9 Jurus Mewujudkan Kebahagiaan Keluarga untuk Kualitas Hidup yang Baik

(0)
15 Oct 2020|Azelia Trifiana
Kebahagiaan keluarga dapat tercapai dengan adanya komunikasi yang baik antar anggotaKomunikasi memiliki penting untuk mencapai kebahagiaan keluarga
Jika hidup dirasa kurang berkualitas, bisa jadi akar masalahnya ada pada keluarga. Pada dasarnya, kebahagiaan keluarga berpengaruh signifikan terhadap kualitas hidup seseorang. Untuk mewujudkannya, alokasikan waktu untuk family time secara teratur.Jangan putus asa dulu apabila keluarga Anda belum layak disebut keluarga bahagia. Pertengkaran, drama, hingga gesekan antar anggota keluarga adalah hal yang lumrah terjadi.

Cara mewujudkan kebahagiaan keluarga

keluarga berkumpul
Usahakan untuk menyediakan waktu untuk keluarga
Meski tak ada yang disebut keluarga sempurna, setidaknya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan kebahagiaan keluarga. Apa saja?

1. Menjadi “rumah” bagi satu sama lain

Esensi keluarga yang tak bisa digantikan oleh peran lain seperti sahabat maupun pacar adalah kemampuan menjadi rumah bagi satu sama lain. Artinya, setiap anggota keluarga akan selalu ada untuk satu sama lain. Mungkin bukan secara kuantitas waktu, namun ada saat diperlukan.Lebih jauh lagi, kebahagiaan keluarga bisa dinilai dari bagaimana orangtua merasa hilang penatnya ketika pulang bertemu anak-anak mereka. Sebaliknya, anak juga merasa bisa mencurahkan segalanya ketika pulang ke rumah bertemu orangtua.

2. Agendakan family time

Kesibukan di luar urusan keluarga tak akan ada habisnya. Memang perlu usaha lebih untuk bisa mewujudkan family time bersama seluruh anggota keluarga. Untuk itu, agendakan family time setiap rentang waktu tertentu tempat seluruh anggota keluarga berkumpul.Saat family time digelar, lakukan aktivitas sederhana namun menyenangkan. Bisa dengan masak resep favorit, makan bersama, atau sekadar menonton televisi atau saling bercerita. Namun ingat, sebaiknya jangan ada distraksi urusan di luar keluarga saat sedang melakukan family time.

3. Jadi orangtua yang keren

Cara berikut ini bisa dilakukan orangtua agar dianggap keren oleh anak-anak. Beri kesempatan bagi anak untuk mengajak teman-teman mereka bermain di rumah. Jangan lupa siapkan jamuan camilan sehat kesukaan mereka.Dengan melakukan hal seperti ini, anak akan merasa dekat dengan orangtua. Mereka pun tak akan segan menceritakan apapun yang dirasa perlu. Bonusnya, orangtua bisa mengawasi pergaulan anak tanpa mengintervensi terlalu jauh.

4. Buat aturan dengan jelas

Kebahagiaan keluarga juga bisa dibentuk dengan membuat aturan jelas bagi seluruh anggota keluarga. Hal ini pasti berbeda di setiap keluarga, seperti tidak boleh bermain ponsel saat makan bersama, jam malam, dan aturan-aturan lainnya.Keluarga yang memiliki aturan jelas serta logis akan membentuk lingkungan menyenangkan. Setiap aturan yang dibuat juga harus disertai alasan sehingga seluruh anggota keluarga paham apa esensinya.

5. Petualangan bersama

Ingin meningkatkan kualitas hidup? Coba agendakan petualangan bersama seluruh anggota keluarga. Kunjungi tempat yang benar-benar baru atau pengalaman yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Hal ini akan meningkatkan produksi dopamin di otak sehingga membuat semuanya merasa bahagia sekaligus semakin dekat.

6. Menjadi relawan

Jika pernah mendengar bahwa menolong orang lain bisa membuat bahagia, itu benar adanya. Manfaatkanlah dengan mengajak seluruh anggota keluarga menjadi relawan untuk kegiatan sosial. Jika belum bisa menjadi relawan secara langsung, bisa dengan memberikan donasi dari menyisihkan uang jajan mereka.Kegiatan semacam ini akan membuat anak paham bahwa mereka bukanlah pusat segalanya. Apa yang mereka lakukan saat menjadi relawan bisa menjadi kontribusi positif terhadap lingkungan sekitarnya. Ini akan meningkatkan kualitas hidup secara signifikan.

7. Menelusuri sejarah

Jangan biarkan kesibukan dan kehidupan serba modern melunturkan ketertarikan terhadap sejarah keluarga. Seluruh anggota keluarga harus tahu betul sejarah keluarga besar mereka, mulai dari nenek moyang. Jika ada cerita menarik yang bisa dibagikan kepada anak-anak, jangan ragu sampaikan.Aktivitas menelusuri sejarah ini bisa dilakukan dengan melihat album foto lama atau berkunjung ke rumah saudara. Dengan demikian, anak akan merasa semakin dekat dengan keluarganya sekaligus menghargai seluruh keluarga besarnya.

8. Ikuti teknologi terkini

Teknologi berkembang dengan begitu cepat, terutama di era saat ini. Orangtua harus mau mengikuti perkembangannya demi menjaga kedekatan dengan anak-anak. Jika ada aplikasi atau platform baru yang sedang ramai digunakan, jangan ragu untuk ikut mencoba menggunakannya.Kemudian, gunakan aplikasi atau platform itu untuk membiasakan bertukar kabar dengan anak. Bertukarlah pesan sederhana sebagai cara memantau kehidupan anak tanpa intervensi berlebihan.

9. Sampaikan bahasa cinta

ibu bermain dengan dua anaknya
Bermain dengan anak adalah salah satu bahasa cinta
Masih berkaitan dengan membiasakan bertukar pesan antar anggota keluarga, jangan segan menyampaikan rasa sayang dan cinta kepada mereka. Hal sederhana ini akan menjaga kebahagiaan keluarga sekaligus membuat kualitas hidup semua yang terlibat menjadi lebih baik.Sesuaikan dengan bahasa cinta atau love language anak. Bentuknya bisa berupa kata-kata, hadiah, waktu bersama, sentuhan, hingga acts of service. Tiap anggota keluarga bisa punya bahasa cinta berbeda-beda, sesuaikan untuk tahu bagaimana mengekspresikannya dengan tepat.

Catatan dari SehatQ

Melakukan 9 cara di atas demi mewujudkan kebahagiaan keluarga sebenarnya tidak sulit. Bahkan menariknya, melakukan hal ini bukan hanya menyenangkan orang lain saja, tapi juga diri sendiri.Penasaran bagaimana kebahagiaan keluarga juga bisa berdampak pada kehidupan sosial bahkan akademis? Tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips parentingkesehatan mentalgaya parenting
WebMD. https://www.webmd.com/parenting/features/15-secrets-to-have-a-happy-family#1
Diakses pada 3 Oktober 2020
Health. https://www.health.com/family/5-secrets-to-a-stress-free-happy-healthy-family
Diakses pada 3 Oktober 2020
Life Hack. https://www.lifehack.org/articles/communication/10-secrets-have-amicable-and-happy-family.html
Diakses pada 3 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait