Kalori jagung cukup tinggi sehingga bisa digunakan sebagai pengganti nasi
Jagung yang belum dipanen

Jagung merupakan salah satu sayuran yang kaya akan serat. Di Indonesia, jagung dapat dijadikan sebagai salah satu makanan pengganti nasi. Khususnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur, sayuran ini bahkan menjadi salah satu makanan pokok yang dikenal dengan nasi jagung.

Kalori jagung dan nutrisi lainnya

Di dalam sebatang jagung (90 gram) terkandung 80 kalori. Jumlah ini bisa dikatakan cukup banyak. Jadi, jika Anda ingin mengonsumsi jagung sebagai salah satu menu diet, cobalah untuk menghitung kalori jagung dan takaran yang ingin Anda konsumsi.

Selain memiliki 80 kalori, sebatang jagung juga mengandung 21 gram karbohidrat, 73 persen air, 3 gram protein, 2 gram serat, 4 gram gula, dan 1 gram lemak. Jagung juga mengandung beragam vitamin dan mineral, seperti, vitamin C, vitamin E, kalium, zat besi, zinc, fosfor, magnesium, selenium, dan beta karoten.

Melalui ragam nutrisi yang ada di dalam jagung inilah, sayuran ini dipercaya dapat memberikan berbagai manfaat untuk Anda.

Manfaat jagung bagi kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat jagung bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Menjaga kesehatan mata

Jagung merupakan sumber zeaxanthin dan karotenoid lutein yang dibutuhkan untuk kesehatan mata. Kandungan ini dipercaya mampu membantu mencegah kerusakan lensa yang dapat menyebabkan penyakit katarak.

Degenerasi makula dan katarak merupakan salah satu gangguan kesehatan mata yang dapat menyebabkan kebutaan. Selain faktor usia, salah satu penyebabnya adalah kurangnya asupan nutrisi, termasuk zeaxanthin dan lutein, yang terkandung di dalam jagung.

Kandungan kedua nutrisi ini lebih banyak terdapat pada jagung kuning dibandingkan dengan jagung putih. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan manfaat jagung yang satu ini, pilihlah jagung kuning.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Selain menjaga kesehatan mata, jagung juga dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan serat yang terdapat di dalam jagung dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan memberikan makanan bagi bakteri baik dalam saluran pencernaan.

Konsumsi cukup serat dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan berpotensi melindungi Anda dari kanker usus.

3. Membantu memenuhi kebutuhan protein

Jagung merupakan sayuran yang kaya akan protein. Bahkan, jika dibandingkan dengan sayuran lainnya, jagung mengandung protein yang lebih tinggi. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan protein nabati, Anda bisa menjadikan jagung menjadi pilihan.

Protein sendiri memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat tersebut meliputi mengurangi rasa lapar, membantu membakar kalori lebih banyak, membantu menjaga kesehatan sel, membawa molekul ke seluruh tubuh, dan melindungi tubuh dari virus serta bakteri.

4. Melindungi tubuh dari radikal bebas

Jagung termasuk sayuran yang juga kaya akan antioksidan jenis karotenoid. Tubuh Anda membutuhkan antioksidan untuk melawan efek radikal bebas yang berbahaya.

Penelitian menunjukkan bahwa radikal bebas dapat menyebabkan perkembangan beragam penyakit kronis dan berperan dalam proses penuaan.

Antioksidan dalam jagung akan membantu melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan dan berpotensi mencegah penyakit seperti jantung serta kanker. Tidak hanya itu, mengonsumsi jagung juga dapat membantu Anda mencegah penyakit divertikulosis, yaitu adanya kantong pada usus yang menyebabkan infeksi.

Karena tingginya kandungan kalori jagung dan berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya, Anda dapat mencoba memasukkan jagung ke dalam menu sehari-hari. Terlebih lagi, jagung juga memiliki ragam manfaat yang baik untuk kesehatan Anda.

Medical news today
https://www.medicalnewstoday.com/articles/324199#nutrition
diakses 29 April

Very well fit
https://www.verywellfit.com/corn-facts-content-calories-and-health-benefits-4116932#corn-nutrition-facts
Diakses 30 April

Webmd
https://www.webmd.com/food-recipes/corn-health-benefits#1-3
Diakses 30 April

Healthline
https://www.healthline.com/nutrition/foods/corn#benefits
Diakses 29 April

Everyday health
https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/protein-how-much-you-need-benefits-sources-more/
Diakses 30 April

Artikel Terkait