Ingin Kulit Tetap Sehat? 6 Cara Merawat Kulit Wajah di Cuaca Dingin

Kulit kering di cuaca dingin dapat diperparah oleh penggunaan sabun yang berlebihan
Pilihlah sabun tanpa pewangi untuk merawat kulit di cuaca dingin.

Pada cuaca yang dingin, perubahan tidak hanya terjadi pada temperatur udara, namun juga pada kondisi kulit. Cuaca dingin dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan perlu perawatan ekstra. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara merawat kulit wajah di cuaca dingin, agar senantiasa sehat.

[[artikel-terkait]]

Langkah perawatan kulit kering selama cuaca dingin

Oleh karena itu, perawatan kulit saat musim dingin umumnya akan berbeda dari hari-hari lainnya. Agar kulit senantiasa terjaga kesehatannya, berikut ini tips yang dapat Anda lakukan selama cuaca dingin.

[[artikel-terkait]]

1. Batasi waktu mandi

Ketika cuaca dingin, mandi atau berendam menggunakan air hangat, tentu menjadi pilihan yang menggoda. Namun apabila dilakukan terlalu lama dan sering, kegiatan tersebut justru akan membuat kulit Anda menjadi kering.

Durasi terbaik untuk mandi saat musim dingin hanyalah selama 5-10 menit, menggunakan air hangat. Selain waktu mandi yang singkat, Anda juga disarankan untuk tidak menggunakan air yang terlalu panas, karena dapat menyebabkan kemerahan pada kulit.

2. Rutin gunakan pelembap

Saat Anda berada di tempat dengan suhu rendah, kelembapan udara pun umumnya akan turun dan menyebabkan kulit menjadi kering. Karena itu, saat cuaca dingin, penting bagi Anda untuk rutin menggunakan pelembap kulit.

3. Pakai tabir surya

Salah satu tahap yang sering terlewat saat cuaca dingin adalah tetap menggunakan tabir surya. Meski sinar matahari tidak terasa terik, namun sinar matahari terutama sinar ultraviolet tetap dapat merusak kulit saat cuaca dingin.

Karena itu, menggunakan tabir surya saat cuaca dingin tetap penting dilakukan, untuk mencegah efek buruk sinar matahari terhadap kulit. Sebelum beraktivitas di luar ruangan, gunakan tabir surya yang mengandung pelembap dengan minimal SPF screen protection factor (SPF) 15 atau lebih.

4. Hindari pemakaian sabun berlebih

Kulit kering yang kerap timbul saat cuaca dingin dapat diperparah oleh penggunaan sabun yang berlebihan. Maka dari itu, hanya gunakan sabun pada area kulit wajah yang diperlukan.

Selain membatasi penggunaannya, Anda juga dapat mengganti sabun yang biasa digunakan dengan pembersih yang mengandung pelembap atau berbentuk gel, dan tidak mengandung parfum.

5. Jaga pakaian tetap kering

Segera ganti pakaian Anda yang basah akibat hujan. Menggunakan pakaian dan sepatu basah, dapat menyebabkan iritasi kulit, serta menimbulkan rasa gatal. Tidak hanya itu, Anda juga disarankan untuk menggunakan pakaian yang berbahan lembut, agar kulit yang cenderung kering saat musim dingin terhindar dari iritasi serta gatal.

6. Sesuaikan perawatan wajah dengan kondisi cuaca

Saat cuaca dingin, tahapan perawatan kulit yang dilakukan pun sebaiknya diubah. Pilih pembersih wajah yang berbahan dasar krim, dan kurangi pemakaian toner atau astringen. Sebab, kebanyakan toner maupun astringen mengandung alkohol yang dapat menyebabkan kulit kering.

Saat kulit terasa kering dan gatal, Anda direkomendasikan untuk berhenti menggunakan produk kecantikan yang mengandung alkohol dan parfum, agar wajah dapat kembali lembap, dengan minyak alami yang dikeluarkannya.

Melakukan perawatan kulit saat cuaca dingin memerlukan cara tersendiri. Dengan menjalankan berbagai tips kecantikan di atas, kulit wajah Anda akan senantiasa sehat.

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/skin-and-beauty/top-tips-for-healthy-winter-skin.aspx
Diakses 4 Februari 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/dry-skin-winter-months
Diakses 4 Februari 2019

Health. https://www.health.com/beauty/winter-skin-care-routine-dermatologist
Diakses 4 Februari 2019

 

Reviewed by dr. Reni

Artikel Terkait

Banner Telemed