Cara Memperbanyak Sperma yang Alami dan Mudah Dilakukan


Cara memperbanyak sperma utamanya dengan menerapkan pola hidup sehat, mulai dari rajin berolahraga hingga makan makanan bergizi. Jumlah sperma yang sedikit tentu dapat memengaruhi kesuburan pria.

0,0
23 Sep 2019|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara memperbanyak sperma dapat dilakukan dengan mengubah gaya hidup dan pola makanCara memperbanyak sperma dilakukan dengan mengubah gaya hidup dan pola makan
Salah satu masalah kesuburan pria yang kerap terjadi adalah sedikitnya produksi sperma. Jika Anda termasuk pria yang berkutat dengan masalah ini, Anda dapat melakukan beberapa cara memperbanyak sperma secara alami, melalui perubahan pola makan hingga gaya hidup.Dalam kondisi normal, terdapat sedikitnya 15 juta sel sperma per mililiter air mani (semen). Jika jumlah sel sperma kurang dari itu, yang hanya bisa dikonfirmasi lewat pemeriksaan oleh dokter, Anda mungkin mengalami kelainan sperma yang disebut oligospermia.Sedikitnya kandunganl sperma di dalam air mani ini akan berimbas pada masalah fertilitas, misalnya sulit memiliki keturunan. Banyak hal dapat menuntun Anda pada masalah ini, mulai dari adanya gangguan kesehatan tertentu, faktor usia, hingga gaya hidup (misalnya merokok atau konsumsi makanan tertentu).

Bagaimana cara memperbanyak sperma secara alami?

Untuk mencari pengobatan tepat dari setiap masalah kesehatan yang Anda alami, sangat penting untuk mengetahui penyebabnya. Sayangnya, para peneliti tidak bisa memastikan secara spesifik penyebab jumlah sel sperma yang di bawah normal ini.Meski demikian, para peneliti juga sepakat terdapat beberapa cara memperbanyak sperma yang efektif. Berikut cara memperbanyak sperma secara alami yang dapat Anda coba:

1. Menjaga berat badan ideal

Menjaga berat badan ideal bisa menambah produksi sperma
Menjaga berat badan ideal bisa menambah produksi sperma
Cara menambah sperma yang pertama adalah dengan menjaga berat badan ideal. Bagi Anda yang kebetulan berat badannya berlebih, atau bahkan mengalami obesitas, sebaiknya lakukan langkah-langkah untuk menurunkan berat badan, seperti diet dan olahraga.Beberapa penelitian menyatakan saat Anda mengalami penurunan berat badan, jumlah sperma yang terdapat dalam air mani juga akan meningkat.

2. Berolahraga

Rutin berolahraga selama 16 minggu menurut penelitian tahun 2017 dalam jurnal Nutricion hospitalaria, terbukti sebagai cara meningkatkan jumlah sperma yang efektif. Untuk mendapatkan manfaat ini, lakukan olahraga dengan intensitas sedang (misalnya aerobik) sedikitnya 50 menit sebanyak 3 kali seminggu.

3. Jangan stres

Ketika stres, tubuh tidak produktif dalam menghasilkan sperma. Itu sebabnya, cobalah mulai melakukan langkah-langkah untuk mengendalikan stres, seperti: 
  • Meditasi
  • jeda sejenak dari pekerjaan, 
  • Berkonsultasilah pada ahli seperti psikolog dan psikiater.

4. Berhenti merokok dan minum alkohol 

Menurut penelitian dalam The Journal of International Medical Research, aktif merokok, apalagi dibarengi dengan konsumsi alkohol secara berlebihan terbukti dapat menyebabkan jumlah sperma sedikitRokok dan alkohol jugameningkatkan jumlah sperma tidak sehat (abnormal). Oleh sebab itu, mulai sekarang sebaiknya batasi merokok dan minum alkohol, bahkan lebih baik lagi jika menghindarinya sama sekali.Cara memperbanyak sperma lainnya adalah dengan berhenti konsumsi obat tertentu

5. Hindari konsumsi obat-obatan tertentu

Berhenti mengonsumsi obat tertentu bisa memperbanyak jumlah sperma
Cara memperbanyak sperma lainnya adalah dengan berhenti konsumsi obat tertentu
 Obat-obatan jenis tertentu dapat memengaruhi jumlah sperma yang diproduksi oleh testis. Maka dari itu, menghindari konsumsi obat-obatan tersebut menjadi cara memperbanyak sperma yang bisa Anda lakukan.Obat-obatan yang dimaksud antara lain sebagai berikut:
  • Antibiotik
  • Antiandrogen
  • Antinyeri
  • Antipsikotik
  • Kortikosteroid
  • Steroid anabolik
  • Testosteron eksogenus
  • Methadone 

6. Minum suplemen

Mengonsumsi suplemen fenugreek maupun suplemen yang mengandung vitamin D dan kalsium dipercaya sebagai cara meningkatkan jumlah sperma yang ampuh.Akan tetapi, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum menggunakan suplemen-suplemen tersebut guna memperbanyak jumlah sperma sehat.

7. Hindari polusi 

Beberapa penelitian mengonfirmasi bahwa paparan polutan di udara yang berasal dari asap kendaraan hingga asap rokok berpotensi mengurangi jumlah sperma Anda.Jadi, hindari paparan polutan tersebut jika ingin jumlah sperma banyak dan normal. Caranya antara lain dengan menggunakan masker apabila bepergian keluar ruangan.

8. Konsumsi makanan yang kaya antioksidan 

Pola makan juga berpengaruh terhadap jumlah sperma. Untuk menambah jumlah sperma, Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan. Anda bisa mendapatkan antioksidan dari buah dan sayur, seperti blueberry, raspberry, stroberi, goji beri, delima, kale, kol merah, kacang-kacangan, buah bit, bayam, dan cokelat hitam.

9. Makan makanan mengandung asam lemak omega-3

Sebuah penelitian dalam jurnal Andrology menyebutkan bahwa asam lemak omega-3 dapat meningkatkan kualitas air mani, termasuk sperma di dalamnya. Selain suplemen, beberapa makanan yang mengandung asam lemak omega-3 juga bisa Anda konsumsi untuk menambah jumlah sperma, seperti:
  • Ikan: salmon, makarel, dan sarden
  • Biji-bijian: biji rami, chia seeds
  • Kacang-kacangan: edamame dan kacang merah

10. Konsumsi asam folat

Tak hanya untuk wanita, pria juga perlu mengonsumsi asam folat saat merencanakan kehamilan. Ini karena manfaat asam folat untuk pria juga baik untuk memperbanyak sperma dengan kualitas baik.Beberapa makanan yang mengandung asam folat di antaranya brokoli, bayam dan legume. Anda juga bisa minum suplemen asam folat sesuai anjuran dokter.

11. Suplemen zink

Sebagaimana disebut dalam penelitian tahun 2016, suplemen zink bisa menjadi salah satu cara untuk memperbanyak sperma. Hal ini karena zink diketahui meningkatkan jumlah volume air mani dan kemampuan gerak sperma. Pastikan Anda berkonsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi suplemen ini. Anda juga bisa mendapatkan zink dari makanan, seperti tiram, daging merah, daging ayam, biji labu, dan kacang almon.

12. Konsumsi asam amino L-carnitine

L-carnitine adalah salah satu asam amino yang diketahui bermanfaat bagi kualitas dan jumlah sperma. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa konsumsi suplemen L-carnitine memiliki dampak positif terhadap jumlah dan kemampuan gerak sperma. Akan tetapi, studi tersebut juga menyebut bahwa dalam dosis yang tinggi, L-carnitine justru dapat menurunkan kemampuan gerak sperma. Itu sebabnya, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

13. Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh 

Cara memperbanyak sperma dengan berhenti mengonsumsi gorengan
Makanan yang mengandung lemak jahat bisa menghambat produksi sperma
Anda disarankan untuk menghindari makanan-makanan tertentu yang diklaim dapat menurunkan jumlah sperma. Studi pada tahun 2014 dalam jurnal Human Reproduction menyebutkan bahwa kebiasaan makan makanan yang kaya kandungan lemak jenuh dapat mengurangi jumlah sperma. Makanan mengandung lemak jenuh, antara lain:
  • Daging berlemak
  • Daging olahan (sosis, bakso)
  • Gorengan 
Jadi, hindari atau setidaknya batasi makan makanan tersebut jika ingin jumlah sperma Anda bertambah banyak.

14. Batasi konsumsi produk kacang kedelai

Kandungan estrogen dalam kacang kedelai dapat berdampak buruk pada kinerja testosteron dan produksi sperma pada pria. Namun, bukan berarti Anda sama sekali tidak boleh mengonsumsinya. Batasi konsumsi kedelai dalam jumlah wajar yang dianggap dapat membantu mengembalikan kemampuan produksi sperma.Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk menentukan takaran yang tepat.

15. Konsumsi ginseng India (aswagandha)

Tidak hanya meningkatkan jumlah sperma, konsumsi ginseng India sering digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi disfungsi seksual.Namun, manfaat ginseng India untuk memperbanyak sperma ini belum didukung oleh bukti ilmiah yang cukup. Anda perlu berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter apabila hendak menggunakan ginseng India sebagai cara memperbanyak sperma.

16. Memakai celana dalam longgar

Memakai celana dalam longgar, seperti boxer, rupanya menjadi cara mudah untuk menambah jumlah sperma. Celana dalam longgar membantu menjaga suhu testis tetap normal sehingga jumlah sperma dapat meningkat.Ya, sebagai ‘pabrik’ sperma, suhu testis tidak boleh terlalu panas agar proses produksi sperma (spermatogenesis) dapat berjalan optimal. Dengan begitu, sperma yang dihasilkan bisa banyak.Menurut penelitian tahun 2018 yang dimuat dalam Journal of Human Reproduction, pria yang kerap menggunakan celana dalam ketat memiliki kadar sperma yang lebih sedikit.

17. Istirahat cukup

Cara memperbanyak sperma lainnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan istirahat yang cukup. Saat tidur, tubuh akan aktif bekerja, termasuk memproduksi sperma.Dengan memiliki waktu tidur yang cukup, Anda membantu tubuh untuk dapat memproduksi sperma secara optimal.[[artikel-terkait]]

Makanan penambah sperma yang mudah didapat

Selain mengubah gaya hidup, Anda juga bisa lebih banyak mengonsumsi makanan penambah sperma yang mengandung sejumlah nutrisi. Berikut adalah daftar makanan yang dipercaya sebagai cara memperbanyak air mani secara alami dan kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya:
  • Daging merah (daging sapi dan sebagainya): mengandung zinc, vitamin B-12 dan vitamin D (terutama pada hati).

  • Daging unggas (ayam, burung): mengandung zinc dan vitamin B-12.

  • Ikan dan makanan laut lainnya: mengandung vitamin B-12 serta vitamin D dan omega-3 (terutama salmon, tuna, makarel).

  • Hewan bercangkang (kerang, kepiting, tiram, dan lain-lain): mengandung zinc, vitamin B-12

  • Kacang-kacangan dan buncis: mengandung zinc, folat, vitamin E, dan omega-3.

  • Buah-buahan: mengandung folat dan vitamin B-12 (terutama jeruk).

  • Gandum utuh: mengandung zinc dan folat.

  • Sayuran berwarna hijau: terutama mengandung folat, vitamin C (termasuk tomat), dan vitamin E.

  • Produk susu: mengandung zinc, vitamin B-12, vitamin C, dan vitamin D (terutama keju).

  • Telur: mengandung vitamin D dan omega-3 (pada telur terfortifikasi)
Selain bahan makanan di atas, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang terfortifikasi (seperti sereal, roti, pasta, dan lain-lain) yang hampir mengandung semua nutrisi yang Anda butuhkan di atas.Anda juga bisa meminum suplemen yang mengandung nutrisi-nutrisi tersebut. Namun, sebaiknya langkah ini dilakukan dengan pengawasan dokter.Ingin tahu lebih lanjut seputar cara memperbanyak sperma agar peluang memiliki keturunan semakin besar? Anda bisa tanya langsung dengan dokter di aplikasi SehatQ, lebih mudah dan cepat! Download sekarang juga di App Store dan Google Play
spermamakanan sehatkesehatan priareproduksi pria
WebMD. https://www.webmd.com/infertility-and-reproduction/guide/sperm-count#1
Diakses pada 20 September 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/mens-health/food-for-strong-sperm
Diakses pada 20 September 2019
Journal of Human Reproduction. https://academic.oup.com/humrep/article/29/3/429/709204
Diakses pada 20 September 2019
Journal of Human Reproduction. https://doi.org/10.1093/humrep/dey259.
Diakses pada 20 September 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320010.php
Diakses pada 12 Januari 2021
Nutricion Hospitalaria. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28627195/
Diakses pada 12 Januari 2021
The Journal of International Medical Research. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28627195/
Diakses pada 12 Januari 2021
Better Health. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/antioxidants
Diakses pada 31 Maret 2021
Falsig AL, Gleerup CS, Knudsen UB. The influence of omega-3 fatty acids on semen quality markers: a systematic PRISMA review. Andrology. 2019 Nov;7(6):794-803. doi: 10.1111/andr.12649. Epub 2019 May 22. PMID: 31116515.
Diakses pada 31 Maret 2021
Zhao, J., Dong, X., Hu, X., Long, Z., Wang, L., Liu, Q., Sun, B., Wang, Q., Wu, Q., & Li, L. (2016). Zinc levels in seminal plasma and their correlation with male infertility: A systematic review and meta-analysis. Scientific reports6, 22386. https://doi.org/10.1038/srep22386
Diakses pada 31 Maret 2021
Kozink DM, Estienne MJ, Harper AF, Knight JW. Effects of dietary L-carnitine supplementation on semen characteristics in boars. Theriogenology. 2004 May;61(7-8):1247-58. doi: 10.1016/j.theriogenology.2003.07.022. PMID: 15036959.
Diakses pada 31 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait