Jeruk Keprok, Si Manis yang Bermanfaat untuk Kesehatan

(0)
10 Mar 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Jeruk keprok dipercaya lebih manis dan mudah dikupas dibandingkan kebanyakan jeruk pada umumnya.Jeruk keprok termasuk dalam jenis jeruk mandarin yang menyehatkan.
Jeruk keprok (tangerine) merupakan salah satu jenis dari jeruk mandarin yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Dibandingkan dengan jeruk lainnya, jeruk keprok dipercaya memiliki rasa yang lebih manis dan kulitnya mudah dikupas.

Jeruk keprok dan segudang manfaatnya untuk kesehatan

Jeruk keprok memiliki kandungan nutrisi yang tidak boleh diremehkan. Tidak hanya vitamin C, jeruk ini juga mengandung kadar vitamin A yang tinggi dan beragam antioksidan seperti tangeretin.Mulai dari mencegah kanker, menjaga kesehatan mata, hingga mengurangi peradangan di dalam tubuh. Simak berbagai manfaat jeruk keprok yang luar biasa ini.

1. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin C yang dimiliki jeruk keprok dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit. Vitamin C berperan besar untuk membantu tubuh memproduksi kolagen, yakni zat yang membuat kulit terlihat awet muda.Selain itu, vitamin C juga diyakini bisa mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

2. Menjaga kesehatan mata

Jeruk keprok dipercaya bisa menjaga kesehatan mata karena kandungan vitamin C dan A-ny
Kandungan vitamin A dan C jeruk keprok mampu jaga kesehatan mata
Jeruk keprok mengandung dua vitamin yang berperan penting untuk menjaga kesehatan mata, yakni vitamin A dan C.Vitamin A bertugas untuk menjaga kesehatan dan fungsi retina serta kornea. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan Anda lebih rentan terhadap penyakit xerophthalmia (sulit melihat di tempat gelap).Sementara itu, kandungan vitamin C yang ditemukan di dalam jeruk keprok bermanfaat dalam mencegah penyakit mata, seperti katarak dan degenerasi makula. Vitamin ini juga berkontribusi dalam menjaga kesehatan mata secara umum.

3. Menyehatkan jantung

Sebuah riset yang melibatkan 500 ribu partisipan dewasa membuktikan, mengonsumsi setengah cangkir buah segar per hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung secara signifikan.Partisipan yang mengonsumsi buah secara rutin juga terhindar dari kematian akibat serangan jantung dan stroke sebanyak 33 persen.Jeruk keprok dapat menjadi salah satu pilihan terbaik bagi Anda yang ingin mengonsumsi buah secara rutin. Jeruk ini kaya akan nutrisi dan mudah ditemukan, baik di pasar (tradisional atau swalayan) hingga online.

4. Mencegah kanker

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa flavonoid, limonoid, hingga coumarin yang ditemukan di dalam buah sitrus dapat mencegah berbagai macam kanker, seperti kanker payudara hingga kanker lambung. Berbagai senyawa ini juga dipercaya dapat mencegah munculnya tumor di paru-paru dan usus besar.

5. Mengurangi peradangan di dalam tubuh

Vitamin C merupakan nutrisi yang serbaguna dan punya banyak manfaat, salah satunya mengurangi peradangan. Jeruk keprok mengandung vitamin C yang mampu mencegah kerusakan sel (stres oksidatif) akibat radikal bebas.Sejumlah ahli percaya bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi seperti jeruk keprok, dapat mengurangi dan mencegah berbagai macam jenis peradangan.

6. Bermanfaat untuk pasien diabetes tipe 2

Jeruk keprok dipercaya bisa bermanfaat untuk pasien diabetes tipe 2
Kandungan antioksidan jeruk keprok bisa bermanfaat untuk pasien diabetes tipe 2
Para ahli meyakini kalau kandungan antioksidan yang dimiliki buah sitrus seperti jeruk keprok, dapat bermanfaat untuk pasien diabetes tipe 2. Sebab menurut penelitian, kadar enzim antioksidan dan vitamin antioksidan di dalam tubuh pasien diabetes tipe 2 dinilai rendah.Mengonsumsi buah yang mengandung antioksidan seperti jeruk keprok diyakini mampu mengurangi stres oksidatif akibat radikal bebas pada pasien diabetes tipe 2.

Peringatan sebelum mengonsumsi jeruk keprok

Sebaiknya orang-orang yang memiliki alergi buah sitrus idak mengonsumsi atau menyentuh jeruk keprok karena bisa memicu reaksi alergi. Berikut adalah beberapa gejala alergi yang bisa muncul:Jika Anda mengalami berbagai reaksi alergi ini, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi jeruk keprok, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Catatan dari SehatQ

Bagi Anda yang ingin mengonsumsi buah sitrus secara rutin, jeruk keprok dapat menjadi pilihan tepat. Selain rasanya manis dan kulitnya mudah dikupas, manfaat jeruk keprok juga tidak kalah hebat dari jeruk lainnya.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuran
Web MD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-tangerines##1
Diakses pada 24 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/tangerine-vs-orange#peel
Diakses pada 24 Februari 2021
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/tangerine-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4115498
Diakses pada 24 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait