Jenis Perawatan Gigi Tonggos yang Efektif agar Gigi Kembali Rapi

Gigi tonggis bisa dirawat dengan kawat gigi cekat maupun lepasan
Gigi tonggos bisa dirawat dengan kawat gigi

Memiliki gigi tonggos atau gigi yang terlihat maju seringkali membuat banyak orang tidak percaya diri. Jika Anda salah satunya, janganlah terlalu khawatir karena kondisi ini masih sangat mungkin untuk diperbaiki.

Perawatan gigi tonggos hanya bisa dilakukan melalui perawatan oleh dokter gigi. Jadi, jika Anda menemukan janji-janji surga yang menyebutkan bahwa gigi tonggos bisa diperbaiki secara alami, sebaiknya jangan langsung memercayainya.

Semakin cepat gigi tonggos diperbaiki, maka hasilnya pun semakin baik. Sebab, selain menimbulkan masalah estetika, gigi tonggos juga bisa mengganggu gigitan normal rongga mulut, sehingga berisiko menimbulkan sariawan di bibir, hingga membuat rahang terasa nyeri.

Penyebab gigi tonggos

Kebiasaan menghisap jempol bisa menyebabkan gigi tumbuh tonggos
Kebiasaan menghisap jempol bisa picu gigi tonggos

Biasanya, seseorang disebut memiliki gigi tonggos apabila gigi-gigi depan yang tertanam di rahang atas, letaknya jauh lebih maju dibandingkan yang ada di rahang bawah. Secara medis, kondisi ini masuk sebagai salah satu jenis maloklusi atau kelainan gigitan.

Normalnya, gigi atas memang berada sedikit lebih maju dibanding gigi bawah. Selisih jarak tersebut dinamakan overjet, yang merupakan jarak horizontal antara ujung gigi atas dan ujung gigi bawah. Overjet yang normal adalah 2-4 mm.

Sementara itu pada gigi tonggos, overjet umumnya bisa lebih dari 5mm. Sehingga gigi atas terlihat jauh lebih maju dibandingkan gigi di rahang bawah.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang memiliki overjet yang berlebihan sehingga terlihat tonggos, seperti:

1. Sering mengisap jempol

Kebiasaan mengisap jempol terutama berlanjut hingga usia 5-6 tahun saat gigi permanen mulai muncul, akan memicu gigi menjadi tonggos. Sebab, tekanan yang dihasilkan otot pipi saat mengisap, akan mendorong rahang dan gigi maju ke depan.

2. Terlalu lama ngedot saat anak-anak

Mekanisme mengisap yang sama juga membuat kebiasaan minum dari dot bayi bisa memicu gigi menjadi tonggos. Bahkan risiko gigi tonggos yang disebabkan oleh dot bayi lebih tinggi, jika dibandingkan dengan kebiasaan mengisap jempol.

Selain itu, kebiasaan minum susu atau minuman manis dari botol sebelum tidur juga bisa menyebabkan terjadinya karies rampan atau gigis. Jika gigi susu hampir semuanya gigis, maka pertumbuhan gigi permanennya pun akan terganggu dan susunannya jadi berantakan.

3. Faktor keturunan

Jika orangtua memiliki gigi tonggos, maka anak berpotensi lebih besar mengalami kondisi gigi yang sama. Namun, orangtua dengan gigi yang tidak tonggos pun bisa memiliki anak yang giginya terlihat maju.

Mengapa begitu? Sebab, apabila sang anak mewarisi ukuran rahang sang ibu yang kecil tapi ukuran giginya besar-besar seperti ayahnya, maka rahang tidak akan cukup menampung semua gigi dalam posisi yang benar dan rapi. Hal ini bisa membuat anak terlihat tonggos.

4. Susunan gigi yang berantakan

Susunan gigi yang berantakan bisa membuat overjet seseorang jadi lebih besar dari yang seharusnya. Orang yang memiliki gigi yang ompong dan tidak diganti dengan gigi palsu juga berisiko jadi tonggos. Sebab, gigi-gigi disekitar gigi yang ompong tersebut akan bergeser mengisi ruang yang kosong, membuat susunannya berantakan.

5. Tongue-thrusting atau posisi lidah yang tidak benar

Tongue-thrusting adalah posisi lidah yang terlalu mendorong ke depan dan merupakan suatu kebiasaan yang seringkali tidak disadari. Jika dilakukan terus-menerus, maka posisi lidah ini bisa menyebabkan gigi menjadi tonggos.

6. Tumor atau kista

Tumor dan kista yang tumbuh di rongga mulut atau rahang juga bisa mendorong gigi menjadi lebih maju. Namun, hal ini jarang terjadi.

Mengapa gigi tonggos perlu segera diperbaiki?

Gigi tonggos bisa sebabnyak kesulitan mengunyah
Gigi tonggos bisa sebabkan sulit mengunyah

Orang yang mencari perawatan untuk gigi tonggos umumnya termotivasi untuk memperbaiki estetika. Namun sebenarnya, ada kondisi-kondisi lain yang membuat perawatan gigi tonggos juga perlu dilakukan, seperti:

• Gangguan mengunyah

Susunan gigi atas yang terlalu maju membuat proses mengunyah makanan menjadi terganggu. Sebab, gigi atas dan bawah jadi tidak bisa mengatup dengan baik saat mengunyah. Hal ini membuat makanan yang ditelan tidak dihancurkan sebagaimana mestinya.

Padahal, proses pengunyahan adalah tahap awal dari proses pencernaan. Jika sejak awal prosesnya sudah tidak optimal, maka tahapan pencernaan yang lain pun akan ikut terganggu.

• Gangguan pengucapan

Susunan gigi yang tonggos juga akan memengaruhi cara Anda berbicara. Sebab, kondisi ini membuat gigi, lidah, dan bibir tidak bisa berkoordinasi dengan baik untuk menghasilkan pengucapan yang sempurna. Umumnya, orang dengan gigi tonggos akan kesulitan mengucapkan huruf S, F, SH, V, TH, P, M, dan B.

• Berpengaruh pada proses pernapasan

Gigi tonggos sendiri memang tidak menyebabkan gangguan pernapasan. Namun, penyebab gigi tonggos seperti susunan gigi yang berantakan dan ukuran rahang yang kecil seringkali disertai dengan jalan napas yang juga sempit.

Hal ini bisa menyebabkan orang yang giginya tonggos berisiko memiliki masalah seperti sering ngorok saat tidur dan apnea tidur, sebagai gangguan pernapasan ketika tidur.

Perawatan yang efektif untuk gigi tonggos

Kawat gigi efektif rawat gigi tonggos
Kawat gigi efektif untuk rawat gigi tonggos

Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk membuat gigi tonggos kembali ke posisi normalnya. Semua metode perawatan ini hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi. Sejauh ini tidak ada cara alami untuk mengatasi gigi tonggos yang sudah terbukti secara ilmiah.

Berikut ini pilihan perawatan gigi tonggos yang biasa dilakukan.

• Kawat gigi dengan bracket

Kawat gigi adalah metode paling umum untuk mengatasi gigi tonggos. Pada anak remaja atau orang dewasa, jenis kawat gigi yang digunakan biasanya adalah kawat gigi permanen yang menggunakan bracket.

Kawat gigi tersebut akan membantu mendorong gigi ke belakang sekaligus merapikan susunan gigi sehingga Anda tidak lagi terlihat tonggos. Perawatan ini bisanya harus dijalani selama beberapa tahun. Semakin ringan kasusnya maka perawatannya umumnya akan lebih cepat.

• Kawat gigi lepasan

Kawat gigi lepasan biasa digunakan pada anak-anak yang giginya sudah terlihat tonggos. Kawat gigi lepasan ini biasanya juga disertai dengan plat ekspansi yang akan dipasang di langit-langit mulut untuk membantu melebarkan rahang. Sehingga, rahang punya cukup ruang untuk menampung gigi-gigi permanen yang akan tumbuh dan tidak membuat anak tersebut terlihat tonggos.

• Clear aligners

Saat ini, sudah tersedia clear aligners yang bisa digunakan untuk merapikan gigi. Alat ini bisa dilepas dan dipasang sendiri oleh penggunanya. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, clear aligners perlu digunakan setidaknya sekitar 20 jam sehari.

Clear aligners adalah alat untuk memperbaiki susunan gigi yang berbentuk seperti pelindung gigi yang banyak digunakan oleh petinju atau atlet lainnya. Namun, ukurannya biasanya lebih kecil dan tipis, menyesuaikan dengan lekukan susunan gigi Anda.

Untuk bisa memulai perawatan ini, Anda terlebih dahulu harus menjalani pemeriksaan oleh dokter gigi untuk bisa dibuatkan rencana perawatan yang lengkap. Clear aligners harus diganti setiap beberapa bulan sekali, saat posisi gigi sudah mulai berubah.

• Operasi rahang

Pada beberapa kasus, gigi terlihat tonggos karena pertumbuhan tulang rahang yang berlebih. Pada kasus seperti ini, penggunaan kawat gigi maupun perawatan lainnya tidak akan efektif untuk membuat gigi terlihat lebih mundur. Oleh karena itu, operasi adalah jalan satu-satunya yang bisa dilalui.

Jika ingin berkonsultasi seputar gigi tonggos yang dialami, segera datang ke dokter gigi. Dokter akan menjelaskan seputar kondisi Anda dan memberikan pilihan perawatan yang paling sesuai.

Healthline. https://www.healthline.com/health/buck-teeth
Diakses pada 10 April 2020

Net Doctor. https://www.netdoctor.co.uk/beauty/dental/a29410188/buck-teeth/
Diakses pada 10 April 2020

Definition Dental. https://www.definitiondental.com/blog/bye-bye-buck-teeth-how-to-overcome-an-overbite.html
Diakses pada 10 April 2020

Artikel Terkait