7 Jenis Olahraga Mata yang Bermanfaat untuk Jaga Kesehatannya


Olahraga mata bertujuan untuk menghilangkan ketegangan dan rasa tidak nyaman pada indra penglihatan. Biasanya, kondisi ini terjadi pada mereka yang gemar bekerja di depan layar selama berjam-jam.

(0)
24 Nov 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Gerakan olahraga mata bertujuan untuk mengurangi kondisi sakit akibat mata tegang.Mata pegal dan terasa tegang? Cobalah lakukan gerakan olahraga mata!
Ketegangan dan rasa nyaman pada mata bisa terjadi ketika organ ini dipaksa untuk bekerja di depan layar kaca selama berjam-jam. Untuk mengatasinya, Anda disarankan untuk mencoba olahraga mata. Selain mudah dilakukan, berbagai jenis olahraga ini tidak memakan waktu yang lama.

7 jenis olahraga mata yang patut dicoba

Olahraga mata didesain untuk memperkuat otot mata, memfokuskan penglihatan, dan merangsang pusat penglihatan pada otak. Melakukan olahraga mata secara rutin pun dipercaya dapat membantu Anda untuk mengontrol mata lebih baik.

1. Latihan 20-20-20

Olahraga mata metode 20-20-20 ini sangat berguna untuk Anda yang dituntut untuk bekerja di depan layar komputer selama berjam-jam. Dipercaya, olahraga mata metode 20-20-20 ini dapat mengatasi kondisi mata tegang.Untuk melakukannya, Anda hanya harus beristirahat dengan melihat sebuah objek yang berada sekitar 20 kaki (6 meter) selama 20 detik, setiap 20 menit sekali.

2. Latihan mengubah fokus

Latihan mengubah fokus juga bisa menjadi salah satu cara merilekskan mata. Namun ingat, olahraga mata yang satu ini harus dilakukan sambil duduk. Untuk mencobanya, ikuti tahapan-tahapan berikut ini:
  • Taruh satu jari di depan salah satu mata
  • Fokuskan pandangan pada jari
  • Gerakkan jari perlahan untuk menjauh dari wajah
  • Fokuskan pandangan pada objek lain, setelah itu kembali fokuskan pandangan pada jari
  • Dekatkan jari ke mata
  • Fokuskan pandangan pada objek lain lagi.
Untuk mendapatkan manfaatnya, cobalah lakukan olahraga mata ini sebanyak tiga kali. Kemudian, lakukan kebiasaan ini secara rutin.

3. Latihan fokus dekat dan jauh

Sama seperti latihan mengubah fokus, latihan fokus dekat dan jauh juga harus dilakukan sambil duduk. Untuk melakukan cara senam mata satu ini, tahapan yang bisa Anda ikuti:
  • Letakkan ibu jari sekitar 25 centimeter dari wajah dan fokuskan pandangan pada ibu jari selama 15 detik
  • Setelah itu, fokuskan pandangan pada objek lain yang berada 10-20 kaki (3-6 meter), dan fokuskan pandangan pada objek itu selama 15 detik
  • Kembalikan fokus pandangan pada ibu jari.
Guna mendapatkan manfaat olahraga mata ini secara optimal, lakukanlah sebanyak lima kali dan jadikan kebiasaan di sela-sela aktivitas Anda.

4. Gerakan angka 8

Olahraga mata dapat dilakukan di mana saja dengan mudah
Olahraga mata dapat dilakukan kapan saja di mana pun!
Gerakan angka 8 adalah olahraga mata yang juga harus dipraktikkan dalam posisi duduk. Untuk melakukannya, cobalah fokuskan pandangan pada sebuah titik di lantai sejauh 8 kaki.Setelah itu, buat gerakan angka delapan dengan kedua bola mata. Lakukan selama 30 detik, kemudian ubah ke arah sebaliknya.

5. Menggerakkan mata

Senam otot mata yang satu ini dilakukan dengan menggerakan kedua mata Anda. Menggerakkan mata adalah jenis olahraga mata yang sangat mudah dilakukan. Selain itu, teknik ini dianggap bisa mengatasi ketegangan mata. Berikut cara menggerakkan mata yang bisa Anda ikuti:
  • Tutup mata
  • Gerakkan mata ke atas dan bawah
  • Ulangi sebanyak tiga kali
  • Secara perlahan, cobalah gerakkan mata ke kiri dan kanan
  • Ulangi lagi sebanyak tiga kali.
Selain mudah, olahraga mata yang satu ini dapat dilakukan di mana saja.

6. Pencil pushups

Pencil pushups biasanya direkomendasikan dokter pada orang yang mengidap convergence insufficiency. Convergence insufficiency adalah kondisi medis yang terjadi saat kedua mata tidak bergerak secara bersamaan. Gejalanya berupa mata yang tegang, sakit kepala, hingga penglihatan buram.Berikut adalah langkah-langkah melakukan pencil pushups:
  • Peganglah pensil dan bentangkan tangan Anda di depan wajah.
  • Lihatlah pensil yang berada di depan wajah, dan cobalah untuk fokus pada satu objek itu sambil menggerakkan pensil ke bawah (sejajar dengan hidung).
  • Gerakkan pensil hingga sejajar dengan hidung sampai fokus pada pensilnya hilang.
  • Setelah itu, letakkan pensil ke dekat wajah dan cobalah untuk fokus pada pensil itu.
Agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal dari olahraga mata ini, lakukan pencil pushups sebanyak 20 kali.

7. Brock string

Brock string adalah olahraga mata yang sering kali disarankan untuk melatih koordinasi mata. Untuk mencobanya, Anda membutuhkan tali panjang dan manik-manik berwarna. Anda dapat melakukan brock string sambil berdiri ataupun duduk.
  • Mintalah seseorang untuk memegang ujung tali, kemudian peganglah ujung tali lainnya tepat di bawah hidung Anda.
  • Taruhlah satu manik ke dalam tali.
  • Lihatlah manik itu dengan kedua mata yang terbuka.
Jika kedua mata Anda berfungsi dengan baik, maka Anda akan melihat manik dan tali itu membentuk huruf X.Perlu diingat, berbagai olahraga mata di atas tidak bisa menyembuhkan penyakit, seperti miopi (rabun jauh), hiperopia (rabun dekat), hingga astigmatisma (mata silinder).Sejumlah penyakit mata, seperti degenerasi makula, katarak, hingga glaukoma, juga tidak bisa disembuhkan dengan olahraga mata.Olahraga mata hanya diperuntukkan sebagai penolong di saat mata merasa tegang, lelah, dan tidak nyaman akibat terlalu sering bekerja di depan layar.

Tips untuk menjaga kesehatan mata

Olahraga mata diperuntukkan sebagai "obat alami" untuk mata yang sudah letih
Jagalah kesehatan mata dengan menjalani pola hidup sehat
Berikut adalah sejumlah tips yang bisa Anda lakukan untuk membantu menjaga kesehatan mata.
  • Mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat adalah salah satu cara terpenting untuk menjaga kesehatan mata. Cobalah konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3, lutein, zinc, hingga vitamin C, E, dan A.
  • Berhenti merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko penyakit mata, seperti katarak dan degenerasi makula. Semakin cepat Anda berhenti merokok, semakin baik dampaknya bagi kesehatan Anda.
  • Pakai kacamata hitam

Menggunakan kacamata hitam saat sedang bepergian dapat menjaga mata Anda dari paparan sinar ultraviolet (UV). Pilihlah kacamata hitam yang dapat menjaga mata Anda dari sinar UVA dan UVB.
  • Istirahatkan mata

Biasakan untuk tidak menatap layar terlalu lama. Jika pekerjaan Anda menuntut mata untuk terus menatap laptop dan komputer, cobalah untuk memalingkan pandangan dari layar dan ikuti olahraga mata metode "20-20-20".Jika Anda punya pertanyaan lebih lanjut seputar olahraga mata, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play!
olahragatips olahragakesehatan matahidup sehat
Web MD. https://www.webmd.com/eye-health/eye-exercises#1
Diakses pada 10 November 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327524#exercises
Diakses pada 10 November 2020
AOA. https://www.aoa.org/healthy-eyes/eye-and-vision-conditions/computer-vision-syndrome?sso=y
Diakses pada 10 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/eye-health/eye-exercises#exercises
Diakses pada 10 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/eye-health/convergence-insufficiency#:~:text=Convergence%20insufficiency%20(CI)%20is%20an,hard%20to%20read%20and%20focus.
Diakses pada 10 November 2020
Web MD. https://www.webmd.com/eye-health/good-eyesight#1
Diakses pada 10 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait