Jerawat Batu Hingga Vitiligo, Ini Ruam Kulit Gejala Radang Usus Besar

(0)
18 Sep 2020|Azelia Trifiana
Gejala radang usus besar tak hanya di perut tetapi juga di kulitPenyakit kuli bisa timbul sebagai gejala radang usus besar
Kolitis ulseratif adalah kondisi radang usus besar yang ditandai dengan luka di dinding usus besar. Gejala radang usus besar tak hanya terlihat pada sistem pencernaan, tapi juga pada kondisi kulit. Umumnya, penderita radang usus besar akan mengalami ruam yang terasa sakit. Munculnya ruam kulit ini bisa terjadi karena inflamasi di dalam tubuh maupun efek samping pengobatan untuk mengatasi kolitis ulseratif. Selain pengobatan medis, mengonsumsi makanan bergizi dapat mencegah masalah kulit akibat radang usus besar.

Ruam kulit gejala radang usus besar

ruam kulit yang muncul akibat gejala radang usus besar
Penderita radang usus besar dapat mengalami ruam kulit
Beberapa masalah kulit yang menandakan gejala radang usus besar, di antaranya:

1. Erythema nodosum

Gejala radang usus besar yang berpengaruh terhadap kulit dan paling sering terjadi adalah erythema nodosum. Biasanya, bentuknya berupa benjolan kemerahan di kulit tangan dan kaki. Sekilas, erythema nodosum terlihat seperti luka gores.Pada penderita kolitis ulseratif, perempuan lebih rentan mengalami erythema nodosum dibandingkan dengan laki-laki. Ketika ruam mulai muncul, biasanya menandakan gejala radang usus besar yang kambuh. Apabila gejala mereda, erythema nodosum akan hilang dengan sendirinya.

2. Pyoderma gangrenosum

Masalah kulit kedua yang paling sering dialami penderita radang usus besar adalah pyoderma gangrenosum. Ruam kulit ini muncul dalam bentuk kumpulan luka kecil yang dapat menyebar dan menjadi luka dalam. Biasanya, pyoderma gangrenosum terlihat di tulang kering, pergelangan kaki, dan juga tangan.Penanganan pyoderma gangrenosum umumnya dengan pemberian obat kortikosteroid. Selain itu, juga diberikan obat yang mengendalikan reaksi sistem imun karena pyoderma gangrenosum dipicu masalah pada sistem kekebalan tubuh penderita kolitis ulseratif.

3. Sweet’s syndrome

Sweet’s syndrome adalah masalah kulit langka pada penderita radang usus besar, ditandai dengan lebam berwarna kemerahan atau keunguan. Perlahan, lebam ini menjadi kumpulan luka yang terasa nyeri. Biasanya, luka terlihat di wajah, leher dan ekstremitas atas.Untuk menangani Sweet’s syndrome, dokter akan memberikan pil atau suntikan kortikosteroid. Luka akibat Sweet’s syndrome ini biasanya dapat kembali terulang dan menyebabkan luka.

4. Psoriasis

Masalah autoimun psoriasis juga merupakan salah satu gejala radang usus besar. Setidaknya 5,7% penderita kolitis ulseratif juga memiliki psoriasis. Penderitanya akan mengalami penumpukan sel kulit pecah-pecah atau seperti sisik-sisik putih - perak dengan ruam merah tebal di sekelilingnya.

5. Vitiligo

Vitiligo kerap dialami penderita penyakit Crohn dan kolitis ulseratif ditandai dengan munculnya bercak putih di kulit. Ini terjadi karena sel yang bertugas untuk memproduksi pigmen kulit terganggu. Vitiligo bisa muncul di bagian tubuh manapun.

6. Leukocytoclasatic vasculitis

Dikenal juga dengan nama hypersensitivity vasculity, gejala radang usus besar ini menyebabkan pembuluh darah kecil pecah dan terakumulasi di bawah kulit. Akibatnya, akan muncul bercak berukuran kecil hingga besar berwarna keunguan (purpura). Bercak ini sering ditemukan di pergelangan kaki dan bagian kaki lainnya.

7. Jerawat

wajah jerawatan akibat radang usus besar
Timbulnya jerawat juga merupakan gejala radang usus besar
Pada beberapa orang, gejala radang usus besar juga dapat mengakibatkan jerawat batu atau cystic acne. Berbeda dengan jerawat biasa, jerawat ini terasa lebih nyeri dan biasanya diatasi dengan obat topikal seperti retinol atau benzyl peroxide.

8. Ruam

Ruam berwarna kemerahan dan terasa gatal bisa muncul di bagian tubuh manapun. Pada penderita kolitis ulseratif, ruam ini muncul sebagai respons atas pengobatan yang dikonsumsi. Apabila terasa mengganggu, konsultasikan dengan dokter untuk mencari alternatif obat lainnya.

9. Bowel-associated dermatosis-arthritis syndrome (BADAS)

Dikenal dengan nama lain blind loop syndrome, BADAS ditandai dengan benjolan kecil dan nyeri yang bisa berubah menjadi pustula dalam 1-2 hari. Biasanya, benjolan ini ditemukan di dada bagian atas atau lengan. Ketika gejala radang usus besar mereda, BADAS akan menghilang dengan sendirinya.Masalah-masalah kulit di atas merupakan salah satu gejala radang usus besar. Ketika terjadi, sebisa mungkin jaga agar luka tetap kering sehingga risiko infeksi dapat dihindari. Apabila mengganggu, minta dokter untuk meresepkan obat antibiotik atau pereda nyeri.Pengobatan kortikosteroid juga umum diberikan untuk penderita radang usus besar. Pola makan seimbang dan bergizi juga dapat membantu menghindari masalah kulit yang berkaitan dengan penyakit radang usus besar.
penyakitpenyakit kulitradang usus
Healthline. https://www.healthline.com/health/ulcerative-colitis-skin-rash#1
Diakses pada 3 September 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3273725/
Diakses pada 3 September 2020
WebMD. https://www.webmd.com/ibd-crohns-disease/ss/slideshow-skin-problems-linked-to-ibd   
Diakses pada 3 September 2020
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/hs/ulcerative-colitis-treatment-management/skin-problems/
Diakses pada 3 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait