logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Meski Enak, Jumlah Kalori Kulit Ayam Berisiko bagi Kesehatan, Ini Faktanya!

open-summary

Kulit ayam menjadi salah satu makanan yang digilai banyak orang, terlebih jika digoreng garing. Rasa gurih dan tekstur renyah membuat orang tak dapat berhenti mengonsumsinya. Sayangnya, kulit ayam memiliki kandungan kalori tinggi, terlebih jika digoreng. Memakannya secara berlebihan dapat meningkatkan risiko obesitas dan penyakit jantung.


close-summary

23 Jun 2021

| Yanita Nur Indah Sari

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

kalori kulit ayam goreng sangat tinggi

Kalori kulit ayam goreng cukup tinggi karena banyaknya minyak yang digunakan untuk mengolah

Table of Content

  • Seberapa banyak kalori pada kulit ayam?
  • Bahaya kulit ayam bagi kesehatan
  • Bagaimana cara mengolah kulit ayam supaya lebih sehat?

Rasanya yang gurih dan nikmat membuat kulit ayam menjadi bagian favorit untuk dikonsumsi. Bahkan kini, popularitasnya semakin meningkat dengan menjamurnya brand makanan yang menjual kulit ayam sebagai menu utama. Namun, tahukah Anda bahwa 80% kandungan kulit ayam adalah lemak?

Advertisement

Simak penjelasan lengkap mengenai kandungan kalori dan nutrisi kulit ayam, serta dampaknya terhadap kesehatan. Jangan lewatkan pula cara sehat untuk menyiasati olahan kulit ayam menjadi lebih sehat di artikel berikut. 

Seberapa banyak kalori pada kulit ayam?

Kulit ayam yang digoreng memiliki kandungan kalori lebih tinggi
Kulit ayam yang digoreng memiliki kandungan kalori lebih tinggi

Ayam merupakan sumber protein hewani yang sangat familier dalam berbagai menu masakan. Kandungan gizi ayam, termasuk kalorinya berbeda-beda tergantung bagian tubuh ayam, termasuk kulitnya.

Kulit ayam memiliki kandungan kalori yang tinggi karena mengandung hampir 80% lemak. Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa kulit ayam memiliki kandungan lemak yang tinggi dan kandungan protein yang rendah. 

Lemak dan protein ini juga memiliki kandungan kalori. Artinya, semakin tinggi kandungan lemak, semakin tinggi pula kalorinya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari situs MedIndia, dalam 100 gram kulit ayam mengandung hampir 32,35 gram lemak dan 13,3 gram protein.

Jika tiap 1 gram protein mengandung 4 kalori, dan tiap 1 gram lemak mengandung 9 kalori, dalam 100 gram kulit ayam mengandung hampir 32,35 gram lemak dan 13,3 gram protein. Dengan demikian, kalori yang terkandung dari 100 gram kulit ayam adalah 349 kalori.

Baca Juga

  • 9 Manfaat Grapefruit alias Jeruk Bali Merah
  • Mengenal Rumput Laut Kelp dan Manfaatnya untuk Kesehatan
  • Ragam Cemilan Ibu Hamil yang Sehat dan Lezat, Bisa dari Makanan Olahan

Bahaya kulit ayam bagi kesehatan

Bahaya konsumsi kulit ayam dalam jangka panjang adalah obesitas
Bahaya konsumsi kulit ayam dalam jangka panjang adalah obesitas

Melihat tingginya jumlah kalori pada kulit ayam, hal ini tentu dapat berdampak pada kesehatan jika dimakan secara berlebihan. Belum lagi, kulit ayam kerap diolah dengan menggoreng dalam minyak banyak, yang dapat meningkatkan jumlah kalori, kolesterol, lemak jenuh, dan lemak trans dalam kulit ayam. 

Konsumsi yang terlalu sering dapat menambah asupan kalori, bahkan melebihi kebutuhan kalori harian. Dalam jangka panjang, kondisi ini dapat menyebabkan masalah kesehatan serius.

Beberapa bahaya kulit ayam jika dimakan terlalu sering, antara lain:

  • Berat badan berlebih (obesitas)
  • Penyakit jantung
  • Stroke

Selain itu, pengolahan kulit ayam yang kurang bersih dan kurang matang juga dapat meningkatkan risiko timbulnya campylobacteriosis. Campylobacteriosis disebabkan oleh bakteri Campylobacter spp. yang menginfeksi manusia melalui bagian tubuh unggas yang terpapar bakteri tersebut. 

Meskipun sebagian besar kandungan kulit ayam adalah lemak, kandungan lemak pada kulit ayam nyatanya tidak sepenuhnya buruk. 

Menurut, Amy Myrdal Miller, seorang ahli gizi dari The Culinary Institute of America, lemak pada kulit ayam termasuk lemak tak jenuh. Jika dikonsumsi dengan tepat, artinya tidak berlebihan, manfaat lemak tak jenuh dalam kulit ayam justru dapat berfungsi menjaga kesehatan jantung. 

Manfaat lain kulit ayam juga dapat membuat masakan menjadi lebih sedap dan dagingnya lebih lembut tanpa tambahan penyedap buatan.

Bagaimana cara mengolah kulit ayam supaya lebih sehat?

Merebus merupakan salah satu cara memasak kulit ayam agar bisa mendapat manfaat secara optimal
Merebus merupakan salah satu cara memasak kulit ayam agar bisa mendapat manfaat secara optimal

Banyak orang sulit menolak lezatnya kulit ayam. Untuk itu, cara terbaik menikmatinya adalah mengolahnya dengan lebih sehat.

Kandungan lemak dan kalori pada kulit ayam sudah tinggi. Sebaiknya, hindari mengolah kulit dengan minyak banyak agar jumlah kalorinya tak bertambah banyak.

Berikut adalah mengolah kulit ayam yang lebih sehat.

  1. Hindari memasak dengan cara menggoreng atau deep frying. Masaklah dengan memanggang, mengukus, atau menggunakan air fryer untuk mencegah melonjaknya jumlah kalori dalam kulit ayam.
  2. Hindari penggunaan mentega atau minyak dalam menggoreng atau menumis. Anda sebaiknya menggunakan cooking spray, minyak zaitun, atau minyak kanola. 
  3. Hindari penggunaan adonan tepung dalam masakan.
  4. Hindari bumbu marinasi dengan tambahan lemak, gula, atau garam.
  5. Hindari bumbu-bumbu masakan lain yang dapat meningkatkan kalori seperti saus. 
  6. Jangan terlalu sering dan terlalu banyak mengonsumsi kulit ayam.
  7. Perhatikan komposisi zat gizi lainnya, seperti protein, vitamin, mineral, dan serat. Konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi merah dan tambahan sayuran sangat cocok dikonsumsi dengan kulit ayam agar nutrisinya seimbang. 
  8. Tetaplah terapkan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga untuk membakar kalori yang tersimpan di tubuh. 

Kulit ayam bisa menjadi pilihan sumber lemak baik dalam makanan Anda dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan. Cara pengolahan juga penting untuk diperhatikan agar tidak menambah jumlah kalori dalam kulit ayam yang Anda konsumsi. 

Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan asupan gizi seimbang terutama yang mengandung serat, vitamin, dan mineral seperti sayur dan buah. Hal ini penting untuk menghindari kelebihan lemak dan kalori yang berpotensi menimbulkan obesitas hingga penyakit kronis lainnya.

Jika masih ragu untuk mengonsumsi kulit ayam, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang juga!

Advertisement

makanan sehatmakanan tidak sehatkolesterolhidup sehat

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved