3 Jenis Pisang untuk Bayi yang Bisa Anda Pilih Saat Berbelanja

Jenis pisang untuk bayi yang bermanfaat bagi kesehatan antara lain pisang mas.
Anda bisa menjumpai beberapa jenis pisang untuk bayi di pasar maupun supermarket.

Ada beberapa jenis sayur dan buah yang dapat dikonsumsi bayi ketika si kecil memasuki usia 6 bulan. Satu di antaranya adalah pisang. Namun, Anda harus mengetahui jenis pisang untuk bayi ini.

Sebab, tidak semua pisang dapat dikonsumsi oleh bayi. Pilihlah jenis pisang dengan tekstur yang lembut. Dengan demikian, Si Kecil mudah melahap dan mencernanya. Ini dia jenis-jenis pisang yang direkomendasikan untuk bayi.

3 jenis pisang untuk bayi

Pisang merupakan buah dengan begitu banyak nutrisi dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan antioksidan flavonoid, kalium, zat besi, vitamin B6, vitamin C, magnesium serta serat dalam pisang dapat melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan kulit dan mata, menjaga fungsi organ dalam seperti lambung, hingga mencegah terjadinya risiko kanker, stroke dan penyakit jantung.

Untuk bayi, nutrisi dalam pisang tak hanya membantu setiap organ dan sistem dalam tubuh Si Kecil berfungsi normal, tapi juga berperan sebagai sumber elektrolit alami bagi tubuh, hingga melancarkan pencernaan Si Kecil.

Ada pisang ambon, pisang mas, dan pisang susu merah yang bisa menjadi pilihan untuk anak Anda.

1. Pisang ambon

Jenis pisang untuk bayi yang pertama yaitu pisang Ambon. Tekstur pisang ambon yang lembut, mudah dikonsumsi dan dicerna oleh bayi.

Selain dihaluskan menjadi bubur, Anda pun dapat memberikan potongan kecil pisang ambon pada Si Kecil untuk dikonsumsi secara langsung.

Kandungan kalium di dalam pisang ini bermanfaat untuk proses metabolisme Si Kecil. Selain itu, kandungan kalorinya yang tinggi juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Tak hanya itu, pisang ambon juga mengandung vitamin A yang berfungsi menjaga kesehatan mata.

2. Pisang mas

Pisang mas yang kaya kalium dan prebiotik, sangat bermanfaat untuk kesehatan usus dan melancarkan pencernaan karena mengandung probiotik. Si Kecil. Pisang yang banyak ditemukan di kawasan tropis dan sub-tropis ini juga memiliki tekstur lembut, sehingga mudah dikunyah dan dicerna bayi.

3. Pisang susu merah

Pisang susu merah merupakan jenis pisang untuk bayi yang juga memiliki tekstur lembut dan mudah dikunyah serta dicerna.

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam pisang susu merah berperan menjaga kesehatan kulit serta meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil.

Lalu, bagaimana cara mengolah pisang untuk bayi?

Pisang merupakan salah satu buah yang sering dijadikan makanan pendamping ASI terbaik. Beberapa jenis pisang untuk bayi di antaranya seperti pisang ambon, pisang susu merah, dan pisang mas, memiliki tekstur lembut yang mudah dikunyah dan dicerna bayi.

Karena teksturnya inilah, Anda dapat memberikan potongan pisang tersebut kepada Si Kecil secara langsung. Selain dikonsumsi secara langsung, Anda juga dapat mengolah jenis pisang untuk bayi ini menjadi bubur pisang maupun diolah bersama makanan lainnya. Caranya seperti berikut ini:

Cara membuat bubur pisang:

  • Kupas dan potong pisang dalam potongan kecil.
  • Haluskan menggunakan garpu atau blender.
  • Tuangkan di dalam wadah kecil seperti mangkuk.
  • Tambahkan ASI atau susu formula.
  • Bubur pisang siap disajikan.

Selain dicampur bersama ASI dan susu formula, Anda juga dapat mencampurkan bubur pisang bersama bahan makanan sehat lainnya seperti yogurt dan potongan buah jeruk.

Sayur dan buah lain untuk bayi selain pisang

Selain pisang, jeruk juga direkomendasikan untuk bayi.

Tak hanya pisang yang dikenal bermanfaat untuk Si Kecil. Neberapa olahan sayur dan buah yang juga direkomendasikan untuk dikonsumsi bayi sejak dini antara lain jeruk, apel, kentang, tomat, wortel, alpukat, brokoli, dan ubi.

Kendati demikian, teksturnya yang tidak terlalu lembut, membuat deretan makanan sehat untuk bayi tersebut harus diproses dan dihaluskan terlebih dahulu sebelum Anda memberikannya pada Si Kecil.

Healthline.
https://www.healthline.com/health/food-nutrition/benefits-of-bananas#1
Diakses pada 3 Maret 2020

Moms Junction.
https://www.momjunction.com/articles/yummy-fruit-purees-baby_0085485/#gref
Diakses pada 3 Maret 2020

Science Direct.
https://www.sciencedirect.com/topics/agricultural-and-biological-sciences/musa-acuminata
Diakses pada 3 Maret 2020

Specialty Produce.
https://www.specialtyproduce.com/produce/Lady_Finger_Bananas_14422.php
Diakses pada 3 Maret 2020

Baby Centre.
https://www.babycentre.co.uk/a25010527/first-foods-fruit-vs-vegetables
Diakses pada 3 Maret 2020

Healthline.
https://www.healthline.com/nutrition/red-bananas
Diakses pada 3 Maret 2020

Artikel Terkait