Jenis Salep Wasir atau Ambeien yang Ampuh Redakan Gejala

(0)
25 Jun 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada banyak jenis salep wasir yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhanPilih salep wasir berdasarkan kandungan bahan aktifnya, seperti hidrokortison dan lidocaine
Ada banyak jenis salep wasir yang tersedia di apotek, seperti salep hidrokortison, salep phenylepherine, hingga petroleum jelly yang juga bisa bantu redakan penyakit yang sering disebut sebagai ambeien ini. Namun, tidak semua salep tersebut bisa dibeli dengan bebas. Beberapa di antaranya tetap memerlukan resep dokter. Salep untuk mengatasi ambeien ini tersedia dalam berbagai merek, namun sebenarnya isi atau bahan aktif dari salep tersebut lah yang paling penting Anda kenali. Berikut ini beberapa jenisnya berdasarkan bahan aktif yang terkandung di dalamnya.

Jenis salep wasir

Salep wasir efektif untuk redakan gejala
Salep wasir terdiri dari berbagai jenis
Salep wasir biasanya mengandung bahan aktif yang akan berperan sebagai senjata utama untuk meredakan wasir atau ambeien yang tumbuh di anus. Berikut ini beberapa jenisnya.

1. Salep phenylephrine

Salep wasir yang mengandung phenylephrine dapat membantu meredakan gejala dengan cara mengecilkan pembuluh darah yang ada di anus. Sebab, pembesaran pembuluh darah memang merupakan salah satu penyebab munculnya benjolan tersebut.Saat pembuluh darah mengecil, maka bejolan yang ada di anus pun akan turut berkurang. Salep dengan bahan ini juga mampu mengurangi rasa gatal, panas, dan iritasi yang muncul di sekitar anus saat seseorang mengalami ambeien.

2. Salep hydrocortisone

Anda juga dapat menggunakan salep hydrocortisone untuk meredakan gejala wasir. Bahan yang termasuk ke dalam golongan obat kortikosteroid ini bisa mengurangi pembengkakan, gatal, nyeri, dan iritasi di area anus dan sekitaranya.Setelah mengoleskan salep ini, jangan tutup area wasir dengan perban atau celana yang terlalu ketat. Sebab, menutupnya dengan celana ketat maupun perban dapat meningkatkan risiko terjadinya efek samping. Segera hubungi dokter apabila setelah menggunakannya Anda merasakan beberapa kondisi di bawah ini.
  • Gatal dan panas di area anus
  • Infeksi
  • Benjolan baru yang kemerahan dan berisi cairan
  • Wasir tidak kunjung sembuh

3. Salep campuran lidocaine dan hydrocortisone

Salep wasir yang berisi campuran kedua bahan ini bisa digunakan untuk mengatasi nyeri, gatal, bengkak, dan tidak nyaman di area anus.Lidocaine yang ada didalamnya dapat bertindak sebagai bahan anestesi yang akan membuat area wasir kebas, sehingga Anda tidak merasa sakit saat duduk atau buang air besar. Sementara itu hydrocortisone di dalamnya akan bantu meredakan rasa gatal, bengkak, dan kemerahan.

4. Salep campuran phenylephrine dan pramoxine

Kandungan phenylephrine akan membantu meredakan pembengkakan. Sementara itu, pramoxine akan berperan dalam mengurangi gatal dan nyeri di anus. Biasanya, salep wasir yang terdiri dari kedua bahan ini juga akan dicampur dengan cocoa butter atau minyak lainnya untuk mengurangi rasa sakit saat buang air besar.

5. Petroleum jelly

Terakhir, Anda juga bisa menggunakan petroleum jelly sebagai salep wasir. Bahan ini dinilai efektif untuk mengurangi rasa sakit di anus saat Anda buang air besar.Sebelum mencoba berbagai salep wasir di atas, pastikan bahwa Anda tidak memiliki alergi terhadap bahan-bahan tersebut. Ingatlah untuk selalu menggunakan salep wasir sesuai anjuran yang tertera di kemasan, tidak lebih, tidak kurang, dan dengan cara yang tepat.Menggunakan salep secara sembarangan dan lebih sering atau lebih banyak dari ketentuan tidak akan mempercepat kesembuhan, dan justru akan meningkatkan risiko Anda mengalami efek samping obat.

Selain salep wasir, obat alami ini juga bisa digunakan

Lidah buaya bisa bantu obati wasir
Gel lidah buaya dianggap mampu obati wasir
Selain salep wasir, ada beberapa obat dan cara perawatan lain yang bisa Anda coba untuk menghilangkan gejala penyakit ini, seperti:

1. Gel lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi yang berguna untuk redakan iritasi di kulit, termasuk kulit di sekitar anus penderita ambeien. Meski belum banyak penelitian yang bisa memastikan manfaat bahan ini, tapi lidah buaya dinilai aman untuk dioleskan ke anus.Hanya saja, jangan pilih sembarang gel yang mengandung lidah buaya. Pastikan Anda memilih gel yang berasal dari lidah buaya alami dan tidak mengandung tambahan bahan-bahan lain yang berpotensi menimbulkan gangguan di kulit.

2. Kompres dingin

Mengompres area anus dengan kompres dingin selama 15 menit bisa membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri, terutama jika wasir yang diderita ukurannya cukup besar. Untuk membuat kompres ini, Anda cukup membungkus es batu dengan kain atau beberapa lembar tisu.

3. Banyak makan sayur dan buah

Meski terdengar sebagai saran yang “basi”, banyak makan sayur dan buah benar-benar bisa meredakan sekaligus mencegah wasir dengan efektif. Kandungan serat yang ada di dalam makanan-makanan tersebut dapat membuat Anda terhindar dari konstipasi yang memperparah wasir.Serat akan membantu melunakkan tinja, sehingga rasa sakit saat buang air besar akan berkurang. Selain itu, anus pun tidak perlu bekerja terlalu keras sehingga nyeri tidak berkembang semakin parah.Jika Anda sudah mulai merasakan gejala wasir atau ambeien seperti sakit saat buang air besar dan tidak nyaman saat duduk, langkah paling baik tentu adalah untuk segera memeriksakannya ke dokter.Namun jika ingin mencoba menyembuhkan sendiri terlebih dahulu, pastikan bahwa Anda menggunakan salep wasir yang memang aman untuk dibeli secara bebas.
nyeri anuswasirhemorrhoidanus gatal
WebMD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-61110/hemorrhoidal-cream-rectal/details
Diakses pada 11 Juni 2020
WebMD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-74964/lidocaine-hydrocortisone-rectal/details#:~:text=Uses,by%20temporarily%20numbing%20the%20area.
Diakses pada 11 Juni 2020
Drugs. https://www.drugs.com/mtm/hemorrhoidal-rectal.html
Diakses pada 11 Juni 2020
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/drugs/21008-hydrocortisone-rectal-cream
Diakses pada 11 Juni 2020
WebMD. https://www.webmd.com/digestive-disorders/understanding-hemorrhoids-treatment-medref#1
Diakses pada 11 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-hemorrhoids#TOC_TITLE_HDR_1
Diakses pada 11 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait