Inilah Jenis Pengobatan Bronkitis dan Lama Waktu Penyembuhannya!

Lama pengobatan bronkitis tergantung dari tingkat keparahannya
Pengobatan bronkitis harus sesuai dengan jenis yang dialami, akut atau kronis

Salah satu penyebab batuk yang umum terjadi adalah bronkitis. Pada kondisi akut, pengobatan bronkitis yang tepat bisa membantu mengatasi kondisi ini hingga tuntas. Namun, pada kondisi yang kronis, bronkitis sudah tidak dapat diobati secara tuntas dan hanya bisa diredakan gejalanya.

Lama pengobatan bronkitis akut, umumnya hanya akan memakan waktu satu hingga tiga minggu. Sementara itu untuk bronkitis kronis, pengobatan bisa dijalani dalam hitungan bulan bahkan hingga tahunan.

[[artikel-terkait]]

Pengobatan bronkitis yang tepat harus sesuai dengan jenisnya

Agar bisa dilakukan secara tepat, pengobatan harus sesuai dengan jenis bronkitis yang diderita. Penyakit tersebut dikelompokkan menjadi 2 jenis, yaitu bronkitis akut dan kronis.

1. Bronkitis akut

Bronkitis akut dapat terjadi hingga tiga minggu. Kondisi ini disebabkan oleh adanya peradangan pada saluran pernapasan, sehingga bisa timbul batuk disertai dahak.

2. Bronkitis kronis

Bronktitis kronis ditandai dengan batuk yang dapat terjadi selama tiga bulan dalam satu tahun dan berlansung selama dua tahun berturut-turut. Kondisi ini umumnya menyerang orang yang berusia di atas 40 tahun.

Pengobatan bronkitis akut untuk redakan batuk

Bronkitis akut dapat reda dengan sendirinya, setelah beberapa minggu. Sehingga, untuk mengatasi penyakit ini, dokter umumnya akan menyarankan Anda untuk beristirahat yang cukup, dan memperbanyak konsumsi air.

Karena bronkitis lebih banyak disebabkan oleh infeksi virus, maka pemberian obat antibiotik jarang dilakukan, karena antibiotik tidak efektif untuk membasmi virus. Pemberikan antibiotik baru dilakukan apabila:

  • Anda memiliki risiko komplikasi, seperti pneumonia.
  • Bronkitis terjadi pada bayi yang lahir prematur.
  • Bronkitis menyerang lansia di atas 80 tahun.
  • Memiliki riwayat penyakit jantung, hati, ginjal, dan paru-paru.
  • Bronkitis terjadi pada orang dengan riwayat imun yang melemah .
  • Bronkitis terjadi pada penderita fibrosis kistik.

Konsumsi antibiotik jenis amoxicilin atau doxycyclline, umumnya perlu dilakukan selama lima hari. Jika batuk yang dialami cukup parah, dokter juga mungkin meresepkan obat berbahan steroid.

Obat berjenis acetaminofen dan ibuprofen juga dapat direkomendasikan, apabila batuk mengganggu tidur dan menimbulkan nyeri.

Pengobatan bronkitis kronis yang tepat

Meski hingga saat ini belum ada pengobatan untuk bronkitis kronis, namun gejala yang timbul akibat kondisi ini, bisa diatasi dengan perawatan secara medis maupun perubahan gaya hidup. Terutama, jika diagnosis dilakukan sejak dini.

Beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk bronkitis akut antara lain:

1. Penggunaan bronkodilator

Bronkodilator adalah sejenis obat hirup yang digunakan untuk membantu membuka jalan napas di paru-paru. Obat ini dihirup menggunakan alat yang disebut dengan inhaler.

2. Konsumsi obat

Obat minum berjenis teofilin dapat diresepkan oleh dokter untuk membantu mengobati bronkitis kronis. Obat ini bekerja dengan cara membuat otot lebih rileks, sehingga jalur napas dapat lebih terbuka, untuk mengatasi sesak napas.

Jika pemberian obat hirup maupun minum di atas tidak juga meredakan bronkitis, maka dokter dapat meresepkan obat berjenis steroid.

3. Rehabilitasi paru

Rehabilitasi paru bertujuan untuk membantu memerbaiki pernapasan dan kondisi tubuh secara keseluruhan. Dalam rehabilitasi ini, akan dilakukan serangkaian kegiatan seperti olahraga, konseling nutrisi, dan strategi mengatur napas.

Rehabilitasi ini umumnya dilakukan satu atau dua kali seminggu, selama enam mingu.
Lakukan hal ini agar bronkitis tidak bertambah parah

Selain pengobatan di atas, penderita bronkitis juga disarankan untuk menghindari hal-hal yang dapat memperparah kondisi tersebut, seperti kebiasaan merokok, menghirup asap kendaraan, hingga menghirup asap dari pemanggang makanan.

Anda juga disarankan untuk memasang penyaring udara ruangan atau humidifier. Alat ini akan membantu ruangan menjadi lebih lembap. Dengan demikian, napas menjadi lega, dan dahak pun bisa encer.

Selain itu, pemasangan humidifier juga akan membantu meredakan rasa nyeri yang timbul, akibat menghirup udara kering.

Baik kondisinya akut maupun kronis, pengobatan bronkitis sebaiknya diawali dengan pemeriksaan oleh dokter. Jadi, Anda bisa mengetahui langkah perawatan yang paling tepat untuk kondisi Anda.

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/bronchitis/
Diakses pada 1 Juli 2019

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/chronic-obstructive-pulmonary-disease-copd/treatment/
Diakses pada 1 Juli 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/copd/understanding-chronic-bronchitis
Diakses pada 1 Juli 2019

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/bronchitis-treatments-770331
Diakses pada 1 Juli 2019

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/bronchitis/guide/acute-bronchitis-treatment-what-doctors-recommend-what-try-home/
Diakses pada 1 Juli 2019

American Lung Associaton. https://www.lung.org/lung-health-and-diseases/lung-disease-lookup/acute-bronchitis/diagnosing-and-treating-acute-bronchitis.html
Diakses pada 1 Juli 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed