Buah Jujube dari Asia, Manfaat Kesehatannya Sungguh Tak Terkira

(0)
25 May 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Jujube adalah buah kecil kemerahan yang berasal dari AsiaJujube merupakan buah kecil dari Asia yang memiliki warna kemerahan
Asia merupakan rumah untuk beragam tanaman pengobatan alternatif. Salah satu buah dari benua Asia yang populer karena khasiat kesehatannya adalah buah jujube. Mungkin masih sedikit asing di telinga Anda, kenali buah jujube yang menawarkan beragam manfaat kesehatan.

Mengenal apa itu jujube

Jujube adalah jenis buah yang berasal dari Asia bagian selatan dan populer dalam pengobatan tradisional. Buah kecil melingkar ini berasal dari tumbuhan Ziziphus jujuba dan cenderung berwarna kemerahan gelap saat matang.Buah jujube memiliki rasa manis dengan tekstur yang chewy. Dengan rasanya tersebut, buah ini sering dikeringkan dan dijadikan permen atau dessert di negara-negara Asia. Tak hanya enak, jujube juga menawarkan beragam manfaat kesehatan.

Nutrisi jujube yang tak kalah manis dari rasanya

Seperti banyak buah-buah lain, jujube juga cenderung rendah kalori dan lemak, namun tinggi dengan vitamin, mineral, dan serat atau fiber.Untuk setiap 100 gram jujube, atau sekitar 3 buah ini, jujube mengandung nutrisi berikut ini:
  • Kalori: 79
  • Protein: 1 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 20 gram
  • Serat: 10 gram
  • Vitamin C: 77% dari rekomendasi asupan harian
  • Kalium: 5% dari rekomendasi asupan harian

Ragam manfaat jujube untuk kesehatan

Jujube telah lama digunakan dalam praktik terapi alternatif. Berikut ini manfaat jujube yang cukup mengesankan:

1. Melawan radikal bebas

Jujube merupakan buah yang kaya dengan molekul antioksidan, termasuk flavonoid, polisakarida, serta triterpenic acid. Buah ini juga mengantongi vitamin C dengan kadar tinggi, vitamin yang juga memiliki efek antioksidan.
Molekul antioksidan diperlukan tubuh karena dapat melawan radikal bebas. Radikal bebas berlebih perlu dikendalikan dapat dapat memicu kerusakan sel dan berkontribusi terhadap beragam penyakit kronis.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Jujube telah banyak dimanfaatkan dalam terapi alternatif untuk meningkatkan kualitas tidur. Studi yang berkembang terkait buah ini menyebutkan, kandungan antioksidan di dalam jujube bisa berkontribusi terhadap manfaat ini.
Dalam beberapa penelitian pada hewan, buah jujube dan ekstrak bijinya membantu meningkatkan durasi dan kualitas tidur.

3. Menaikkan fungsi otak

Antioksidan dalam jujube juga dipercaya membantu meningkatkan fungsi otak. Bahkan, obat ini sering diberikan dalam terapi alternatif untuk menurunkan rasa cemas. Studi pada hewan dan uji tabung juga mengindikasikan, buah ini berpotensi untuk meningkatkan daya ingat, melindungi sel otak dari perusak saraf, serta bijinya berpotensi berkhasiat untuk menangani demensia karena Alzheimer.

4. Diyakini membantu menyehatkan pencernaan

Kandungan kunci lain dalam jujube adalah serat, yang diyakini membantu meningkatkan sistem pencernaan. Bahkan, sekitar 50% dari karbohidrat pada buah jujube berasal dari serat.Serat membantu melunakkan sekaligus membuat feses menjadi lebih ‘padat’. Sebagai hasilnya, proses buang air besar akan lebih lancar dengan menurunkan risiko sembelit.
buah jujube
Jujube diyakini bermanfaat untuk sistem pencernaan
Ekstrak jujube juga dilaporkan membantu memperkuat dinding lambung dan usus. Tak sampai di situ, ekstrak buah ini menurunkan risiko kerusakan organ pencernaan akibat ulkus dan melindunginya dari bakteri jahat di usus.

5. Berpotensi untuk menguatkan sistem imun

Seperti banyak buah lain, buah jujube juga diyakini memiliki manfaat untuk menguatkan sistem imun. Dalam sebuah riset yang dimuat dalam International Journal of Biological Macromolecules, serat lignin pada buah jujube ditemukan dapat merangsang produksi sel imun dan meningkatkan laju sel tersebut untuk menetralkan zat berbahaya.Tak sampai di situ saja, ekstrak buah jujube juga dilaporkan membantu meningkatkan sel imun yang disebut sel pembunuh alami (natural killer cells). Sel ini dapat menghancurkan sel-sel penyerang yang berbahaya.
Studi lanjutan diperlukan untuk menguatkan temuan ini.

6. Dipercaya membantu melawan kanker

Kandungan antioksidan dalam buah jujube juga diyakini memiliki sifat antikanker. Beberapa studi uji tabung menemukan, ekstrak buah jujube dapat melawan sel kanker pada beberapa organ, termasuk serviks, payudara, hati, usus besar, dan kulit. Namun, karena penelitian yang dilakukan pada manusia masih terbatas, riset lanjutan juga dinantikan untuk mengonfirmasi manfaat ini.

Peringatan sebelum konsumsi jujube

Bagi kebanyakkan orang, buah jujube aman untuk dikonsumsi. Namun, pasien yang mengonsumsi obat antidepresan venlafaxine dan golongan serotonin-norepinephrine reuptake inhibitors (SSNRIs) harus menghindari buah ini. Sebab, jujube berisiko berinteraksi dengan obat tersebut.Studi pada hewan juga menemukan indikasi bahwa ekstrak jujube menguatkan efek obat kejang, seperti phenytoin, phenobarbitone, dan carbamazepine. Apabila Anda mengonsumsi obat-obatan ini, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencoba mencicipi jujube.

Catatan dari SehatQ

Jujube adalah buah kecil dengan banyak manfaat. Buah dari Asia ini memiliki kalori yang rendah namun tinggi vitamin, mineral, dan serat. Kandungan antioksidan dalam jujube membuatnya menjadi buah yang banyak khasiat.
makanan sehatnutrisibuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/jujube
Diakses pada 11 Mei 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/28698081
Diakses pada 11 Mei 2020
US Department of Agriculture. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/168151/nutrients
Diakses pada 11 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait