Jenis Sayuran yang Mengandung Vitamin K Tinggi


Sejumlah sayuran yang mengandung vitamin K, seperti bayam, brokoli, kubis, hingga pakcoy, mudah didapatkan di warung atau supermarket. Vitamin K mungkin sering terlupakan, namun berperan penting bagi kinerja tubuh.

(0)
10 Mar 2021|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Sayuran yang mengandung vitamin K seperti bayam, kale, dan brokoli mudah didapatkanKale, bayam, dan brokoli merupakan sayuran yang mengandung vitamin K
Seperti vitamin lain, vitamin K juga berperan penting untuk kinerja tubuh. Vitamin K terlibat dalam mekanisme pembekuan darah, pemulihan luka, kesehatan tulang, bahkan kesehatan jantung. Beberapa jenis sayuran mengandung vitamin K bisa didapat dengan mudah dan dimasukkan dalam menu harian. Ketahui apa saja jenis sayuran yang mengandung vitamin K. 

8 Sayuran yang mengandung vitamin K

Kebutuhan vitamin K untuk orang dewasa sebanyak 1 mikrogram per kilogram berat badan setiap harinya. Banyak makanan yang mudah dicari untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin K, ini dia ragam sayur yang mengandung vitamin K:

1. Bayam

Sayur bayam mengandung vitamin K dengan kadar yang sangat mengesankan. Bayangkan saja, setiap 28 gram sayur bayam yang dimasak sudah menawarkan vitamin K dengan kadar 139,9 mikrogram. Kadar tersebut dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh hingga 117%. Tinggi sekali, bukan?

2. Kale

Sayur kale pun tak mau kalah menjadi sayuran yang mengandung vitamin K. Sangat populer di kalangan pelaku diet, setiap 28 gram sajian sayur kale menawarkan vitamin K dengan kadar 118,6 mikrogram. Kadar tersebut sudah dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh hingga 99%. 

3. Daun bit

Daun bit merupakan sayuran yang mengandung vitamin K
Daun bit mengandung vitamin K dalam kadar yang cukup tinggi
Masyarakat umumnya hanya mengonsumsi umbi atau akar dari tanaman bit. Namun ternyata, daun tanaman ini pun bernutrisi tinggi termasuk menawarkan vitamin K dalam kadar yang cukup tinggi. Setiap 28  gram daun bit yang dimasak menawarkan vitamin K dengan kadar 137,2 mikrogram – memenuhi kebutuhan harian tubuh hingga 114%.

4. Sayur brokoli

Sumber vitamin K lain yang cukup mudah didapatkan adalah sayur brokoli. Setiap 28 gram sayur brokoli yang dimasak dapat mencukupkan kebutuhan harian tubuh terhadap vitamin K hingga 33% - yakni dengan kadar sekitar 40 mikrogram.

5. Kubis

Kubis turut menjadi sayuran yang menawarkan vitamin K. Masih berkerabat dekat dengan brokoli, sajian 28 gram kubis yang dimasak mengandung vitamin K dengan kadar sekitar 30,8 mikrogram. Kadar tersebut dapat mencukupkan kebutuhan harian tubuh hingga 26%.

6. Kubis Brussel

Walau ukurannya imut-imut, kubis Brussel atau Brussel sprout juga menawarkan vitamin K dengan kadar yang mengesankan. Sajian 28 gram kubis Brussel mentah mengandung vitamin K dengan kadar 50,2 mikrogram. Kadar tersebut dapat mencukupkan kebutuhan harian tubuh hingga  42%.

7. Asparagus

Asparagus merupakan sayuran yang mengandung vitamin K
Asparagus dapat mencukupkan kebutuhan vitamin K hingga 12 persen
Asparagus turut menjadi sayuran yang mengandung vitamin K. Setiap 28 gram asparagus yang dimasak menawarkan sekitar 14,3 mikrogram. Kadar tersebut dapat mencukupkan kebutuhan harian tubuh terhadap vitamin K hingga 12%.

8. Pakcoy

Anda penggemar pakcoy? Panganan sehat ini ternyata juga menjadi sayuran yang mengandung vitamin K, lho. Setiap 28 gram sayur pakcoy yang telah dimasak menawarkan vitamin K sekitar 9,6 mikrogram. Kadar tersebut dapat mencukupkan kebutuhan harian tubuh hingga 8%.

Makanan lain yang mengandung vitamin K

Tak hanya sayuran yang menjadi makanan sumber vitamin K. Beberapa jenis makanan lain, mulai dari buah dan produk hewani juga bisa Anda variasikan sehari-hari demi mencukupkan kebutuhan tubuh terhadap vitamin ini. Makanan lain yang juga menawarkan vitamin K yaitu:
  • Hati sapi
  • Daging ayam
  • Buah plum kering
  • Buah kiwi
  • Buah alpukat
  • Parsley
  • Hati ayam
  • Kuning telur
  • Buah delima
  • Kacang kedelai

Catatan dari SehatQ

Ada berbagai sayuran yang mengandung vitamin K, sebagian mudah dicari sehingga dapat dimasukkan dalam menu harian di rumah.Apabila masih memiliki pertanyaan terkait sayuran yang mengandung vitamin K, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi nutrisi terpercaya.
makanan sehatvitamin kbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods-high-in-vitamin-k
Diakses pada 23 Februari 2021
My Food Data. https://tools.myfooddata.com/nutrient-ranking-tool/Vitamin-K-Phylloquinone/Vegetables/Highest/Household/Common/No
Diakses pada 23 Februari 2021
National Health Service. https://www.nhs.uk/conditions/vitamins-and-minerals/vitamin-k
Diakses pada 23 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait