Jika Lupa Minum Pil KB, Apa yang Harus Dilakukan?

(0)
27 Oct 2020|Azelia Trifiana
Apa yang harus dilakukan ketika lupa minum pil KBIdealnya pil KB harus diminum secara teratur
Salah satu metode kontrasepsi yang perlu kedisiplinan untuk meminumnya setiap hari adalah pil KB. Jika seseorang lupa minum pil KB, maka kemungkinan hamil menjadi lebih besar. Untuk tahu bagaimana mengatur siklusnya agar kembali teratur, tanyakan kepada dokter.Idealnya, pil KB dikonsumsi setiap harinya di waktu yang sama. Dengan demikian, kemungkinan untuk lupa minum pil KB menjadi lebih kecil. Namun ada kalanya situasi tak memungkinkan atau kesibukan membuat hal ini terlupakan.

Cara kerja pil KB

Pil KB termasuk jenis alat kontrasepsi hormonal yang paling banyak digunakan. Di dalamnya, terdapat satu atau lebih hormon yang dapat membantu mencegah kehamilan.Cara kerja pil KB adalah:
  • Menghentikan atau mengurangi ovulasi
  • Membuat lendir serviks lebih kental sehingga sperma tidak bisa masuk ke rahim
  • Menipiskan dinding rahim sehingga sel telur tidak mudah melekat dan dibuahi sperma
Potensi keberhasilan menunda kehamilan dari penggunaan pil KB mencapai 99%. Dengan catatan, penggunanya mengonsumsi dengan disiplin sesuai instruksi dan dosis penggunaan.Konsisten mengonsumsi pil KB setiap harinya di waktu yang sama dapat menjaga level hormon agar tidak terlalu fluktuatif dan menjaga efektivitas kerjanya.Lebih jauh lagi, berdasarkan jenisnya pil KB bisa dibedakan menjadi:
  • Pil KB kombinasi yang mengandung estrogen dan progestin
  • Pil KB yang hanya mengandung progestin bagi ibu menyusui. Pil ini menjadi alternatif bagi perempuan yang pernah mengalami stroke atau penggumpalan darah dan tidak disarankan mengonsumsi estrogen.
Dosis paket konsumsi pil KB berbeda-beda, ada yang untuk 21 hari, 90 hari, bahkan 365 hari sekalipun. Umumnya, penggunanya akan diminta mengonsumsi 3 minggu pil aktif diikuti dengan 2-7 hari mengonsumsi pil tanpa hormon (inactive).Namun berbeda merek dan dosis, akan berbeda pula cara mengonsumsinya. Beberapa formulasi juga ada yang seluruhnya mengandung pil aktif. Artinya, siklus menstruasi juga bisa terpengaruh.

Apa yang dilakukan jika lupa minum pil KB?

Dokter yang tahu persis apa yang harus dilakukan jika lupa minum pil KB. Berbeda merek dan dosis, akan berbeda pula langkah antisipasi agar tidak hamil ketika lupa mengonsumsinya.Namun, beberapa aturan umum yang harus dilakukan jika lupa minum pil KB adalah:
  • Jika lupa satu kali minum, langsung minum obat setelah mengingatnya
  • Jika lupa satu kali minum dan baru teringat keesokan harinya, minum 2 pil sekaligus
  • Jika lupa minum 2 hari berturut-turut, konsumsi 2 di hari saat teringat, dan 2 lagi di hari berikutnya
Namun jika lupa lebih dari 2 kali, tanyakan instruksi dengan detil kepada dokter. Ada kemungkinan harus memulai paket pil KB baru di hari yang sama atau menunggu hingga berganti minggu.Ketika lupa mengonsumsi pil KB, kemungkinan melepaskan sel telur menjadi semakin besar. Ini membuat seseorang rentan hamil jika berhubungan seksual dalam rentang waktu hari saat lupa minum pil KB. Pada hari-hari tersebut, gunakan kontrasepsi lain misalnya kondom sebagai proteksi.Gejala awal kehamilan adalah saat haid tidak datang sesuai siklus. Segera lakukan tes kehamilan untuk tahu apakah benar-benar hamil atau tidak. Terkadang, perempuan yang mengonsumsi pil KB tidak haid karena faktor hormonal, belum tentu hamil.Beberapa faktor yang turut berpengaruh terhadap kemungkinan hamil di antaranya:
  • Jika lupa minum pil di saat yang bertepatan dengan siklus ovulasi
  • Jumlah pil yang lupa dikonsumsi dalam rentang hari berurutan
  • Melakukan seks tanpa proteksi bersamaan dengan saat lupa minum pil KB
Risiko tertinggi terjadinya ovulasi dan kehamilan juga dapat terjadi saat interval mengonsumsi pil KB inactive atau terlambat memulai paket pil KB baru.

Catatan dari SehatQ

Jika masih ragu apa yang harus dilakukan saat lupa minum pil KB, sebaiknya hindari dulu hubungan seksual. Ketika seseorang cukup sering lupa minum pil KB, coba beralih ke metode kontrasepsi lain yang lebih aman seperti IUD atau suntik.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar metode kontrasepsi, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kehamilantes kehamilanmerencanakan kehamilan
WebMD. https://www.webmd.com/sex/birth-control/forgot-to-take-your-birth-control-pills
Diakses pada 12 Oktober 2020
Planned Parenthood. https://www.plannedparenthood.org/planned-parenthood-st-louis-region-southwest-missouri/blog/i-forgot-to-take-birth-control-what-do-i-do
Diakses pada 12 Oktober 2020
Drugs. https://www.drugs.com/article/birthcontrolpill-missed.html
Diakses pada 12 Oktober 2020
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/drugs/3977-birth-control-the-pill
Diakses pada 12 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait