kedua penyakit tersebut adalah penyakit umum dan mudah sembuh, tetapi sebenarnya bisa dicegah jika kita memiliki imun yang tinggi.

Sistem imun adalah pelindung tubuh yang setiap harinya aktif menyaring sel yang berguna bagi tubuh dan sel yang berpotensi menyebabkan penyakit. Agar imun tubuh Anda tetap berada dalam kondisi optimal, Anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Untungnya, cara untuk menjaga sistem imun tubuh dan mendapatkan nutrien yang dibutuhkan tubuh Anda sangatlah mudah. Anda bisa mencoba mengonsumsi jus sehat secara rutin.

10 jus sehat untuk meningkatkan imun tubuh

Berikut daftar jus sehat yang bisa Anda coba di rumah dengan bahan-bahan yang mudah di dapat.

1. Jus jeruk 

Sejak dulu jus jeruk dikenal mengandung vitamin C dan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas sehingga sering digunakan sebagai minuman penambah imunitas dan juga obat sariawan. Mengonsumsi jus secara jeruk secara rutin akan melengkapi tubuh Anda dengan vitamin C yang berperan aktif melawan infeksi. Agar mendapatkan khasiat yang maksimal, hindari menambahkan gula ke dalam jus Anda.

2. Jus semangka 

Jus semangka bukan hanya segar jika diminum pada pagi atau siang hari, tetapi jus ini juga memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan sistem imun Anda. Selain itu jus semangka dapat mengurangi rasa nyeri di otot – gejala yang sering timbul saat Anda flu.

Membuat jus yang satu ini juga mudah. Karena memiliki kandungan air yang tinggi, semangka sangat mudah hancur ketika Anda memasukkannya ke dalam blender.

3. Jus kale, bayam, dan selada

Jus satu ini memiliki bahan dasar sayur-sayuran yang juga wajib Anda coba. Paduan sayur kale, bayam, dan selada akan memberikan vitamin (A, C, B-6), zat besi, dan kalsium sehingga bukan saja meningkatkan sistem imun tetapi juga meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

4. Jus tomat 

Jus tomat segar sangat efektif meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Selain mengandung vitamin C, tomat juga mengandung folat yang sangat baik untuk melindungi tubuh dari infeksi.

5. Jus tomat, kale dan seleri

Jika Anda ingin meminum jus yang lebih kaya nutrisi, Anda bisa mencoba resep satu ini, yaitu menggabungkan tomat, kale dan seleri. Kandungan jus ini akan memberikan Anda vitamin A dan C, magnesium, potasium, zat besi, dan juga lemak nabati. Selain menaikkan sistem kekebalan tubuh, jus campuran satu ini juga akan memberikan Anda perlindungan dari peradangan.

6. Jus wortel, jeruk, dan apel 

Berbeda dengan jus kombinasi di atas yang memiliki warna hijau dengan sayuran sebagai bahan utama, jus berwarna oranye ini menggunakan buah apel dan jeruk sebagai bahan utamanya. Kombinasi dari wortel, apel, dan jeruk akan memberikan Anda perlindungan terhadap flu dan demam.

Nutrien yang Anda dapatkan dari jus sehat ini adalah vitamin A, B-6, dan C serta potasium, dan asam folik.

7. Jus bit, kunyit, jahe

Kunyit dan jahe sejak dahulu sudah dikenal sebagai obat tradisional untuk mengatasi batuk dan pilek. Ketika Anda menggabungkannya dengan bit, maka Anda bisa mendapatkan jus dengan kandungan antiperadangan yang tinggi. Anda pun bisa terbebas dari serangan batuk pilek.

Catatan dari SehatQ

Salah satu kunci menjaga tubuh agar tidak mudah terkena flu dan demam adalah dengan meningkatkan sistem imun tubuh. Kabar baiknya, Anda bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh lewat mengonsumsi jus sehat. Untuk mengolahnya Anda hanya membutuhkan mesin juicer atau blender. Konsumsi secara rutin untuk hasil yang maksimal. Jangan lupa juga untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan Anda aman mengonsumsinya secara rutin. Selamat mencoba.

Healthline. https://www.healthline.com/health/juice-immune-system-boost#beet--carrot--ginger--turmeric
Diakses pada 13 Maret 2020

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/vegetable-juice/faq-20058178

Diakses pada 13 Maret 2020

Artikel Terkait