Apa Saja Jenis Pelanggaran Bola Basket yang Harus Dihindari?


Pelanggaran bola basket dibagi menjadi dua kategori, yaitu foul dan personal fouls. Sanksi untuk setiap pelanggarannya pun berbeda-beda, tergantung pada tingkat keparahannya. 'Hukuman' tersebut bisa berupa skorsing, hingga denda uang.

0,0
06 Feb 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Pelanggaran bola basket salah satunya adalah travelling foulsPelanggaran bola basket akan dikenai sanksi sesuai tingkat keparahannya
Melakukan pelanggaran dengan sengaja saat bertanding dengan orang atau tim lain dalam permainan bola basket adalah tindakan yang kurang sportif. Anda harus mengetahui dan menghindari pelanggaraan bola basket ini, karena bisa merugikan diri sendiri maupun seluruh anggota tim hingga staf kepelatihan dan klub.Menurut Rule No. 12: Fouls and Penalties yang diterbitkan NBA (Liga Bola Basket Amerika Serikat), terdapat 2 jenis pelanggaran dalam bola basket, yakni technical foul dan personal fouls. Namun pada praktiknya, kedua tipe pelanggaran ini memiliki banyak turunan.Sanksi yang berlaku pada setiap jenis pelanggaran bola basket juga berbeda-beda, tergantung derajat keparahannya. Ada pelanggaran ringan yang hanya berbuah turnover. Ada juga yang sampai mengakibatkan fouled out, skorsing, hingga denda uang.

Pelanggaran bola basket dan jenis-jenisnya

Setidaknya ada 7 jenis pelanggaran dalam basket
Pelanggaran bola basket yang biasanya terjadi dalam satu pemainan adalah sebagai berikut ini.

1. Personal fouls

Pelanggaran bola basket ini adalah salah satu yang paling sering terjadi, yakni ketika salah satu pemain dengan sengaja melakukan kontak fisik dengan lawan. Kontak fisik yang dimaksud bisa berupa memukul, mendorong, menampar, menahan badan, atau dengan sengaja menghalang-halangi badan lawan.Personal fouls akan membuahkan salah satu dari hukuman berupa:
  • 3 free throw: jika pemain dilanggar saat menembak untuk tiga poin dan tembakan mereka gagal
  • 2 free throw: jika tim yang melakukan pelanggaran memiliki 10 atau lebih pelanggaran
  • 1 free throw: jika seorang pemain dilanggar saat menembak, dan tetap berhasil. Dengan demikian, dia bisa mencetak poin ekstra berkat pelanggaran itu.
  • Inbound: jika dilanggar saat tidak menembak, tim yang dilanggar berhak melakukan lemparan ke dalam di sisi atau garis dasar terdekat, di luar batas, dan memiliki 5 detik untuk mengoper bola ke lapangan.
  • One & one: jika tim yang melakukan pelanggaran memiliki tujuh atau lebih fouls dalam satu pertandingan, maka pemain yang dilanggar diberikan satu lemparan bebas. Jika berhasil dengan tembakan pertamanya, maka ia mendapat free throw lagi.
Setiap pemain memiliki jatah 5 kali personal fouls. Jika melakukan pelanggaran personal yang keenam, maka ia akan dikeluarkan dari lapangan (foul out).

2. Charging

Ini adalah bentuk pelanggaran bola basket yang ofensif dan dilakukan saat pemain mendorong atau menabrak pemain bertahan. Sebagai hukumannya, wasit akan memberikan penguasaan bola (turnover) kepada tim yang dilanggar.

3. Blocking

Blocking adalah kontak fisik akibat pemain belakang tidak berada pada posisi tepat untuk mencegah dorongan lawan ke keranjang.

4. Pelanggaran flagrant

Pelanggaran bola basket ini termasuk memukul, menendang, dan meninju. Pelanggaran flagrant akan menghasilkan lemparan bebas ditambah penguasaan bola setelah lemparan bebas.

5. Pelanggaran yang disengaja

Ketika seorang pemain melakukan kontak fisik dengan pemain lain tanpa alasan yang masuk akal, maka ia dikategorikan melakukan intentional foul. Bentuk sanksi atau hukumannya akan tergantung dari keputusan wasit.

6. Travelling foul

Travelling foul adalah pelanggaran bola basket yang banyak dilakukan oleh pemain-pemain pemula atau level junior. Travelling pada dasarnya ialah melangkah 2 kali atau lebih tanpa melakukan dribble.Di kompetisi elite seperti IBL (Indonesia) atau NBA, pelanggaran ini juga bisa terjadi ketika pemain kebingungan mencari ruang tembak. Hukuman dari pelanggaran ini adalah perpindahan bola (turnover).

7. Technical foul

Jenis pelanggaran bola basket ini tidak terjadi di lapangan, melainkan di luar area permainan. Seorang pemain atau pelatih bisa melakukan jenis pelanggaran ini karena technical foul biasanya merupakan pelanggaran 'tata krama' permainan, seperti berkata-kata kotor, rasis, bersikap tidak senonoh, dan bahkan bertengkar di pinggir lapangan.

Technical foul dianggap sebagai pelanggaran berat dalam permainan bola basket. Sementara itu, jenis hukumannya bisa berupa dikeluarkannya pelaku dari pertandingan (ejected), free throw untuk lawan, hingga hukuman denda uang kepada penyelenggara liga.
Anda mungkin saat ini hanya bermain basket sebagai rekreasi maupun olahraga, bukan untuk bertanding. Namun, tentu akan lebih baik jika Anda pun memahami berbagai pelanggaran dalam olahraga permainan yang satu ini.
olahragatips olahragahidup sehat
NBA. https://official.nba.com/rule-no-12-fouls-and-penalties/
Diakses pada 27 Januari 2020
Bola Basket Web. https://bolabasket.web.id/pelanggaran
Diakses pada 27 Januari 2020
Breakthrough Basketball. https://www.breakthroughbasketball.com/basics/basics.html
Diakses pada 27 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait