Jus Apel dan 8 Manfaatnya untuk Kesehatan

(0)
18 Sep 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Jus apel juga memiliki kandungan nutrisi yang baik, tapi tidak sebaik buah dalam keadaan utuhnya.Jus apel dapat dibuat dengan mudah di rumah!
Jus apel punya banyak manfaat kesehatan yang tak boleh diremehkan. Bagi Anda yang mungkin merasa bosan mengonsumsi apel dalam bentuk buahnya, tak ada salahnya mencoba buah ini dalam bentuk jus.Namun ingat, kandungan nutrisi buah apel dan jus apel ternyata berbeda. Sebab, saat diblender untuk dijadikan jus, beberapa kandungan vitamin dan mineralnya akan hilang.

Jus apel dan manfaatnya

Terdapat keuntungan dan kerugian saat Anda mengonsumsi jus apel. Saat diblender, kemampuan apel dalam menghidrasi tubuh menjadi lebih maksimal.Akan tetapi, beberapa senyawa tumbuhan yang dikandungnya bisa hilang, begitu pula dengan kandungan seratnya.Berikut adalah sejumlah manfaat jus apel yang bisa Anda dapatkan.

1. Bernutrisi tinggi

Jangan salah, jus apel juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Dalam 1 cangkir (240 mililiter) jus apel, terkandung berbagai nutrisi berikut ini:
  • Kalori: 114
  • Protein: <1 gram
  • Karbohidrat: 28 gram
  • Serat: 0,5 gram
  • Gula: 24 gram
  • Kalium: 5 persen dari rekomendasi asupan harian (RAH)
  • Vitamin C: 3 persen dari RAH
Tidak hanya itu, jus apel juga mengandung berbagai antioksidan, seperti flavonoid dan asam klorogenat, yang mampu menetralkan radikal bebas.

2. Menjaga hidrasi tubuh

Jus apel mengandung 88 persen air yang berguna untuk menghidrasi tubuh. Tak heran banyak dokter yang menyarankan anak-anak untuk mengonsumsi jus apel saat mereka mengalami dehidrasi.Biasanya, anak-anak yang mengalami dehidrasi akan diminta dokter untuk mengonsumsi minuman berelektrolit. Namun terkadang, anak-anak akan menolaknya karena tidak familiar dengan rasanya.Jus apel dapat menjadi rekomendasi bagi anak-anak yang mengidap dehidrasi. Namun dalam kasus dehidrasi yang parah, minuman elektrolit dari dokter tetap diperlukan. Maka dari itu, konsultasikan pemberian jus ini ke dokter sebelum memberikannya kepada penderita dehidrasi.

3. Mengandung senyawa tumbuhan yang baik

Dalam sebuah penelitian, partisipan pria diminta untuk minum 2/3 cangkir (160 mililiter) jus apel. Setelah itu, para ahli mengambil darah mereka dan menemukan penurunan kerusakan oksidatif di dalam tubuh.Hal ini terjadi karena jus apel mengandung senyawa tumbuhan bernama polifenol yang dapat menjaga tubuh dari peradangan dan kerusakan oksidatif.Untuk mendapatkan manfaat dari polifenol, belilah jus apel yang warnanya terlihat berawan, jangan yang bening atau transparan. Dalam sebuah riset ditemukan, jus apel yang warnanya berawan mengandung 62 persen lebih banyak polifenol dibandingkan jus apel yang warnanya transparan.Jika Anda punya waktu luang, cobalah membuat jus apel sendiri di rumah untuk menghindari gula tambahan yang biasanya terkandung dalam jus apel di pasaran.

4. Menyehatkan jantung

Jus apel mengandung banyak nutrisi yang penting
Kandungan polifenol jus apel bisa sehatkan jantung
Meskipun ada senyawa tumbuhan yang hilang akibat diblender, kandungan polifenol apel masih bertahan. Itulah mengapa jus apel dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung.Dalam sebuah riset, polifenol terbukti mampu mencegah proses oksidasi kolesterol jahat (LDL), sehingga tidak menyumbat pembuluh darah.Riset lainnya juga membuktikan, setelah partisipan mengonsumsi 1½ cangkir (375 mililiter) jus apel setiap hari selama 6 minggu, kolesterol jahatnya 20 persen lebih resisten terhadap oksidasi, sehingga penyakit jantung dapat dicegah.

5. Menjaga fungsi otak

Aktivitas antioksidan yang dikandung jus apel ternyata dipercaya mampu menjaga fungsi otak. Tidak hanya itu, polifenol yang dimiliki jus apel juga bisa menjaga otak dari kerusakan akibat radikal bebas.Sebuah studi membuktikan, para penderita Alzheimer yang mengonsumsi jus apel sebanyak 1 cangkir (240 ml) selama satu bulan, dapat mengurangi berbagai gejala, misalnya gangguan kecemasan dan kelelahan, yang biasanya dialami penderita Alzheimer.

6. Mencegah serangan asma

Jus apel mengandung senyawa antiradang dan antialergi yang dapat mengatasi gejala dan mencegah serangan asma.Ditambah lagi, kandungan polifenolnya dipercaya dapat meningkatkan kesehatan paru-paru. Dalam sebuah riset dibuktikan, mengonsumsi apel secara rutin dapat menjaga fungsi paru-paru.

7. Mengatasi sembelit

Sembelit terjadi saat usus besar menyerap terlalu banyak cairan. Untungnya jus apel mengandung sorbitol, yakni senyawa yang dipercaya dapat mengatasi sembelit dan melancarkan buang air besar.

8. Mencegah kanker

Flavonoid dan asam fenolat dipercaya dapat mencegah pertumbuhan tumor dan kanker. Kedua senyawa ini dimiliki jus apel sehingga jus buah yang sangat menyegarkan ini dipercaya dapat mencegah kanker.Dalam sebuah riset yang dilakukan German Research Center, mengonsumsi 1-2 apel per hari dapat menurunkan risiko kanker paru-paru dan usus besar.

Efek samping jus apel

Manfaat jus apel untuk kesehatan
Jus apel juga punya efek samping yang harus diwaspadai
Jus apel memiliki efek samping yang juga harus diperhatikan karena dapat merugikan kesehatan. Berikut adalah efek samping yang bisa terjadi:
  • Meningkatkan berat badan

Satu cangkir (240 mililiter) jus apel memiliki 114 kalori, sedangkan satu apel berukuran sedang (tanpa dijus) mengandung 95 kalori.Selain itu, meminum jus apel juga tak membutuhkan waktu yang lama dibandingkan mengunyah satu apel berukuran sedang. Itulah mengapa mengonsumsi jus apel dipercaya dapat menyebabkan masuknya banyak kalori dalam waktu yang singkat.Jus apel juga tidak bisa membuat Anda kenyang sehingga keinginan makan berlebih dapat muncul.
  • Tinggi gula, namun rendah serat

Jus apel yang dijual di pasaran biasanya sudah ditambahi gula buatan. Ditambah lagi, jus apel mengandung sedikit serat. Dalam 1 cangkir (240 mililiter) jus apel hanya mengandung 0,5 serat saja.Jika memang Anda ingin minum jus apel, jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan protein dan lemak sehat tinggi. Hal ini dilakukan guna menjaga kestabilan gula darah.
  • Merusak gigi

Gula tambahan yang biasanya dikandung jus apel bisa membuat bakteri yang ada di dalam mulut untuk menghasilkan asam, sehingga dapat merusak enamel gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Catatan dari SehatQ:

Sebelum membeli jus apel di pasaran, cek dulu labelnya. Hal ini dilakukan guna mengetahui seberapa banyak kadar gula tambahannya. Kalau bisa, buatlah jus apel sendiri di rumah.Selain itu, perlu diingat bahwa apel dalam bentuk buah dianggap lebih menyehatkan dibandingkan dengan jusnya.
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/apple-juice-benefits
Diakses pada 4 September 2020
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/best-benefits-of-apple-juice/
Diakses pada 4 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait