Jerawat di Sekitar Mulut Bikin Tak Nyaman, Ini Penyebabnya

(0)
08 Oct 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Jerawat di sekitar mulut berisiko terjadi apabila kulit di area tersebut sering terpapar benda-benda, sering disentuh, atau teriritasiJerawat yang muncul di sekitar mulut dapat mengganggu penampilan
Jerawat merupakan problema kulit yang menjadi masalah sejuta umat. Kondisi ini terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat akibat minyak atau sebum serta sel kulit mati. Terkadang, jerawat juga bisa muncul di sekitar mulut sehingga bikin Anda tak pede. Apa saja penyebab jerawat di sekitar mulut?

Jerawat di sekitar mulut, apa penyebabnya?

Jerawat di sekitar mulut berisiko terjadi apabila kulit di area tersebut sering terpapar benda-benda, sering disentuh, atau teriritasi. Berikut ini beberapa faktor yang menjadi penyebab jerawat di area mulut:

1. Tali helm

Tali helm yang direkatkan di dagu dapat dengan mudah menyumbat pori-pori di sekitar mulut dan menimbulkan jerawat. Untuk mengantisipasinya, rekatkan tali helm namun tidak begitu ketat. Anda juga perlu membersihkan area ini dengan lembut setelah berkendara menggunakan helm.

2. Lip balm

Lip balm dapat memicu timbulnya jerawat di sekitar mulut
Lip balm yang berminyak dapat menyumbat pori-pori kulit di sekitar mulut
Apabila Anda rutin menggunakan lip balm dan kerap bergumul dengan jerawat di sekitar mulut, produk yang digunakan bisa saja menjadi biangnya. Lip balm yang terlalu berminyak dapat menyebar ke kulit sekitarnya dan menyumbat pori-pori. Zat pewangi dalam produk perawatan bibir Anda juga dapat mengiritasi kulit di sekitar mulut. 

3. Telepon genggam

Setiap benda yang kontak dengan kulit di wajah dapat menimbulkan jerawat karena tersumbatnya pori-pori. Salah satu benda yang sering menjadi penyebab jerawat di sekitar mulut adalah telepon genggam – yang sering ditempelkan ke area pipi, dagu, dan mulut saat Anda menelepon.  

4. Krim cukur

Pria yang rutin bercukur tentu berisiko mengalami jerawat di sekeliling mulut. Pasalnya, penggunaan krim dan minyak cukur dapat menyumbat pori-pori atau mengiritasi kulit. Kondisi ini dapat memicu tumbuhnya jerawat di sekitar mulut. 

5. Hormon

Hormon-hormon dalam kelompok hormon androgen dapat merangsang produksi sebum berlebih – sehingga menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Walau begitu, hubungan sebab akibat antara hormon dan jerawat masih perlu dikaji lebih lanjut. 

Perbedaan jerawat di sekitar mulut dengan kondisi kulit lain yang mirip

Terkadang, benjolan yang Anda kira jerawat di sekitar mulut bukanlah “jerawat biasa”. Dua masalah kulit berikut ini mirip dengan jerawat namun tetap memiliki ciri yang berbeda:
  • Herpes simplex tipe 1

Herpes simplex tipe 1 bukanlah jerawat di sekitar mulut
Lepuhan di sekitar mulut berbeda dari jerawat
Herpes simplex tipe 1, atau lebih dikenal dengan herpes oral, dapat menimbulkan lepuhan di kulit yang terasa perih di sekitar mulut. Namun, tidak seperti jerawat, herpes oral memicu gejala berupa lepuhan yang penuh dengan cairan dan terasa sakit saat disentuh. Lepuhan tersebut juga dapat menimbulkan sensasi terbakar dan menimbulkan rasa gatal. 
  • Dermatitis perioral

Masalah kulit lain yang menimbulkan gejala mirip jerawat di sekitar mulut adalah dermatitis perioral. Dermatitis perioral merupakan peradangan di kulit sekitar mulut yang menimbulkan gejala berupa ruam. Ruam akibat dermatitis perioral terlihat bersisik, kemerahan, dan menonjol – sehingga sering dikira jerawat. Namun, pada dermatitis perioral, ruam tersebut biasanya menimbulkan rasa gatal dan sensasi terbakar serta akan keluar cairan bening.

Penanganan jerawat di sekitar mulut

Secara umum, jerawat di sekitar mulut dapat diatasi dengan kandungan dan obat yang biasa kita gunakan untuk mengatasi jerawat di area lain. Beberapa kandungan untuk menangani jerawat di sekitar mulut, yaitu:
  • Krim jerawat, pembersih, dan gel yang dijual bebas. Anda bisa mencari kandungan yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat.
  • Krim dari dokter yang mengandung asam retinoat atau benzoil peroksida dengan dosis yang lebih kuat
  • Antibiotik minum atau oles yang hanya didapatkan dari dokter
  • Pil kontrasepsi khusus dari dokter
  • Isotretinoin yang hanya boleh didapatkan dari dokter
  • Terapi cahaya dan chemical peeling yang dilakukan dokter

Tips mencegah timbulnya jerawat di sekitar mulut

Jerawat di sekitar mulut dapat dicegah dengan tips mudah berikut ini:
  • Bersihkan wajah dua kali sehari dengan pembersih yang lembut atau ringan
  • Pastikan produk kosmetik yang Anda gunakan memiliki label “non-komedogenik”
  • Hindari menyentuh wajah dengan tangan yang belum dicuci
  • Hindari memencet jerawat
  • Mandi setelah berolahraga.
  • Hindari aplikasi lip balm berlebih serta pastikan produk tidak menyebar ke kulit di sekitar bibir dan mulut
  • Jauhkan produk perawatan rambut yang berminyak dari wajah
  • Gunakan produk perawatan kulit yang memiliki label non-komedogenik dan bebas minyak 
  • Rutin membersihkan sarung bantal dan sprei kasur
  • Bersihkan mulut dengan tisu setelah makan

Catatan dari SehatQ

Jerawat di sekitar mulut dapat disebabkan oleh beragam faktor, mulai dari produk perawat bibir, telepon genggam, hingga fluktuasi hormon. Apabila masih memiliki pertanyaan terkait jerawat dan kesehatan kulit, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ bisa di-download di Appstore dan Playstore yang setia mendampingi Anda dalam menjaga kesehatan kulit.
kulit berminyakjerawatmasalah kulitherpes simplex tipe 1
Healthline. https://www.healthline.com/health/herpes-simplex
Diakses pada 24 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/acne-around-mouth
Diakses pada 24 September 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/acne-around-mouth
Diakses pada 24 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait