Pilihan Jus Sayur yang Khasiatnya Tak Main-Main

Jus sayur pun dapat menjadi pilihan untuk memulai hidup sehat Anda
Jus sayur pun dapat menjadi pilihan untuk memulai hidup sehat Anda

Jus buah mungkin sudah biasa. Bagaimana dengan jus sayur? Nutrisi yang Anda dapatkan juga bisa lebih bervariasi.

Jus sayur memang dapat menjadi pilihan bagi Anda untuk memulai gaya hidup sehat. Sebab, sayuran pun kaya dengan vitamin, mineral, serat, senyawa tumbuhan, serta molekul antioksidan yang berlimpah. Antioksidan memang penting untuk tubuh, karena dapat menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel.

9 Rekomendasi jus sayur yang nutrisinya tak main-main

Jika Anda sedang mencari ide jus sehat, jus sayur ini bisa menjadi pilihan

1. Wortel

Wortel amat kaya dengan senyawa karotenoid, pigmen yang memiliki efek antioksidan untuk melawan kerusakan sel. Senyawa karotenoid tersebut termasuk beta-karoten, likopen, alfa-karoten, dan lutein.

Berbagai studi menunjukkan, konsumsi makanan kaya dengan karotenoid menurunkan risiko penyakit mata degeneratif, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker.

Selain senyawa karotenoid, wortel juga mengandung nutrisi lain, seperti vitamin A, biotin, dan kalium.
Untuk rasa yang lebih nikmat, Anda bisa membuat jus sayuran ini yang dicampurkan dengan jeruk, jahe, atau lemon.

2. Kubis

Kubis pun bisa Anda olah menjadi jus sayur yang lezat dan menyehatkan. Sayur ini menjadi sumber yang baik untuk beraneka vitamin, termasuk vitamin C, K, B6, dan B9.

Jus sayur kubis
Kubis kaya dengan beragam vitamin, seperti vitamin K

Dalam klasifikasi biologi, kubis termasuk sayuran cruciferous, sehingga masih berkerabat dekat dengan brokoli, kale, dan bunga kol. Beberapa penelitian mengungkapkan, rutin mengonsumsi sayuran cruciferous, berpotensi untuk menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan peradangan.

3. Bayam

Sayur bayam mungkin yang paling dikenal orang Indonesia, bahkan seantero dunia. Selain segar, sayur bayam juga mengantongi berbagai nutrisi, seperti vitamin A dan C. Konsumsi rutin jus sayur ini juga memberikan tubuh beraneka molekul antioksidan, seperti kuersetin, kaempferol, dan lutein.

Sayur bayam juga baik untuk jantung, karena mengandung nitrat. Bagi penderita GERD atau penyakit asam lambung, sayur bayam dapat menjadi pilihan karena kandungannya memiliki efek yang mirip dengan obat antasida.

4. Brokoli

Brokoli, kerabat dekat kubis ini, juga bisa rutin dikonsumsi dan dijadikan jus sayur yang bergizi. Seperti bayam, sayur brokoli mengandung kaempferol. Nutrisi ini mampu menangkal penyakit akibat radikal bebas, melawan peradangan, dan melawan sel kanker.

Selain kaempferol, brokoli juga ditopang oleh vitamin A, B6, C, serta mineral kalium.

5. Timun

Di antara jenis jus sayur lain, jus timun mungkin yang paling sering Anda seruput kesegarannya. Sayur rendah kalori ini kaya dengan beberapa mineral vitamin, seperti vitamin K, vitamin C, mangan, dan kalium.

Jus timun membantu Anda senantiasa terhidrasi, karena kandungan airnya yang tinggi. Keseimbangan cairan di tubuh amat penting karena menyangkut kesehatan sistem pencernaan, fungsi ginjal, berat badan, dan performa fisik.

Apabila sinar mentari begitu terik, Anda bisa menyiapkan jus timun saat bepergian.

6. Seledri

Beberapa orang mungkin mengenal seledri sebagai penghias makanan. Padahal, sayur ini bisa dijadikan jus karena nutrisinya yang menakjubkan. Seledri kaya dengan berbagai vitamin dan molekul antioksidan, mulai dari vitamin A, K, C, kaempferol, asam kafeat, hingga asam ferulat.

Jus sayur seledri
Ekstrak daun seledri berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung

Ragam penelitian menemukan, ekstrak daun seledri berpotensi untuk meningkatkan kesehatan jantung dan melawan penyakit kronis.

Saat membuat jus seledri, Anda bisa menambahkan buah atau sayur, seperti lemon, apel, jahe, dan sayuran hijau lain.

7. Tomat

Anda mungkin telah menjadi penggemar jus tomat. Salah satu kandungan kunci dalam makanan sehat ini adalah likopen, senyawa yang berpotensi untuk mengurangi risiko kanker prostat, stroke, dan serangan jantung.

Apabila Anda sangat aktif dalam berolahraga, rutin mengononsumsi jus tomat dapat menjadi pilihan yang menyegarkan. Sebab, beberapa kajian ilmiah menyimpulkan bahwa tomat membantu mengurangi peradangan akibat aktivitas fisik.

Untuk menambah kandungan gizi di jus tomat, Anda juga bisa mencampurkan seledri, timun, dan parsley.

8. Parsley

Parsley juga kerap dijadikan sebagai garnis makanan. Padahal, daun ini juga menjadi pilihan hebat jika Anda mencari variasi jus sayur.

Salah satu kandungan parsley, yang menyehatkan ada dalam vitaminnya. Vitamin tersebut yaitu A, K, dan C, yang semuanya menyehatkan jantung. Beberapa studi pun menemukan khasiat parsley, dalam mengendalikan tekanan darah, gula darah, meningkatkan kadar molekul antioksidan di darah, dan melindungi fungsi hati.

9. Kale

Sayur ini dikenal sebagai salah satu superfood atau makanan super. Anda bisa mengolah kale menjadi jus sayur yang kaya khasiat. Sayuran ini mengandung beberapa vitamin serta molekul antioksidan, seperti vitamin A, C, K, serta beta-karoten.

Mengonsumsi jus kale dipercaya mampu mengurangi faktor risiko penyakit jantung, termasuk kadar kolesterol jahat.

Catatan dari SehatQ

Selain jus buah, jus sayur di atas pun dapat menjadi pilihan untuk menemani keseharian Anda. Tentunya, jus sayur memberikan nutrisi penting, serta tidak mengandung gula yang berisiko memicu penyakit, apabila dikonsumsi berlebihan.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/best-vegetables-to-juice
Diakses pada 26 Desember 2019

Heathline. https://www.healthline.com/nutrition/too-much-sugar
Diakses pada 26 Desember 2019

Web MD. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-juice-wars
Diakses pada 26 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed