Kombinasi Nutrisi dan Vitamin Rambut Pria untuk Cegah Kebotakan


Vitamin rambut pria berfungsi menyehatkan rambut, terutama mencegah rambut rontok dan menipis yang berujung pada kebotakan. Berikut jenis-jenis vitamin rambut untuk pria yang aman digunakan.

(0)
12 May 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Vitamin rambut pria dapat mewujudkan rambut yang sehat dan kuatRambut yang sehat dan kuat menjadi idaman banyak pria
Vitamin rambut pria yang direkomendasikan adalah produk yang mengandung vitamin A, B, C, D, E, dan nutrisi lain seperti zinc, zat besi, serta protein. Penggunaan vitamin sendiri bertujuan untuk mengatasi masalah rambut kering hingga kerontokan yang berujung pada kebotakan. 

Apa saja vitamin rambut pria?

Ada banyak jenis vitamin rambut yang beredar di pasaran. Namun, jenis vitamin rambut pria yang direkomendasikan adalah yang mengandung vitamin dan nutrisi berikut ini:

1. Vitamin A

Vitamin A dapat merangsang pertumbuhan rambut dengan mempercepat pembaruan jaringan di dalam tubuh manusia. Salah satu prinsip kerja vitamin A adalah mengaktifkan sebum (kelenjar minyak) sehingga kulit kepala akan lebih lembap dan sehat. Kondisi ini merupakan lingkungan yang baik untuk pertumbuhan rambut.Selain lewat suplemen vitamin rambut, Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, seperti wortel, ubi, dan bayam. Untuk hasil terbaik, pastikan Anda berkonsultasi tentang kebutuhan vitamin A untuk rambut Anda. Pasalnya, jika terlalu banyak dapat memperparah kebotakan.

2. Vitamin B

Biotin merupakan vitamin rambut pria yang dapat mencegah kerontokan rambut
Bila kerontokan disebabkan kekurangan vitamin B, Anda bisa mengonsumsi biotin
Vitamin B yang dimaksud sebagai vitamin rambut untuk pria adalah biotin. Penelitian mengungkap biotin dapat mencegah kerontokan rambut secara signifikan pada manusia.Meskipun demikian, pemakaian biotin hanya efektif mencegah kerontokan yang disebabkan oleh kekurangan vitamin B. Hingga kini, belum ada bukti ilmiah yang menyatakan keampuhan penggunaan vitamin rambut rontok pria ini bila mereka tidak kekurangan vitamin B.

3. Vitamin C

Fungsi vitamin C adalah antioksidan yang dapat melindungi rambut dari efek penuaan dini, salah satunya kerontokan dan penipisan rambut yang berujung pada kebotakan. Vitamin C juga dapat merangsang produksi kolagen, sehingga membuat rambut lebih kokoh serta tumbuh dengan baik.Jeruk adalah pilihan sumber vitamin C yang sangat populer. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan vitamin alami rambut pria ini dari stroberi maupun cabe.

4. Vitamin D

Vitamin rambut pria ini dapat mempercepat produksi rambut sehingga melindungi rambut dari kebotakan. Jika pria ingin memanjangkan rambut, mencukupi kebutuhan vitamin D juga disarankan.Selain mendapatkannya lewat suplemen vitamin perawatan rambut yang dijual bebas, Anda juga bisa mendapatkan vitamin ini dari paparan sinar matahari, begitu pula minyak ikan, jamur, dan makanan terfortifikasi.

5. Vitamin E

Vitamin rambut pria seperti vitamin E terkandung dalam hair serum
Pilih hair serum yang mengandung vitamin E untuk merangsang pertumbuhan rambut
Fungsi vitamin E mirip dengan vitamin C, yakni sebagai antioksidan yang mencegah terjadinya stres oksidatif pada rambut. Salah satu studi mengungkap bahwa konsumsi vitamin E selama 8 bulan berturut-turut akan mempercepat pertumbuhan rambut baru hingga 34,5 persen.Untuk merasakan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi makanan mengandung vitamin E dari biji bunga matahari, bayam, dan alpukat. Tentu saja, ada banyak produk vitamin rambut pria yang mengandung nutrisi satu ini, misalnya hair serum, dan bisa dioleskan langsung pada kulit kepala Anda.[[artikel-terkait]]

6. Zinc

Zinc memiliki peran penting dalam membantu proses pertumbuhan jaringan rambut. Selain itu, mineral ini juga berfungsi untuk menjaga kadar minyak alami rambut tetap normal.Sementara itu, menurut sebuah penelitian, kurangnya asupan sering dikaitkan dengan masalah kebotakan (alopecia). Selain dari suplemen obat, Anda bisa mendapatkan zinc dari sejumlah makanan seperti tiram, daging sapi, bayam, dan biji labu.

7. Zat besi

Mineral lainnya yang bisa menjadi penunjang vitamin rambut pria agar tebal adalah zat besi. Zat besi bagus untuk rambut karena mineral ini berperan untuk membantu sel darah merah menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk rambut.Pasokan darah pada rambut yang mencukupi akan membuat pertumbuhan rambut  bisa berjalan secara optimal. Zat besi dapat ditemukan pada makanan seperti daging merah, bayam, tiram, dan telur.

8. Protein

Protein adalah salah satu zat utama yang menyusun rambut. Itu sebabnya, Anda juga perlu mencukupi kebutuhan protein jika ingin memiliki rambut yang sehat. Anda bisa menemukan protein di sejumlah jenis makanan seperti daging sapi, ikan, susu dan produk olahannya, serta kacang almond.[[artikel-terkait]]

Tips menggunakan vitamin rambut pria

Vitamin rambut pria di atas paling efektif untuk mengatasi masalah kebotakan dan membuat rambut Anda lebih sehat ketika digunakan bersamaan. Pasalnya, belum ada penelitian yang menyatakan efektivitas vitamin rambut pria tersebut jika digunakan sendiri-sendiri dan tidak rutin.Selama menggunakan vitamin, Anda juga disarankan untuk menjaga kesehatan rambut, seperti tidak sering menggunakan pengering rambut dan tidak merokok. Jika masalah rambut Anda sulit diatur dan  ditangani dengan penggunaan vitamin rambut pria, cobalah berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mengetahui perawatan yang tepat. Anda juga bisa bertanya langsung dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Cukup dari smartphone, konsultasi medis dengan dokter terbaik bisa kapan saja dan di mana saja! Download sekarang juga di App Store dan Google Play.
kesehatan rambutvitaminkesehatan pria
WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/hair-loss/men-hair-loss-17/slideshow-men-hair-loss-treatment
Diakses pada 28 April 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hair-loss/symptoms-causes/syc-20372926
Diakses pada 28 April 2020
AAD. https://www.aad.org/public/diseases/hair-loss/treatment/tips
Diakses pada 28 April 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/best-vitamins-hair-growth
Diakses pada 28 April 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318403
Diakses pada 28 April 2020
Yakugaku Zasshi: Journal of Pharmaceutical Society of Japan. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/18311051/
Diakses pada 28 April 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait