Mengenal Standar Jersey Futsal Sesuai Aturan FIFA


Jersey futsal ternyata memiliki aturan, termasuk dalam hal warna. Yang termasuk dalam aturan dari FIFA antara lain mengenai warnanya.

(0)
07 Mar 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Jersey futsal antartim harus memiliki warna berbedaWarna jersey futsal diatur oleh FIFA
Desain baju futsal yang beredar di pasaran saat ini sangat variatif, mulai dari desain printing yang sederhana, retro, hingga super stylish. Namun, jika ingin mendesain jersey futsal untuk berlaga di berbagai pertandingan, apalagi pertandingan resmi, Anda sebaiknya memahami aturan baku pembuatan baju futsal sesuai standar yang ditetapkan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).Berdasarkan FIFA Futsal Laws of The Game 2020/2021, jersey futsal merupakan salah satu peralatan wajib bagi seorang pemain futsal. Jersey futsal haruslah berlengan dan dilengkapi dengan celana pendek (kecuali penjaga gawang yang diijinkan memakai celana panjang).Selain jersey, pemain futsal dalam pertandingan resmi juga wajib mengenakan pelindung tulang kering (decker), kaus kaki yang panjangnya hingga lutut (menutup decker), dan sepatu futsal. Nah, seperti apa aturan baku untuk jersey futsal dan peralatan wajib lainnya ini?

Jersey futsal dan ketentuan dari FIFA

Di dunia sepak bola, melihat banyak pemain mengenakan nomor punggung besar bukanlah hal aneh, misalnya kiper Juventus Gianluigi Buffon yang kini menggunakan nomor punggung 77 saat bertanding di Liga Italia atau Liga Champions UEFA.Namun, saat para pemain ini berlaga di pentas resmi FIFA, semisal Piala Dunia, maka nomor punggung pemain tidak boleh lebih dari 23 atau sama dengan jumlah pemain yang didaftarkan untuk berkompetisi di ajang tersebut.Aturan yang sama juga berlaku di futsal. Anda boleh saja mengenakan nomor punggung berapapun dalam latihan atau pertandingan-pertandingan non-FIFA.Hanya saja, ketika Anda bertanding di kompetisi yang diadakan oleh induk olahraga sepak bola seluruh dunia tersebut, nomor punggung yang boleh digunakan hanya 1-15 sesuai dengan maksimal jumlah pemain yang boleh didaftarkan.Nomor punggung ini harus terletak di jersey futsal bagian belakang. Sementara itu, warna nomor harus dibuat berbeda dari warna dasar baju futsal tersebut.

Aturan warna jersey futsal

Penjaga gawang harus memakai jersey futsal beda warna
FIFA Futsal Laws of The Game 2020/21 sendiri tidak mengatur tentang bahan jersey futsal yang sebaiknya dikenakan oleh para pemain. Meskipun demikian, buku panduan permainan futsal ini sangat detail mengatur tentang penggunaan warna jersey futsal yang boleh dikenakan dalam pertandingan resmi.Aturan dasar warna pada jersey futsal adalah sebagai berikut:
  • Kedua tim harus memakai warna yang membedakan mereka satu sama lain.
  • Warna jersey futsal yang dikenakan penjaga gawang harus berbeda dari pemain lain dalam lapangan serta ofisial pertandingan.
  • Jika warna seragam kedua kiper sama dan keduanya tidak memiliki jersey lain untuk diganti, wasit bisa mengizinkan pertandingan dimulai.
  • Jika pemain mengenakan kaus dalam, maka warnanya harus sama dengan warna utama dari lengan baju atau memiliki pola atau warna yang persis sama dengan jersey futsal.
  • Celana dalam atau celana ketat harus memiliki warna yang sama dengan warna utama celana pendek atau bagian terendah dari celana pendek tersebut.

Aturan pelengkap penggunaan jersey futsal

Selain memperhatikan aturan standar penggunaan jersey futsal oleh pemain di dalam lapangan, Anda juga harus memahami aturan lain dalam penggunaan seragam atau warna pada atribut lainnya. Misalnya, rompi pemain cadangan harus berbeda warna dari para pemain di lapangan maupun rompi pemain cadangan tim lawan.Sementara untuk penggunaan atribut pelengkap, seperti headband (termasuk kerudung), aturan bakunya adalah sebagai berikut:
  • Berwarna hitam atau warna utama yang sama dengan jersey futsal
  • Masih relevan dengan kebutuhan pertandingan
  • Tidak menyatu dengan jersey futsal
  • Tidak berbahaya bagi pemain yang memakainya atau pemain lain
  • Tidak ada bagian yang menonjol.
Untuk pelindung lutut dan lengan, warnanya juga harus sama dengan warna utama dari jersey futsal (untuk pelindung lengan) atau celana pendek celana panjang (pelindung lutut). Secara bentuk, pelindung ini tidak boleh terlalu menonjol.Jika persyaratan-persyaratan yang berhubungan dengan jersey futsal dan atribut yang menyertainya itu sudah dipenuhi, maka Anda siap berlaga di pertandingan futsal internasional.
olahragatips olahragahidup sehatmanfaat sepak bolasepak bola
FIFA Laws of The Game. https://www.the-afc.com/documents/fifa-futsal-laws-of-the-game-2020-21
Diakses pada 27 Februari 2021
Universitas Udayana. https://sinta.unud.ac.id/uploads/wisuda/0904205042-3-bab2.pdf
Diakses pada 27 Februari 2021
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait