logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Olahraga

10 Jenis Olahraga untuk Diet agar Badan Lebih Ramping

open-summary

Olahraga untuk diet antara lain jalan kaki, naik turun tangga, lompat tali, berenang, bersepeda, pilates, yoga, hingga HIIT. Agar efektif, dampingi olahraga dengan pola makan dan hidup yang sehat.


close-summary

3.25

(4)

24 Sep 2020

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Olaharga untuk diet yang ampuh turunkan berat badan salah satunya jalan kaki

Olahraga yang ampuh untuk turunkan berat badan salah satunya jalan kaki

Table of Content

  • Olahraga untuk diet yang efektif turunkan berat badan
  • Catatan dari SehatQ

Jenis olahraga untuk diet sangatlah beragam, tetapi manakah yang paling ampuh dan mudah dilakukan?

Advertisement

Jangan khawatir, ada banyak sekali jenis olahraga untuk diet yang sangat mudah dilakukan, bahkan di rumah sekalipun. Ditambah lagi, sejumlah penelitian sudah membuktikan efektivitasnya dalam menurunkan berat badan.

Olahraga untuk diet yang efektif turunkan berat badan

Jangan beranggapan bahwa olahraga untuk diet selalu berintensitas tinggi. Nyatanya, beberapa jenis olahraga untuk diet ini memiliki intensitas rendah dan dapat dilakukan dengan mudah.

Agar terhindar dari obesitas, mari kenali berbagai macam jenis olahraga untuk diet yang ampuh dan mudah dilakukan ini.

1. Jalan kaki

Jalan kaki termasuk olahraga untuk diet
Jalan kaki termasuk olahraga untuk diet yang efektif

Jalan kaki adalah jenis olahraga untuk diet yang tidak hanya mudah dilakukan, tetapi juga ampuh menurunkan berat badan.

Menurut Harvard Health, seseorang yang memiliki berat badan 70 kilogram, dapat membakar sekitar 167 kalori hanya dengan berjalan kaki selama 30 menit.

Riset lain membuktikan, sebanyak 20 wanita dengan masalah obesitas dapat membakar lemak hingga 1,5 persen dan mengecilkan lingkar pinggangnya hingga 2,8 centimeter setelah rutin jalan kaki (selama 50-70 menit) sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Oleh karena itu, cobalah untuk jalan kaki di sekitar rumah selama 30 menit, sebanyak 3-4 kali dalam seminggu.

2. Joging

Setelah jalan kaki, cobalah joging alias lari kecil. Dibadingkan dengan jalan kaki, joging dapat membakar lebih banyak kalori, lho.

Menurut para ahli di Harvard Health, seseorang dengan berat badan 70 kilogram dapat membakar sekitar 298 kalori dalam 30 menit (dengan kecepatan 8 kilometer per jam).

Tidak hanya itu, joging dan berlari terbukti dapat membakar lemak berlebih di bagian perut. Kelebihan lemak di bagian tubuh ini perlu diwaspadai karena dapat mengundang penyakit jantung dan diabetes.

Untuk permulaan, cobalah joging selama 20-30 menit sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. Jika Anda merasa jalanan aspal membuat persendian cepat lelah, Anda bisa mencari trek dengan permukaan yang lebih halus seperti rumput.

3. Sepeda

Selain dapat menambah teman, bersepeda merupakan jenis olahraga untuk diet yang ampuh turunkan berat badan. Berbagai penelitian pun sudah membuktikannya.

Harvard Health mengungkapkan bahwa seseorang dengan berat badan 70 kilogram mampu membakar sebanyak 260 kalori hanya dengan bersepeda selama 30 menit.

Lebih dari itu, bersepeda dipercaya ampuh meningkatkan kebugaran sekaligus mencegah penyakit jantung dan kanker.

4. Berenang

Olahraga untuk diet juga bisa dilakukan di kolam renang
Olahraga untuk diet yang menyenangkan

Siapa bilang berenang tidak bisa turunkan berat badan? Nyatanya, penelitian membuktikan bahwa berenang adalah salah satu jenis olahraga untuk diet yang paling ampuh turunkan berat badan.

Pada saat berenang, tubuh akan tetap berkeringat. Hanya saja, Anda tidak bisa melihat keringat itu karena sudah bercampur dengan air.

Setiap gaya berenang akan menentukan seberapa banyak kalori yang terbakar. Menurut penelitian Harvard Health, partisipan dengan berat badan 70 kilogram yang melakukan renang gaya punggung dapat membakar sekitar 298 kalori per 30 menit.

5. HIIT

Latihan interval, yang juga dikenal sebagai high-intensity interval training (HIIT), merupakan latihan olahraga dengan durasi pendek namun berintensitas tinggi.

Biasanya, HIIT dapat berlangsung selama 10-30 menit, tapi jumlah kalori yang terbakar sangatlah tinggi.

Sebuah studi membuktikan, HIIT dapat membakar 25 persen lebih banyak kalori dibandingkan jenis olahraga lain (bersepeda atau lari di treadmill). Itu artinya, dalam jangka waktu yang lebih pendek, Anda dapat membakar lebih banyak kalori.

6. Yoga

Olahraga untuk diet yang menenangkan pikiran
Yoga, olahraga untuk diet yang menenangkan

Jangan pernah meremehkan gerakan--gerakan yoga. Sebab, ada banyak kalori yang dapat dibakar dengan melakukannya.

Seseorang dengan berat badan 70 kilogram diperkirakan dapat membakar 149 kalori setelah melakukan yoga selama 30 menit saja.

Sebuah penelitian juga membuktikan, wanita yang memiliki obesitas mampu mengecilkan lingkar perutnya sebanyak 3,8 centimeter setelah melakukan sesi yoga 90 menit setiap minggu.

Tidak hanya kesehatan fisik saja yang diuntungkan dari melakukan yoga, tapi juga kesehatan mental. Jadi tidak ada salahnya Anda menjajal olahraga untuk diet ini.

7. Pilates

Dari gerakannya, pilates memang mirip dengan yoga. Namun pilates adalah jenis olahraga yang berbeda dari yoga. Tingkat kesulitannya pun masih dapat ditoleransi bagi mereka yang baru memulai hidup sehat.

Bayangkan saja, seseorang dengan berat badan 64 kilogram dapat membakar 108 kalori dalam kelas pilates pemula atau beginner selama 30 menit.

Meskipun pilates tidak membakar lemak sebanyak berlari, jogging, atau berenang, gerakannya yang mudah dilakukan dapat membuat Anda lebih konsisten dalam melakukannya.

8. Angkat beban

Apakah Anda suka olahraga mengangkat beban?

Mengangkat beban dianggap sebagai salah satu jenis olahraga untuk diet yang paling ampuh, bahkan juga bisa dilakukan di rumah jika Anda memiliki alat-alatnya.

Menurut sebuah riset, mengangkat beban selama 30 menit dapat membakar 112 kalori pada orang dengan berat badan 70 kilogram.

Ditambah lagi, angkat beban bisa memperkuat dan merangsang pertumbuhan otot.

9. Naik turun tangga

Meski terlihat sederhana, namun naik turun tangga merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa menurunkan berat badan. Gerakan ini bisa melatih otot kaki sekaligus membakar kalori.

Jika dilakukan secara teratur, naik turun tangga juga bisa menambah kadar kolesterol baik atau HDL di tubuh yang akan memicu penurunan kolesterol jahat atau LDL. Olahraga untuk diet ini pun akan membantu sendi, otot, dan tulang tetap sehat.

10. Lompat tali

Lompat tali atau skipping adalah salah satu olahraga yang efektif untuk menurunkan berat badan. Anda juga tidak memerlukan peralatan khusus untuk melakukannya. Cukup dengan tali dan permukaan yang rata, lompat tali sudah bisa dicoba.

Lompat tali didapuk sebagai salah satu olahraga untuk diet karena kemampuannya dalam meningkatkan detak jantung dan bisa membakar hingga 1.300 kalori per jam. Tentu, durasi untuk melakukan lompat tali berebeda tiap orangnya.

Baca Juga

  • 5 Manfaat Olahraga Tinju untuk Kesehatan yang Wajib Dicoba
  • Mengapa Kita Harus Berolahraga? Ini 10 Alasannya!
  • Meski Nikmat, Minum Teh Setelah Makan Bukan Kebiasaan yang Sehat

Catatan dari SehatQ

Berbagai jenis olahraga untuk diet di atas dapat membantu Anda turunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Namun ingat, perhatikan juga pola makan Anda. Sebab, melalui konsumsi makanan sehat, perjalanan Anda untuk meraih berat badan ideal dengan olahraga akan semakin mulus.

Jika masih punya pertanyaan seputar jenis olahraga yang paling efektif untuk menurunkan berat badan, konsultasikan langsung ke dokter lewat fitur Chat Dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Unduh gratis di App Store dan Google Play.

Advertisement

olahragatips olahragahidup sehatlari

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved