Jeruk Sunkist, Buah Cantik yang Punya Manfaat Kesehatan Apik

(0)
13 Sep 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada banyak manfaat jeruk sunkist bagi kesehatanJeruk sunkist biasanya diiris terlebih dahulu sebelum dikonsumsi
Jeruk merupakan salah satu buah yang sering direkomendasikan dalam menjaga kesehatan. Berbagai jenis jeruk digolongkan pada buah-buahan sitrus. Mulai dari jeruk purut yang berukuran kecil hingga jeruk bali yang besar. Di samping itu, ada juga jenis jeruk populer yang dikenal sebagai jeruk sunkist.Banyak yang mengira bahwa sunkist merupakan nama varian buah jeruk. Namun, sebenarnya sunkist adalah nama perusahaan pemasaran produk agrikultur, khususnya buah jeruk, di Amerika.Jadi yang selama ini dikenal sebagai jeruk sunkist, sebenarnya adalah ragam jenis jeruk yang dipasarkan perusahaan Sunkist. Di Indonesia sendiri, jeruk sunkist khususnya merujuk pada jeruk jenis navel dan valencia, walaupun bukan berasal dari pertanian Sunkist.

Ciri khas jeruk sunkist

Jeruk sunkist merupakan jeruk dengan ukuran yang lebih besar dari jeruk mandarin. Kulitnya memiliki karakteristik warna jingga cerah, lebih tebal, dan keras.Jeruk sunkist merupakan jeruk potong karena untuk mengonsumsinya lebih mudah dengan cara dipotong menggunakan pisau ketimbang dikupas dengan tangan.Jeruk navel adalah varian jeruk sunkist berkulit lebih tipis, dan memiliki rasa manis. Ciri khas jeruk navel adalah adanya lubang cukup besar di bagian atasnya. Warna jeruk navel jingga cerah, sama halnya seperti jeruk valencia.Dibandingkan jeruk navel, jeruk valencia memiliki ukuran lebih besar, rasanya sedikit lebih asam, dan memiliki lebih banyak sari dengan kulit yang lebih tebal.

Kandungan nutrisi jeruk sunkist

Untuk kandungan nutrisi jeruk sunkist jenis navel dan valencia, ada sedikit perbedaan di antara keduanya. Dalam satu buah jeruk valencia ukuran sedang (154 gram), terdapat kandungan nutrisi berupa:
  • Kalori 90
  • Karbohidrat 20 gram (7 persen dari kebutuhan harian)
  • Serat 2 gram (7 persen dari kebutuhan harian)
  • Kalsium 4 persen dari kebutuhan harian
  • Kalium 6 persen dari kebutuhan harian
  • Vitamin C 70 persen dari kebutuhan harian
  • Folat 20 persen dari kebutuhan harian
  • Gula 15 gram
  • Protein 2 gram.
Sementara pada buah jeruk navel ukuran sedang (154 gram), kandungan nutrisinya adalah:
  • Kalori 80
  • Karbohidrat 19 gram (7 persen dari kebutuhan harian)
  • Serat 3 gram (11 persen dari kebutuhan harian)
  • Kalium 6 persen dari kebutuhan harian
  • Vitamin C 90 persen dari kebutuhan harian
  • Folat 10 persen dari kebutuhan harian
  • Gula 14 gram
  • Protein 1 gram
  • Kalsium 4 gram.
Jeruk sunkist merupakan buah yang rendah kalori dan kaya nutrisi. Sebagaimana buah sitrus lainnya, jeruk ini mengandung sumber vitamin C yang tinggi. Dengan mengonsumsi satu buah ukuran sedang, seluruh kebutuhan harian vitamin C Anda sudah hampir terpenuhi.

Manfaat jeruk sunkist

Dengan memasukkan jeruk ke dalam menu diet, Anda dapat memperoleh banyak manfaat kesehatan. Mulai dari menjaga kesehatan kulit, hingga menurunkan berbagai risiko penyakit.

1. Sebagai antioksidan

Kandungan vitamin C tinggi pada jeruk dapat berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menghalau pembentukan radikal bebas. Dengan demikian, jeruk bermanfaat untuk menurunkan risiko terjadinya kanker, penuaan dini, atau penyakit kardiovaskuler yang diakibatkan oleh radikal bebas.

2. Mengontrol tekanan darah

Jeruk sunkist tidak mengandung natrium yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, tetapi tinggi kalium yang memiliki kemampuan untuk merelaksasi dan membuka pembuluh darah.Oleh karena itu, jeruk dapat membantu mengontrol tekanan darah, membuat peredaran darah lebih lancar, serta menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan stroke.

3. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat pada jeruk sunkist dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga risiko terkena penyakit jantung juga berkurang.Ditambah lagi kandungan kalium yang bermanfaat mengontrol tekanan darah, konsumsi jeruk sunkist dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler, seperti penyakit jantung dan stroke.

4. Menekan perkembangan diabetes

Kandungan serat pada jeruk sunkist mampu memperbaiki berbagai faktor yang berkontribusi dalam perkembangan diabetes.Sebuah studi menunjukkan bahwa serat tidak menurunkan gula darah darah, tetapi dapat membantu meningkatkan cara tubuh merespons insulin. Serat juga dapat membantu mengontrol berat badan yang menjadi salah satu faktor penyebab diabetes tipe 2.

5. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin C dikenal akan manfaatnya dalam menjaga kesehatan dan penampilan kulit. Vitamin C, seperti yang ada dalam jeruk sunkist, berkontribusi pada produksi kolagen yang mampu mempercepat penyembuhan luka dan meningkatkan kekuatan kulit.

6. Sebagai sumber asam folat

Kandungan asam folat pada jeruk sunkist bermanfaat untuk metabolisme protein dan vitamin sehingga dapat dimaksimalkan oleh tubuh. Folat sangat bermanfaat bagi ibu hamil untuk menurunkan risiko berbagai komplikasi kehamilan.Sebuah penelitian juga menunjukkan adanya hubungan antara kurangnya kandungan folat dengan risiko depresi. Selain itu, kurangnya konsumsi folat juga dapat meningkatkan risiko penurunan kemampuan kognitif dan mengalami pikun di masa tua.Berbagai manfaat di atas bisa didapatkan dengan mengonsumsi jeruk sunkist secara rutin. Jadi, apakah Anda berminat untuk mencoba mengonsumsi jeruk berwarna jingga cerah nan cantik ini?
makanan sehatbuah dan sayuran
Sunkist. https://www.sunkist.com/citrus/oranges/
Diakses 31 Agustus 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/272782
Diakses 31 Agustus 2020
Thailand Medical News. https://www.thailandmedical.news/news/health-benefits-of--folate-or-vitamin-b9
Diakses 31 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait