Jerawat di ketiak bisa menandakan adanya kondisi medis pada kulit Anda.
Jerawat di ketiak dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi medis.

Jerawat di ketiak terkadang bisa menimbulkan rasa khawatir berlebihan. Padahal, jerawat di ketiak sebenarnya merupakan kondisi normal karena memang kulit di bawah ketiak sangatlah halus dan tipis.

Ditambah lagi, kulit di bawah ketiak "diselimuti" kelenjar keringat dan folikel rambut yang bisa tersumbat. Alhasil, jerawat di ketiak pun bisa muncul.

Jerawat di ketiak, apa saja penyebabnya?

Benjolan yang ada di kulit ketiak, tidaklah selamanya jerawat. Benjolan lain yang disebabkan berbagai macam kondisi medis, juga bisa terlihat seperti jerawat di ketiak.

Itulah sebabnya Anda disarankan untuk mengetahui berbagai penyebab jerawat di ketiak, supaya tidak ada rasa khawatir yang muncul dalam pikiran.

1. Gesekan

Kulit ketiak sangatlah rentan terhadap gesekan. Gesekan ini juga bisa menimbulkan benjolan yang terlihat seperti jerawat di ketiak.

Selain itu, gesekan juga bisa menyebabkan kulit teriritasi dan meradang, sehingga pori-pori bisa tersumbat dan jerawat muncul.

2. Luka akibat pisau cukur

Luka akibat pisau cukur juga bisa menyebabkan munculnya benjolan atau jerawat di ketiak. Sebab, sering mencukur bulu ketiak meningkatkan risiko iritasi pada kulit ketiak yang halus.

Apalagi kalau pisau cukur sudah tumpul, yang akhirnya berpotensi membawa bakteri ke kulit ketiak. Alhasil, benjolan seperti jerawat di ketiak pun muncul.

3. Rambut tumbuh ke dalam

Jerawat di ketiak
Jerawat di ketiak

Rambut tumbuh ke dalam bisa disebabkan oleh kebiasaan mencukur bulu ketiak. Rambut tumbuh ke dalam juga bisa menjadi penyebab munculnya benjolan seperti jerawat di ketiak.

Rambut tumbuh ke dalam terjadi saat folikel rambut tertekuk ke dalam kulit, sehingga menyumbat folikel rambut. Hati-hati, kondisi medis ini bisa menyebabkan infeksi jika tidak ditangani.

4. Folikulitis

Folikulitis adalah penyakit yang disebabkan oleh peradangan pada folikel rambut. Pada awalnya, folikulitis terlihat seperti benjolan merah kecil atau jerawat di ketiak. Seiring berjalannya waktu, folikulitis akan semakin parah dan menyebabkan rasa nyeri yang membutuhkan waktu lama untuk sembuh.

Dalam kasus terparahnya, folikulitis bahkan bisa menyebabkan kerontokan bulu dan luka.

5. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak adalah penyakit kulit yang ditandai dengan ruam gatal. Biasanya, dermatitis kontak dipicu oleh reaksi alergi.

Lagi-lagi, salah satu gejala yang bisa muncul adalah benjolan yang terlihat seperti jerawat di ketiak. Selain itu, gejala lain seperti pembengkakan, kulit kering, hingga ruam merah juga bisa muncul.

6. Infeksi jamur

Kulit ketiak adalah salah satu bagian kulit pada tubuh Anda yang sangat rentan terhadap infeksi jamur. Sebab, kulit ketiak seringkali lembap, sehingga infeksi jamur bisa muncul.

Gejalanya bisa berupa benjolan merah yang terlihat seperti jerawat di ketiak. Biasanya, benjolan ini berisi nanah.

7. Hidradenitis suppurativa

Jerawat di ketiak
Jerawat di ketiak

Hidradenitis suppurativa adalah penyakit kulit yang seringkali muncul di bagian kulit ketiak. Namun, bukan berarti hidradenitis suppurativa tidak bisa muncul di bagian kulit lainnya.

Gejalanya pun bisa berupa benjolan merah yang menyerupai jerawat di ketiak. Tanpa penanganan yang tepat, benjolan ini bisa masuk ke dalam kulit dan menyebabkan rasa nyeri.

8. Bisul

Dari “tampilannya”, bisul memang terlihat seperti jerawat. Jika ia muncul di bagian ketiak, tidak heran banyak orang yang menganggapnya sebagai jerawat di ketiak.

Bisul lebih cenderung muncul di bagian kulit yang lembap dan sering terkena gesekan, seperti di selangkangan dan juga ketiak.

Tanpa penanganan yang tepat, bisul bisa tumbuh menjadi besar dan lebih menyakitkan. Namun biasanya, bisul akan sembuh dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

Ingat, jangan coba memecahkan bisul sendiri, agar infeksi tidak menjadi parah.

Catatan dari SehatQ:

Jerawat di ketiak bisa menimbulkan kekhawatiran, terutama jika Anda tidak mengetahui penyebabnya.
Sebab, beberapa jerawat di ketiak sebenarnya bukanlah jerawat, melainkan benjolan yang menyerupai jerawat di ketiak, akibat beberapa kondisi medis.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk tetap menanganinya dengan serius dan tidak meremehkannya.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325585
Diakses pada 5 Mei 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/armpit-pimple#1
Diakses pada 5 Mei 2020

Artikel Terkait