Manfaat air nabeez atau rendaman kurma adalah memberikan energi pada orang yang akan berpuasa sehingga cocok diminum saat sahur
Sebaiknya Anda hanya mengonsumsi air nabeez dari kurma yang direndam selama satu hari saja, tidak lebih

Saat bulan puasa, pernah populer ajakan membuat air infused kurma yang disebut air nabeez. Manfaat air nabeez disebut dapat membuat orang yang berpuasa segar sepanjang hari. Kini, air nabeez tak hanya identik dengan bulan Ramadan saja tapi bisa dikonsumsi kapan saja.

Air nabeez yang merupakan rendaman air kurma ini adalah minuman kesukaan Rasulullah SAW. Sama seperti infused water, hanya saja buah yang direndam adalah kurma atau kismis.

Cara membuat air nabeez

Untuk membuat air nabeez, tahapannya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan kurma atau kismis
  • Siapkan air matang dalam wadah tertutup
  • Kupas kurma dan iris menjadi lebih kecil, buang bijinya
  • Masukkan irisan kurma ke dalam wadah air 
  • Diamkan selama 8-12 jam di kulkas
  • Air nabeez siap dikonsumsi

Perlu diingat bahwa air nabeez hanya bisa dikonsumsi setelah direndam satu hari saja, tidak lebih. Apabila sudah lebih dari 2 atau 3 hari, sebaiknya dibuang dan tidak dikonsumsi.

Selain itu, memang kismis juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan air nabeez. Namun sebaiknya tidak mencampur kismis dan kurma dalam satu rendaman.

Manfaat air nabeez

Tanpa direndam saja, buah kurma memiliki banyak sekali manfaat. Ketika diolah menjadi air nabeez, manfaatnya semakin melimpah seperti:

1. Bersifat alkali

Air nabeez adalah minuman yang bersifat alkali. Selain itu, buah kurma adalah salah satu buah yang paling baik untuk sistem cerna. Artinya, dapat mengurangi kadar asam dalam perut dan sistem pencernaan. Itu sebabnya, air nabeez bisa dikonsumsi siapa saja, termasuk mereka yang memiliki maag maupun yang sistem pencernaannya sensitif.

2. Sumber energi

Air nabeez direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sahur sebelum puasa selama sekitar 12 jam. Alasannya adalah karena air rendaman kurma ini dapat menjadi sumber energi seharian. 

3. Mengatasi konstipasi

Kandungan serat dalam madu dapat mengatasi konstipasi. Lagi-lagi, air nabeez baik untuk sistem pencernaan manusia. Jika dikonsumsi secara teratur, manfaat air nabeez dapat membantu proses sekresi pencernaan secara teratur.

4. Mencegah kanker

Pada jangka panjang, air nabeez dapat membantu mencegah kanker. Alasannya karena kurma mengandung antioksidan tinggi dan dapat membantu menangkal radikal bebas penyebab penyakit. Tak hanya itu, kadar antioksidan dalam air nabeez juga mengurangi risiko terkena alzheimer.

5. Mengendalikan kadar gula darah

Meskipun manis, kurma adalah buah yang tidak menyebabkan gula darah naik. Bahkan, kurma aman dikonsumsi penderita diabetes sekalipun. Bahkan, air nabeez diyakini bisa membantu mengendalikan kadar gula darah seseorang karena mengandung indeks glikemik yang rendah.

6. Sumber detoks

Air nabeez juga masuk dalam kategori air detoks sehingga dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Sama seperti fungsi infused water lain yang terbuat dari buah seperti lemon, stroberi, atau timun, air nabeez juga memiliki manfaat yang sama.

Dengan membuat air nabeez, maka nutrisi dari buah kurma akan keluar dan bercampur dengan air matang selama didiamkan semalaman. Ini adalah proses difusi osmosis yang bermanfaat bagi tubuh.

Terlebih, kurma adalah buah yang mengandung banyak sekali nutrisi. Sebut saja vitamin, mineral, karbohidrat, dan tak ketinggalan protein. 

Jadi, maksimalkan manfaat air nabeez dengan mengonsumsinya tak hanya saat sahur saja tapi juga aman dikonsumsi sehari-hari. Namun ingat untuk tidak mengonsumsi air rendaman kurma yang telah lewat dari satu hari. 

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/detox-water-101#section2
Diakses 12 Februari 2020

The Islamic Information. https://theislamicinformation.com/nabeez-drink-prophet-muhammad/
Diakses 12 Februari 2020

Artikel Terkait