Journaling: Kebiasaan Sederhana yang Baik bagi Kesehatan Mental

(0)
15 Mar 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Journaling adalah kebiasaan mengisi jurnal harian untuk menumpahkan pikiran dan emosiJournaling atau menulis jurnal dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan mental Anda
Journaling adalah kebiasaan mengisi buku harian atau jurnal yang digunakan untuk menumpahkan berbagai pikiran dan emosi yang dirasakan. Journaling dapat membantu Anda dalam memproses emosi dengan cara yang positif. Anda juga dapat berdialog dengan diri sendiri saat menulis jurnal atau buku harian ini.Selain itu, journaling adalah cara untuk mengekspresikan diri secara bebas tanpa mendapatkan penghakiman dari orang lain. Sehingga, kebiasaan menulis jurnal juga dapat menjadi cara untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan mental Anda.

Manfaat journaling

Jika Anda bergelut dengan perasaan stres, depresi, atau kecemasan; menulis jurnal merupakan kebiasaan yang bisa membawa manfaat. Journaling berfungsi untuk membantu lebih memahami pikiran dan emosi yang Anda rasakan.Walaupun terdengar sederhana, kebiasaan ini memiliki dampak yang positif untuk meningkatkan kesehatan mental. Beberapa manfaat journaling bagi kesehatan mental, di antaranya:
  • Membantu memberi kejelasan dan fokus yang memungkinkan Anda untuk menyelesaikan masalah lebih efektif, termasuk perselisihan dalam hubungan dengan orang lain.
  • Meningkatkan suasana hati dan memberikan kesempatan untuk dapat berbicara dengan diri sendiri secara positif.
  • Memprioritaskan ketakutan, masalah, dan kekhawatiran yang Anda rasakan ketimbang orang lain.
  • Melacak gejala gangguan mental dari hari ke hari sehingga Anda dapat mengenali pemicunya dan belajar untuk menanganinya dengan lebih baik.
  • Merencanakan dan membuat batu loncatan untuk pemulihan mental setiap hari.
  • Memberi ruang dan waktu untuk fokus pada diri sendiri dan masalah yang dihadapi.
  • Memungkinkan Anda untuk merelakan dan melepaskan masa lalu.
  • Menciptakan dialog yang positif dengan diri sendiri dan mengidentifikasi berbagai pikiran negatif.
  • Memberikan pandangan yang jelas tentang pola pikir dan perilaku Anda.
Manfaat journaling di atas dapat membantu Anda dalam mengendalikan emosi dan mendorong kesehatan sekaligus ketahanan mental. Kondisi ini dapat menciptakan pikiran yang lebih sehat dan meningkatkan rasa syukur.

Cara melakukan journaling

Manfaat journaling dapat Anda rasakan saat melakukannya secara rutin setiap hari. Journaling bukanlah hal yang rumit, Anda dapat memulainya dengan melakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Tentukan jurnal yang Anda inginkan

Ada beberapa jenis jurnal yang dapat Anda pilih, yaitu:Pilihlah jenis jurnal yang paling sesuai dan nyaman untuk digunakan. Anda juga dapat membuat tipe jurnal Anda sendiri, selama Anda merasa nyaman dalam menggunakannya.

2. Menulislah setiap hari

Walaupun hanya satu kalimat, lakukan journaling secara rutin setiap hari. Kegiatan ini dapat membantu Anda membentuk kebiasaan baru berupa menulis jurnal harian. Untuk membuatnya lebih mudah, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:
  • Jangan lupa untuk selalu menuliskan tanggal sebelum memulai journaling. Anda dapat kembali di lain waktu dan merenungkan masa lalu atau bernostalgia. Hal ini juga dapat membantu mempersiapkan pikiran dan mental Anda sebelum menulis.
  • Anda dapat menggunakan timer untuk membantu memaksa Anda mengeluarkan pikiran dalam waktu terbatas. 20 menit merupakan waktu yang ideal. Jika 20 menit telah berlalu, berhentilah menulis.
  • Tulislah apa saja yang Anda inginkan sesuai dengan suasana hati. Tumpahkan semua yang ada dalam pikiran dan yang dirasakan. Tidak perlu berpikir banyak tentang tata bahasa atau teknik menulis. Cukup tumpahkan apa yang Anda rasakan saat itu juga.
  • Jika Anda masih bingung bagaimana memulainya, Anda dapat mencorat-coret terlebih dahulu jurnal untuk membuat pikiran Anda lebih rileks.

3. Simpan jurnal untuk diri sendiri

Journaling sebaiknya menjadi rahasia Anda sendiri yang tidak perlu dibagi dengan orang lain. Hal ini dapat memberi rasa aman sehingga tidak membatasi apa yang ingin Anda tulis.

4. Baca kembali entri jurnal

Setelah selesai menulis, sebaiknya baca kembali entri jurnal untuk membantu memproses pikiran dan emosi Anda.Journaling adalah cara yang tepat untuk lebih mengenal diri sendiri dengan mengungkapkan ketakutan, pikiran, dan perasaan yang terdalam. Selain itu, melakukan journaling secara rutin dapat membantu Anda merasakan keteraturan di dalam hidup.Manfaatkan momen journaling sebagai relaksasi. Anda dapat memutar musik favorit dengan ditemani minuman kesukaan untuk membuat aktivitas journaling menjadi saat yang menyenangkan bagi Anda.Jika Anda punya pertanyaan seputar kesehatan mental, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan mentalstres
Mind My Peelings, https://www.mindmypeelings.com/blog/journaling-mental-health#
Diakses 1 Maret 2021
URMC Rochester. https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?ContentID=4552&ContentTypeID=1
Diakses 1 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait