logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Sex & Relationship

Jenis Selingkuh Nonfisik yang Bisa Terjadi pada Pria dan Wanita

open-summary

Jenis selingkuh nonfisik sering terjadi di media sosial hingga kedekatan dengan lawan jenis. Hal ini kadang membuat orang menyembunyikan status finansialnya.


close-summary

5

(1)

7 Feb 2022

| Ade Irawan

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Jenis selingkuh nonfisik

Perselingkuhan tak hanya bersifat fisik tapi juga emosional

Table of Content

  • Menakar arti perselingkuhan nonfisik
  • Jenis Selingkuh Nonfisik
  • Risiko perselingkuhan nonfisik
  • Catatan dari SehatQ

Selingkuh bisa terjadi dengan banyak cara. Seseorang tidak hanya harus rutin bertemu, bersentuhan secara fisik, atau berhubungan seks. Selingkuh nonfisik juga bisa terjadi baik disadari maupun tidak. 

Advertisement

Kondisi ini didukung dengan mudahnya seseorang menjalin komunikasi melalui internet. Seseorang bisa saja berhubungan dengan lawan jenis lewat media sosial, aplikasi berkirim pesan, hingga email yang biasanya digunakan sebagai jalur profesional.

Nah, seperti apa jenis-jenis selingkuh nonfisik yang mungkin bisa terjadi? Simak penjelasannya di bawah ini!

Menakar arti perselingkuhan nonfisik

Apa yang dianggap berselingkuh bagi satu orang mungkin tidak untuk lainnya. Mungkin Anda menganggap interaksi di internet dengan lawan jenis tidak dianggap selingkuh. Namun, coba tanya pasangan Anda mengenai hal-hal yang dilakukan tersebut.

Satu yang pasti, perselingkuhan adalah mengkhianati kepercayaan dari pasangan. Ada banyak pemicunya, bahkan tak jarang menuding pasangan yang bersalah sehingga menyebabkan seseorang mendua.

Tidak ada yang bisa memprediksi jalannya sebuah hubungan ke depannya. Dari sinilah sebaiknya pasangan menyepakati sejauh mana koneksi sosial dengan orang lain dapat dikatakan sebagai perselingkuhan. Tujuannya untuk menyamakan persepsi mengenai batasan yang tidak boleh ditembus.

Jenis Selingkuh Nonfisik

Ada banyak hal yang mungkin terjadi dengan perselingkuhan tanpa adanya kontak fisik ini. Berikut jenis-jenis selingkuh nonfisik yang bisa muncul tanpa disadari:

1. Terlalu dekat dengan lawan jenis

Setiap orang sebaiknya memiliki banyak teman lawan jenis. Ada banyak manfaat punya teman lawan jenis yang bisa didapatkan. Namun, tetap batasi interaksi dengan mereka.

Terlalu dekat dengan lawan jenis biarpun hanya dalam konteks mengobrol tentu bisa berpotensi menjadi selingkuh nonfisik. Perhatikan jika pasangan Anda mulai meningkatkan durasi ngobrol bahkan pada waktu-waktu yang tidak wajar.

2. Curhat ke orang lain

Pasangan, khususnya mereka yang sudah menikah, seharusnya menjadi tempat untuk mencurahkan segala hal. Akan muncul banyak pertanyaan saat Anda atau pasangan malah curhat dengan orang lain.

Terlebih lagi, curhat ini dibumbui oleh mengumbar kejelekan dan keburukan pasangan. Sebagai pasangan, Anda seharusnya hanya membuka sesuatu yang baik tentang hubungan yang dijalani.

3. Menggoda lawan jenis

Ada jenis selingkuh nonfisik lain yang sebenarnya banyak dilakukan. Banyak orang yang tanpa disadari sering menggoda lawan jenis.

Menggoda ini mungkin saja dalam maksud bercanda. Biasanya dilakukan untuk membuat suasana menjadi lebih cair dan nyaman. Sayangnya, menggoda ini bisa terbilang selingkuh nonfisik juga.

4. Memikirkan orang lain

Jenis selingkuh nonfisik juga termasuk memikirkan orang lain. Tidak perlu jauh-jauh, Anda memikirkan kembali mantan di masa lalu juga sudah termasuk selingkuh, loh.

Memikirkan orang selain pasangan juga menjadi pintu awal terjadi perselingkuhan fisik. Kadang, hal ini sulit dihindari saat pemikiran dan perasaan ini ternyata berbalas.

5. Menutupi aktivitas di media sosial

Secara umum, media sosial merupakan platform untuk membagikan segala macam hal ke orang yang bahkan sama sekali tidak Anda kenal. Hal ini bisa menjadi selingkuh nonfisik saat Anda malah menyembunyikannya ke pasangan.

Mengunci aktivitas di media sosial untuk pasangan sebenarnya masalah yang sepele. Namun, bisa menjadi besar karena bisa memunculkan rasa curiga dari pasangan. Selain itu, media sosial juga jadi platform tempat perselingkuhan itu sering terjadi.

6. Terobsesi dengan orang lain

Contoh selingkuh yang kerap terjadi, tapi jarang disadari adalah terobsesi dengan orang lain. Biasanya, obsesi ini muncul pada orang terkenal, artis, atau mereka yang memiliki jabatan tertentu. Beberapa orang menganggap wajar hal ini sampai mereka benar-benar melupakan pasangannya.

Terobsesi kepada orang lain kadang menimbulkan pikiran pendek. Tidak jarang seseorang mau melakukan apa pun demi bisa dekat orang tersebut. Bisa-bisa, selingkuh nonfisik ini berubah menjadi perselingkuhan fisik.

7. Menutupi keuangan kepada pasangan

Apabila melihat dari makna dasar kata selingkuh sendiri, Anda akan menemukan arti “menyembunyikan sesuatu untuk diri sendiri”. Dengan kata lain, selingkuh pun bukan hanya soal perasaan terhadap lawan jenis. Tidak terbuka kepada pasangan dalam urusan finansial juga termasuk jenis selingkuh nonfisik.

Uang bisa membuat seseorang menjadi buta hingga melakukan hal-hal yang bisa menjurus ke perselingkuhan. Karena itu, coba bicarakan masalah keuangan dengan pasangan, mulai dari sumber pemasukan hingga pengeluarannya.

Baca juga: Tanda-tanda Pasangan Melakukan Selingkuh Hati

Risiko perselingkuhan nonfisik

Bahaya selingkuh hati yang tidak disadari kerap membuat terlena. Menjalani hubungan yang terlarang bisa saja justru membuat seseorang tertantang. Apa pun level selingkuh yang dilakukan, tetap saja berarti mengkhianati kepercayaan orang lain.

Saat berkhianat, pasti perhatian dan fokus seseorang tak akan lagi tercurah pada pasangannya. Ada hal baru yang menyita perhatiannya dan tanpa sadar membuatnya abai kepada pasangan resmi.

Tak hanya itu, lapisan demi lapisan kebohongan harus tetap dirancang demi melanggengkan perselingkuhan. Akan menjadi mudah mengemukakan beragam alasan demi tak pulang ke rumah atau pergi ke tempat lain bersama selingkuhan.

Bagaikan bola salju, satu kebohongan kecil akan terus merambat ke dusta demi dusta lainnya. Pada open relationship sekalipun, kemungkinan ada kebohongan saat berselingkuh tetap ada.

Baca juga: Cara Mengatasi Pasangan Ketahuan Selingkuh

Catatan dari SehatQ

Ketahui betul risiko berselingkuh sebelum memilih opsi ini. Terlalu banyak hal yang terancam rusak apabila mulai berkhianat. Jika memang belum siap menjalani komitmen dengan pasangan, single pun tetap bisa menjadi jomblo bahagia.

Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar dampak perselingkuhan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

sekshubungan seksual

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved