Manfaat Jeruk Limau, dari Turunkan Berat Badan hingga Mencegah Kanker


Manfaat jeruk limau tak hanya untuk menurunkan berat badan. Mulai dari melancarkan pencernaan, mencegah kanker, hingga menurunkan risiko penyakit jantung bisa didapatkan.

(0)
21 May 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat jeruk limau untuk dietManfaat jeruk limau lebih dari sekadar menurunkan berat badan saja.
Jeruk limau dipercaya sebagai buah sitrus yang dapat menurunkan berat badan. Namun memang, rasanya yang sangat asam mungkin tidak bisa ditolerir oleh lidah Anda. Itulah sebabnya, banyak orang yang mencampurnya dengan air putih, untuk mendapatkan manfaat kesehatannya.Berbicara tentang jeruk limau dan manfaatnya dalam menurunkan berat badan, apakah dunia medis dan para ahli juga setuju dengan klaim itu? Mari kenali manfaat jeruk limau dalam menurunkan berat badan dan segudang manfaat jeruk limau lainnya di sini.

Manfaat jeruk limau untuk menurunkan berat badan

Jeruk limau
Jeruk limau
Menurunkan berat badan bukanlah hal mudah. Ada banyak faktor yang harus dilakukan, untuk mendapatkan body goals yang selama ini diidam-idamkan. Salah satunya mengonsumsi buah seperti jeruk limau.Ternyata, memang benar bahwa jeruk limau bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Para ahli percaya, asam sitrat yang dikandung jeruk limau dapat meningkatkan metabolisme, sehingga lebih banyak kalori dan lemak yang dibakar.Namun, mengonsumsi jeruk limau saja belum cukup. Membuat jadwal olahraga yang rutin juga menjadi faktor penting dalam menurunkan berat badan Anda. Jadi, tidak ada salahnya Anda mencoba jeruk limau sambil meningkatkan aktivitas fisik!Untuk mendapatkan manfaat jeruk limau dalam menurunkan berat badan, Anda disarankan untuk meminum air putih yang sudah dicampurkan jeruk limau di pagi hari, atau mengisap irisan jeruk limau sebelum makan.

Kandungan nutrisi jeruk limau

Meskipun ukurannya kecil, kandungan nutrisi jeruk limau tidak boleh diremehkan. Faktanya, berbagai manfaat jeruk limau datang dari kandungan nutrisinya yang luar biasa.Menurut U.S. Department of Agriculture (USDA), satu buah jeruk limau berukuran 67 gram mengandung kandungan nutrisi ini:
  • Kalori: 20
  • Karbohidrat: 7 gram
  • Protein: 0,5 gram
  • Lemak: 0,1 gram
  • Serat: 1,9 gram
  • Vitamin C: 22 persen dari angka kecukupan gizi (AKG)
  • Zat besi: 2 persen dari AKG
  • Kalsium: 2 persen dari AKG
  • Vitamin B6: 2 persen dari AKG
  • Vitamin B1 (tiamin): 2 persen dari AKG
  • Kalium (potassium): 1 persen dari AKG.

Manfaat jeruk limau lainnya yang sayang jika dilewatkan

Jeruk limau
Jeruk limau
Sembari “mencicipi” manfaat jeruk limau untuk menurunkan berat badan, Anda juga bisa memperoleh manfaat jeruk limau lainnya. Sebab, selain membantu menurunkan berat badan, jeruk limau juga mampu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Berikut ini adalah manfaat jeruk limau yang sayang jika dilewatkan:

1. Meningkatkan keinginan untuk minum air putih

Lembaga kesehatan masyarakat Amerika Serikat, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) percaya, menambahkan air jeruk limau ke dalam air putih, bisa mendorong keinginan untuk minum air putih lebih banyak. Seperti yang sudah diketahui, menjaga hidrasi tubuh dengan meminum air putih adalah hal yang sangat baik untuk kesehatan.

2. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

Menambahkan jeruk limau ke dalam air putih berpotensi meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Bagaimana tidak, jeruk limau mengandung komponen yang bisa menstimulasi sekresi pencernaan di dalam lambung. Selain itu, asam sitrat yang dikandung jeruk limau juga bisa membantu memecah makanan.Jika Anda sering mengalami sembelit, jeruk limau sebaiknya selalu tersedia di rumah Anda. Meskipun begitu, sebaiknya Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan untuk mencegah iritasi usus dan mulas berkelanjutan.Apabila Anda memiliki GERD, minum segelas air hangat yang dicampurkan dengan 2 sendok teh perasan limau dan madu 30 menit sebelum makan dapat membantu mencegah gejala asam lambung Anda naik.

3. Menurunkan risiko kanker

Percaya tak percaya, menurunkan risiko kanker menjadi salah satu khasiat jeruk limau. Sebab, beberapa riset telah membuktikan bahwa mengonsumsi buah-buahan sitrus seperti jeruk limau bisa menurunkan risiko kanker.Sebuah penelitian juga menunjukkan, mengonsumsi buah sitrus secara rutin bisa menurunkan risiko kanker kerongkongan. Namun, riset lanjutan masih diperlukan untuk membuktikannya.

4. Menyehatkan kulit

Jeruk limau mengandung vitamin C dan antioksidan. Kedua nutrisi penting ini sering ditemukan dalam produk kecantikan kulit, khususnya pada produk kecantikan untuk jenis kulit berminyak dan berjerawat. Ketika jeruk limau dikonsumsi bersama dengan air putih, kesehatan kulit dipercaya bisa meningkat.Meskipun limau diketahui mampu menyehatkan kulit, sebaiknya Anda tidak menggunakannya secara sembarangan. Jeruk limau tak boleh Anda oleskan langsung pada kulit karena dapat menyebabkan iritasi, khususnya jika Anda memiliki kulit yang sensitif. 

5. Meningkatkan sistem imun tubuh

Kegunaan vitamin C dan antioksidan yang dikandung jeruk limau tidak hanya bisa meningkatkan kesehatan kulit, tapi juga memperkuat sistem imun tubuh. Jika Anda mengonsumsinya secara rutin, jeruk limau dipercaya bisa mencegah atau memperpendek “umur” berbagai penyakit dalam tubuh Anda, contohnya flu dan pilek.

6. Menurunkan risiko penyakit jantung

Jeruk limau mengandung kalium dan magnesium yang tinggi, sehingga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung secara menyeluruh. Terutama kalium, yang bisa meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah.Jeruk limau juga dianggap ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol, walaupun masih diperlukan riset tambahan untuk membuktikannya.

7. Mencegah batu ginjal

Batu ginjal adalah kristal mineral berukuran ecil yang dapat terbentuk di dalam ginjal. Ternyata, manfaat jeruk limau dipercaya dapat mencegah batu ginjal!Buah-buahan sitrus seperti jeruk limau mengandung asam sitrat yang tinggi. Menurut riset, asam sitrat dapat mencegah batu ginjal. Studi lainnya juga membuktikan, orang-orang yang lebih sering mengonsumsi buah sitrus akan terhindar dari risiko batu ginjal.

Cara membuat air jeruk limau

Membuat air jeruk limau sangatlah mudah. Ikutilah beberapa tahapan cara membuat air jeruk limau di bawah ini:
  • Bersihkan jeruk limau dengan air bersih.
  • Isi gelas dengan air putih.
  • Tuangkan perasan jeruk limau ke dalam air putih.
  • Tambahkan irisan jeruk limau ke dalam gelas untuk memperkaya rasanya.
  • Minumlah campuuran air putih air jeruk limau tidak lebih dari 24 jam sejak Anda membuatnya, untuk mendapatkan rasa terbaiknya.
Beberapa orang mungkin tidak tahan dengan rasa jeruk limau yang sangat asam. Maka dari itu, ada baiknya Anda mencampurnya dengan air putih, agar rasanya dapat diterima oleh lidah.Ditambah lagi, cara membuatnya juga sangat mudah. Jadi, sayang sekali jika manfaat jeruk limau yang baik untuk kesehatan ini, belum juga Anda rasakan.

Catatan dari SehatQ:

Hati-hati, jeruk limau memang sangat mirip dengan jeruk purut. Keduanya sama-sama memiliki warna hijau tua, tapi dari segi ukuran, jeruk limau jauh lebih kecil dibandingkan jeruk purut. Selain itu, tekstur kulitnya tidak sekasar jeruk purut. Jangan sampai salah memilihnya, ya!
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuranpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/lime-water-benefits
Diakses pada 9 April 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322556#12-benefits-of-lime-water
Diakses pada 9 April 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/8-healthy-lime-facts#3
Diakses pada 19 Oktober 2020
Healthy Eating. https://healthyeating.sfgate.com/benefits-limes-4084.html
Diakses pada 19 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/limes#nutrition
Diakses pada 4 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait