logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

14 Permainan Anak Perempuan yang Sayang untuk Dilewatkan

open-summary

Permainan anak perempuan tak hanya menyenangkan, tetapi juga dapat menunjang perkembangannya. Cobalah membuat kerajinan, membangun istana pasir, bermain peran, atau lompat tali.


close-summary

4.13

(8)

25 Mei 2022

| Dina Rahmawati

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Permainan anak perempuan seperti masak-masakan akan menyenangkan

Masak-masakan merupakan salah satu jenis permainan anak perempuan yang populer

Table of Content

  • 14 permainan anak perempuan yang menyenangkan
  • Manfaat bermain untuk anak

Ada berbagai jenis permainan anak perempuan yang tak hanya menyenangkan, tetapi juga dapat menumbuhkan keterampilan baru. Keterampilan tersebut bisa mereka dapatkan melalui jenis permainan yang tepat.

Advertisement

Umumnya, Anda mungkin hanya mengenal permainan anak perempuan memasak. Padahal terdapat berbagai jenis permainan untuk anak perempuan lainnya yang dapat Anda lakukan bersama si kecil.

14 permainan anak perempuan yang menyenangkan

Berikut adalah jenis permainan anak perempuan yang dapat dicoba:

1. Bermain hula hoop

Anak perempuan dapat bermain hula hoop di luar ataupun di dalam rumah.

Dalam permainan ini, biasanya anak akan menghitung berapa banyak putaran yang dapat dilakukannya atau berapa lama bulatan tersebut berputar di pinggulnya tanpa terjatuh.

Biarkan hula hoop tersebut berputar selama yang anak bisa. Bermain hula hoop tak hanya menyenangkan, namun juga dapat melatih kelenturan tubuh anak.

2. Permainan menari

Menari dengan musik merupakan permainan yang dapat dilakukan oleh anak perempuan. Dalam permainan ini, anak bebas menari sesuai keinginannya ketika musik berdendang. Namun, anak harus berhenti menari ketika musik berhenti.

Lakukanlah berulang kali selama yang si kecil mau. Permainan ini dapat melatih keterampilan mereka dalam membangun kepercayaan diri.

3. Membuat karya seni atau kerajinan

anak perempuan mewarnai
Anak perempuan menggambar dan mewarnai

Anak perempuan biasanya suka membuat karya seni atau kerajinan. Anda dapat mendorong mereka untuk belajar menggambar, melukis, menganyam, menyulam, finger painting, dan lainnya. Berbagai permainan ini bisa mendorong kreativitas anak dan mengeksplorasi imajinasinya.

4. Membangun istana pasir

Membuat istana pasir merupakan salah satu permainan untuk anak perempuan yang menyenangkan. Untuk membangun istana pasir, anak memerlukan sekop, ember, dan beberapa cetakan plastik.

Biarkan anak menggali dan membangun istana pasir sesuka hatinya. Selain istana pasir, mereka juga dapat bermain pasir dengan menjadikannya berbagai bentuk.

5. Bermain boneka

Bermain boneka umumnya merupakan permainan anak perempuan. Ketika bermain boneka, anak dapat memainkan peran sesuai yang mereka inginkan, seperti menjadi seorang putri yang mengadakan pesta teh atau menjadi dokter yang memeriksa pasien.

Melakukan permainan anak perempuan ini dapat memicu mereka menggunakan imajinasinya untuk membuat cerita dan menciptakan karakter lain.

6. Masak-masakan

Masak-masakan sering kali menjadi jenis permainan anak perempuan terfavorit. Dalam melakukan permainan ini, anak biasanya akan berpura-pura mengambil pesanan, memasak, dan menyajikan makanan tersebut. 

Mainan masak-masakan anak perempuan umumnya dijual dalam satu set. Biarkan mereka memilih mainan yang disukainya.

Permainan ini bisa menumbuhkan keinginan dalam diri anak untuk membantu Anda memasak. Anda dapat memberikan tugas-tugas yang mudah, seperti membantu menambahkan garam yang telah ditakar ke dalam masakan atau mencuci sayur dan buah.

7. Bermain peran

anak bermain peran
Anak bermain peran menjadi dokter-dokteran

Bukan hanya permainan anak perempuan memasak, bermain peran juga tak kalah menyenangkan.

Anak perempuan umumnya mengidolakan tokoh seorang putri, seperti Putri Elsa di film Frozen. Nah, mereka bisa bermain peran menjadi karakter yang favoritnya. Anda dapat menyiapkan dress dan mainan mahkota untuk anak kenakan. 

Selain itu, anak juga bisa bermain peran menjadi profesi tertentu, misalnya dokter. Berikan anak stetoskop dan suntikan mainan. 

Permainan anak perempuan berdandan ini dapat mengembangkan kreativitas maupun imajinasi anak, dan membuatnya lebih mengekspresikan diri.

8. Rumah-rumahan

Permainan anak-anak perempuan yang satu ini biasanya dilakukan bersama teman atau boneka koleksinya. 

Ketika bermain rumah-rumahan, anak akan meniru apa yang dilakukan ibunya. Misalnya, berpura-pura memasak, mengurus anak, merapikan pakaian, atau membersihkan rumah.

Teman atau boneka biasanya memiliki peran tertentu dalam rumah tangga, entah sebagai kakak, adik, atau anak. Si Kecil pun akan menjalin komunikasi dengan mereka. 

Permainan ini dapat mengembangkan keterampilan sosial anak Anda.

9. Susun balok

Bukan hanya mainan masak-masakan anak perempuan, mereka juga bisa mencoba bermain susun balok. 

Anak dapat menyusun balok menjadi apa yang diinginkan dan berusaha menjaga agar balok yang disusun tidak roboh. Hal ini bermanfaat untuk mengasah kreativitas mereka.

Selain itu, bermain susun balok dapat melatih kemampuan anak dalam memecahkan masalah, serta meningkatkan koordinasi tangan dan mata.

10. Lompat tali

Salah satu permainan yang seru untuk anak perempuan, yaitu lompat tali. Permainan lompat tali memungkinkan seluruh tubuh anak bergerak sehingga mendorong perkembangan motoriknya.

Karena lompat tali umumnya dilakukan oleh beberapa anak, maka permainan ini juga membantu mengasah kemampuan mereka dalam bergaul dengan teman sebayanya.

Anak bisa melakukan lompat tali di halaman rumah atau lapangan.

11. Plastisin atau play dough

anak bermain play dough
Anak-anak bermain plastisin atau play dough

Plastisin atau play dough umumnya termasuk ke dalam macam-macam mainan anak perempuan. Si kecil dapat membentuk plastisin sesuka hatinya, seperti es krim, binatang, bunga, dan lainnya. 

Mainan anak ini juga dapat melatih kemampuan anak dalam menggenggam, menekan, maupun memilin. Play dough juga bisa digunakan sebagai salah satu mainan masak-masakan anak perempuan.

12. Petak umpet

Selanjutnya, permainan yang disukai anak perempuan adalah petak umpet. Permainan menyenangkan ini biasanya dilakukan oleh sekelompok anak, baik di dalam ataupun luar rumah.

Dalam permainan petak umpet, anak yang berjaga harus menutup matanya dan berhitung dengan keras, sedangkan anak lain bersembunyi. 

Ketika selesai berhitung, penjaga harus mencari anak-anak yang bersembunyi.

13. Bermain kartu

Tak hanya anak laki-laki, bermain kartu juga dapat dilakukan anak perempuan. Mereka bisa memainkan kartu gambar, kartu kuartet, kartu uno, atau jenis kartu lainnya.

Permainan ini dapat membantu mengasah pikiran anak karena harus mencari taktik agar bisa menang. Selain itu, bermain kartu dapat menciptakan perasaan senang dalam diri anak.

14. Balon gelembung

Permainan anak perempuan lainnya yang tak kalah menyenangkan adalah balon gelembung. Anak bahkan bisa membuatnya sendiri di rumah. Cukup campurkan air dan sabun cuci piring, kemudian aduk perlahan hingga berbusa.

Lalu, bentuk sedotan menjadi alat untuk meniup gelembung dan masukkan ke dalam campuran tersebut. Anak hanya perlu meniup sedotan untuk membuat gelembung yang besar.

Baca Juga

  • Perlukah Tes IQ Anak? Ketahui Manfaatnya
  • Mainan Lego Ternyata Memiliki Segudang Manfaat bagi Anak
  • Memahami Kecerdasan Kinestetik dan Karakteristiknya pada Anak

Manfaat bermain untuk anak

Meski banyak permainan anak perempuan yang bermanfaat, ada sebagian kecil orangtua yang melarang anaknya untuk bermain. 

Padahal bermain dapat memberi banyak manfaat dan keterampilan baru bagi anak selama dilakukan dengan aman dan tahu batasan waktu. Beberapa manfaat bermain untuk anak, di antaranya:

  • Membangun imajinasi

Banyak permainan yang dapat memacu imajinasi anak dan mendorong keterampilan mereka dalam berkreativitas. 

Permainan imajinatif dapat memberi anak ruang untuk menafsirkan apa yang terjadi sehari-hari dan melatih dirinya untuk menaati perilaku sosial.

  • Mendorong keterampilan sosial

Bermain dapat mendorong keterampilan sosial anak dengan melakukan interaksi, bekerja sama, berbagi, dan bernegosiasi. 

Hal ini tentu baik untuk anak, Anda pun dapat melihat berbagai keterampilan sosial yang dipelajarinya.

  • Baik untuk fisik dan psikis

Bermain dapat membantu anak mengatasi stres dan kecemasan. Tanpa waktu yang cukup untuk bermain aktif, anak dapat menjadi pemarah, kaku, dan punya risiko terkena obesitas.

Oleh sebab itu, ajaklah anak melakukan permainan aktif daripada menyuruhnya bermain gadget atau menonton tv.

  • Mendorong perkembangan kognitif

Bermain membantu otak anak berkembang secara positif dengan memperkuat dan meningkatkan koneksi saraf di otak. Koneksi tersebut merupakan jalur di otak yang anak gunakan untuk berpikir.

Tak hanya itu, bermain juga membantu membangun dan memperkuat korteks prefrontal otak. Area ini mempengaruhi cara seorang anak belajar, memecahkan masalah, dan memperoleh pengetahuannya tentang lingkungan sekitar.

  • Membantu mengatasi emosi

Jauh sebelum anak dapat mengekspresikan perasaannya melalui kata-kata, mereka dapat mengekspresikannya melalui permainan. Selama bermain, anak mungkin menunjukkan emosinya.

Tugas Anda sebagai orangtua tentu meresponsnya dengan tepat, serta cobalah membuat anak tertawa untuk meredakan ketegangan.

Ketika bermain, biarkan anak menentukan apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya, selama masih berada dalam batasan yang aman. Ini dapat membantu anak menunjukkan pada Anda apa yang disukainya.

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang orangtuanya ikut bermain bersama mereka cenderung lebih bahagia, serta kecil kemungkinan untuk mengalami depresi dan kecemasan. Oleh sebab itu, tak ada salahnya untuk bermain dengan anak.

Akan tetapi, sebaiknya Anda hanya melakukanya jika anak meminta atau mengizinkan Anda untuk bermain bersamanya. Tunjukkan pula perhatian Anda agar ikatan bersama anak semakin intim dan membangun kepercayaan yang kuat.

Sementara itu, jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan anak, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

tips mendidik anakperkembangan anakmainan anak

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved