Sayuran Hijau yang Wajib Tersaji di Meja Makan Anda


Sayuran hijau adalah sumber makanan sehat yang perlu dikonsumsi rutin. Baca selengkapnya di sini

(0)
02 Dec 2019|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Sayuran hijau sangat penting dikonsumsi setiap hariDengan segala kandungan nutrisinya, sayuran hijau wajib untuk rutin dikonsumsi
Sayuran hijau menjadi salah satu kelompok makanan yang menyehatkan. Berbagai kandungan vitamin, mineral, dan zat gizi lain membuat sayuran hijau harus menjadi menu wajib Anda tiap harinya.Tak hanya itu, banyak sayuran hijau yang menyehatkan tersebut mudah Anda temukan di Indonesia, serta diolah menjadi berbagai masakan lezat.

Aneka sayuran hijau yang harusnya rutin Anda konsumsi

Berikut ini jenis sayuran hijau yang mudah dicari, dan seharusnya rutin Anda konsumsi.

1. Sayur kale

Sayur kale dianggap sebagai salah sayuran hijau yang padat nutrisi di muka bumi. Sebab, sayuran ini memang kaya dengan vitamin, mineral, dan molekul antioksidan. Beberapa molekul antioksidan tersebut yakni lutein dan beta-karoten, yang dapat mengurangi risiko penyakit akibat radikal bebas yang berlebih.Sayur kale paling baik untuk dikonsumsi secara mentah, karena memasaknya dapat mengurangi kandungan nutrisi dalam sayur ini.

2. Sayur bayam

Sayuran hijau ini mungkin jenis sayuran yang paling terkenal di Nusantara. Tak hanya lezat, sayur bayam juga mengandung segenap nutrisi yang amat baik untuk tubuh.Salah satu nutrisi dalam sayur bayam adalah folat. Dikenal juga dengan vitamin B9, folat memainkan peran penting dalam produksi sel darah merah. Selain itu, folat juga mencegah cacat tabung saraf pada janin. Maka tak heran, sayur bayam amat disarankan dikonsumsi bagi ibu hamil.Sayur bayam mudah untuk diolah menjadi berbagai macam masakan, seperti sayur bening, dicampurkan ke sup, smoothies, dan salad.

3. Kubis

Kubis juga menjadi sayuran hijau yang sangat dikenal di Indonesia, dan masih satu keluarga dengan sayur brokoli dan sayur kale. Tak hanya segar, studi pada hewan telah menemukan bahwa sayur kubis dapat melindungi tubuh dari sel kanker, terutama kanker paru-paru dan kanker kerongkongan.

4. Pakcoy

Bagi Anda yang pencinta masakan Cina, sayur pakcoy mungkin sudah sering Anda konsumsi. Selain enak, pak coy juga menjadi sayuran hijau yang bisa sering Anda sajikan di rumah karena menyehatkan.Salah satu nutrisi yang terkandung di pakcoy adalah selenium, jenis mineral yang membantu fungsi kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid menghasilkan hormon-hormon yang berperan dalam metabolisme tubuh.Studi juga menunjukkan, kadar selenium yang rendah di tubuh berkaitan dengan beberapa masalah kesehatan, seperti hipotiroidisme (rendahnya hormon yang dihasilkan kelenjar tiroid), tiroiditis Hashimoto, dan pembengkakan tiroid.Tak hanya itu, pakcoy juga kaya dengan vitamin A, vitamin C, dan folat (vitamin B9).

5. Sayur brokoli

Sayur brokoli juga menjadi sayuran hijau yang amat populer, termasuk di Indonesia. Sayuran ini mengandung senyawa bersulfur yang disebut glucosinolate dan sulforaphane. Sulforaphane telah dibuktikan ahli dapat melindungi tubuh dari sel kanker.Tak hanya itu, rutin mengonsumsi sayur brokoli berpotensi untuk menurunkan risiko berbagai penyakit kronis lainnya, seperti gangguan jantung yang dipicu oleh tekanan oksidatif.Tak hanya mengandung senyawa bersulfur, sayur brokoli nan gurih ini juga mengandung nutrisi lain. Nutrisi dan zat gizi tersebut termasuk vitamin K, vitamin C, vitamin B9 (folat), serta mineral mangan dan kalium.

6. Asparagus

Anda mungkin sudah sering mendengar asparagus walau mungkin masih jarang menyajikannya di rumah. Padahal, sayuran ini bergizi tinggi, seperti vitamin B9 (folat), vitamin K, vitamin B2 (riboflavin), dan vitamin B1 (thiamin). Tak sampai di situ, asparagus juga ditopang oleh mineral, seperti selenium.Beberapa studi uji tabung juga menunjukkan bahwa asparagus dapat bermanfaat untuk organ hati, dengan membantu fungsi metaboliknya. Selain itu, sayuran ini juga dapat melindungi organ hati melawan keracunan.

Manfaat sayuran hijau untuk kesehatan

Secara rinci, berikut ini manfaat sayur yang akan didapatkan saat mengonsumsinya.

1. Baik untuk pencernaan

Seperti yang kita tahu, sayur merupakan sumber serat terbaik untuk tubuh. Serat merupakan komponen yang penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi serta gangguan pencernaan lainnya. Mengonsumsi makanan yang tinggi serat pun akan menurunkan risiko Anda terkena kanker usus besar.

2. Mendapatkan berat badan ideal

Sayur juga merupakan sumber makanan yang rendah lemak serta kalori. Sehingga, makanan ini baik untuk Anda yang sedang menjalani diet dan mencoba membatasi asupan kalori ke tubuh. Tentu, manfaat ini tidak bisa didapatkan jika sayur diolah dengan cara yang tidak sehat. Manfaat sayur akan tertutupi jika pengolahannya dilakukan dengan digoreng atau dibumbui dengan banyak minyak, garam, maupun bahan-bahan lain yang tinggi lemak.

3. Mencegah hipertensi

Sayuran hijau kaya akan kandungan nitrit dan nitrat, sehingga bisa melindungi Anda dari tekanan darah tinggi. Selain itu, lemak tak jenuh dari kacang-kacangan serta minyak zaitun juga dapat memberikan efek yang sama.

4. Menurunkan risiko kanker

Sayuran seperti kol, kembal kol, dan brokoli mengandung indoles dan isothiocynates. Keduanya merupakan komponen yang diyakini dapat melindungi tubuh dari kanker usus besar, kanker payudara, kanker kulit, dan beberapa jenis kanker lainnya. Brokoli yang masih berbentuk tunas juga memiliki kandungan sulforaphane lebih tinggi dibandingkan dengan brokoli yang sudah besar. Komponen ini diketahui memiliki kemampuan dalam melindungi tubuh dari kanker.

5. Membuat kulit jadi sehat

Sudah bukan rahasia jika sayur bisa membuat kulit menjadi lebih sehat dan terlihat lebih kencang, cerah, dan berkilau. Manfaat ini didapatkan dari kandungan sayur yang memang baik untuk kulit, seperti:
  • Vitamin C pada sayuran berwarna oranye dan hijau yang baik untuk memicu produksi kolagen sehingga kulit terlihat tetap kenyal dan kencang
  • Likopen pada sayuran berwarna merah yang bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari
  • Antioksidan pada sayuran berwarna biru atau ungu seperti terong dan kol ungu, untuk bisa melindungi kulit dari paparan radikal bebas

Catatan dari SehatQ

Setelah mengetahui lebih jauh tentang manfaat sayur, Anda sebaiknya jangan lagi malas untuk mengonsumsi makanan sehat ini. Pastikan jumlahnya menutupi setidaknya setengah piring makan Anda.Tak diragukan lagi, sayuran hijau memang memiliki nutrisi dan zat gizi tinggi yang amat bermanfaat untuk tubuh. Tak hanya itu, sayuran hijau cenderung sangat mudah untuk diolah, bahkan beberapa di antaranya bisa langsung Anda konsumsi tanpa dimasak.Jadi, tak ada alasan lagi bagi Anda untuk malas mengonsumsi sayuran hijau.
makanan sehatnutrisibuah dan sayuranzat gizi
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/14-healthiest-vegetables-on-earth
Diakses pada 2 Desember 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/leafy-green-vegetables
Diakses pada 2 Desember 2019
Web MD. https://www.webmd.com/food-recipes/ss/slideshow-know-your-leafy-greens
Diakses pada 2 Desember 2019
Havard School of Public Health. https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/what-should-you-eat/vegetables-and-fruits/
Diakses pada 4 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait