Jumlah Kalori Bubur Kacang Hijau, Aman atau Tidak?

(0)
04 Aug 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Kalori bubur kacang hijau hanya 223 saja per porsinyaBubur kacang hijau mengandung kalori yang tergolong rendah
Bubur kacang hijau adalah makanan yang bernilai gizi tinggi, bahkan direkomendasikan untuk banyak dikonsumsi oleh ibu hamil maupun anak-anak. Lalu, bagaimana dengan orang yang tengah berusaha menurunkan berat badan, apakah jumlah kalori bubur kacang hijau juga tergolong aman dan tidak akan menambah berat timbangan?Kacang hijau merupakan salah satu bahan makanan yang sangat bergizi, terutama kandungan serat dan protein di dalamnya. Kacang hijau juga kaya akan asam amino, seperti phenylalanine, leusin, isoleusin, valine, lysin, dan lain-lain, yang hanya bisa didapat dari makanan tertentu.Meskipun demikian, mengolah kacang hijau menjadi bubur kacang hijau dengan campuran gula merah dan santan akan mengubah komposisi nutrisi, termasuk jumlah kalorinya. Jumlah takaran yang Anda gunakan pada tiap bahannya juga sangat memengaruhi jumlah kalori bubur kacang hijau ini.

Berapa jumlah kalori bubur kacang hijau?

Menurut aplikasi kesehatan Nutritionix, 1 gelas (252 gram) bubur kacang hijau mengandung 223 kalori. Jumlah ini didapatkan dengan resep sebagai berikut:
  • 31,08 gram Kacang hijau rebus (33 kalori)
  • 21,06 gram gula merah (80 kalori)
  • 11,69 gram tepung tapioka (42 kalori)
  • 34,77 ml santan (68 kalori)
  • 153,84 ml air (0 kalori).
Bila dibandingkan dengan ambang batas konsumsi kalori harian, jumlah ini memang masih tergolong rendah. Menurut NHS, asupan kalori maksimal untuk wanita adalah 2.000 kalori dan pria 2.500 kalori, namun jumlah ini bisa lebih banyak atau lebih sedikit tergantung beberapa faktor, seperti usia, metabolisme tubuh, dan aktivitas Anda.Meskipun demikian, jumlah kalori bubur kacang hijau ini bisa bertambah jika Anda menambahkan gula merah atau bahkan gula pasir. Setiap 100 gram gula merah mengandung 386 kalori, sedangkan sekitar 12 sendok teh gula pasir saja sudah mengandung 200 kalori.Belum lagi, jika Anda menaikkan takaran santan agar bubur kacang hijau menjadi lebih gurih. Satu gelas santan (226 gram) mengandung 445 kalori dengan 90 persen di antaranya datang dari lemak.Dengan kata lain, untuk menjaga kalori bubur kacang hijau tetap rendah, hindari penggunaan gula dan santan yang terlalu banyak. Bubur kacang hijau juga mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti serat, protein, dan zat besi, serta nol kolesterol sehingga aman dikonsumsi oleh siapa saja.

Manfaat kacang hijau untuk kesehatan

Anggapan bahwa bubur kacang hijau merupakan makanan yang sarat gizi bukanlah isapan jempol. Tanaman yang memiliki nama Latin Vigna radiata ini memang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti:

1. Mencegah munculnya penyakit kronis

Kacang hijau kaya akan antioksidan, seperti asam fenolat, flavonoid, asam kafeat, asam sinamat, dan lain-lain yang dapat melawan radikal bebas. Jika kadar radikal bebas di dalam tubuh terlalu tinggi, Anda berisiko tinggi mengalami peradangan kronis, penyakit jantung, kanker, dan lain-lain.

2. Menurunkan kolesterol

Meski salah satu sumber kalori kacang hijau datang dari lemak pada santan, namun ini justru bisa menurunkan kadar kolesterol total dalam darah. Kacang hijau terbukti memiliki kandungan yang dapat menurunkan kolesterol jahat sehingga juga menurunkan risiko Anda terkena penyakit jantung.

3. Menstabilkan tekanan darah

Mengonsumsi bubur kacang hijau akan membuat tubuh Anda mendapat asupan kalium, magnesium, dan serat yang dapat menstabilkan tekanan darah. Dengan tekanan darah yang selalu stabil, risiko Anda terkena penyakit jantung juga semakin kecil.Bubur kacang hijau adalah santapan yang bisa dinikmati oleh semua kelompok umur, mulai dari balita hingga lansia. Tugas Anda hanya memastikan kalori bubur kacang hijau tetap rendah dengan membatasi penambahan gula dan santan di dalamnya agar Anda juga bisa mendapat manfaat dari kuliner yang satu ini.
makanan sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/mung-beans
Diakses pada 20 Juli 2020
Nutritionix. https://www.nutritionix.com/i/nutritionix/mung-bean-soup-1-cup/5c6c736a69958998280fc9d7
Diakses pada 20 Juli 2020
Nutritionix. https://www.nutritionix.com/food/coconut-milk
Diakses pada 21 Juli 2020
NHS. https://www.nhs.uk/common-health-questions/food-and-diet/what-should-my-daily-intake-of-calories-be/
Diakses pada 20 Juli 2020
Dietary Guidelines for Americans. https://health.gov/sites/default/files/2019-10/DGA_Cut-Down-On-Added-Sugars.pdf
Diakses pada 21 Juli 2020
Journal Unhas. http://journal.unhas.ac.id/index.php/mkmi/article/view/6267
Diakses pada 21 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait