Jenis Obat Tumor dan Perawatan untuk Atasi Tumor Jinak dan Tumor Ganas

(0)
15 Jul 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Pengobatan tumor dengan obat disebut sebagai kemoterapiPengobatan tumor ada beragam, mulai dari pengobatan dengan obat hingga operasi
Pengobatan tumor jinak maupun ganas bisa berbeda-beda, tergantung dari jenis, besar tumor, lokasi, hingga tingkat keparahannya. Tumor merupakan penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel berlebih, sehingga memicu timbulnya benjolan di jaringan.Pertumbuhan tumor yang tidak menyebar ke jaringan lain, disebut sebagai tumor jinak. Sementara itu, jika pertumbuhannya menyebar hingga ke jaringan lain, kondisi ini dikelompokkan dalam tumor ganas. Tumor ganas muncul karena penumpukan sel kanker. Sehingga, kedua istilah tersebut sering digunakan silih berganti.

Jenis pengobatan tumor jinak

Bagi Anda yang telah didiagnosis mengidap tumor jinak, ada beberapa pengobatan yang dapat dilakukan untuk menghilangkannya. Namun pada kasus tumor berukuran kecil dan tanpa gejala, dokter biasanya memilih untuk tidak melakukan tindakan apapun dan cukup mengamatinya. Sebab jika pengangkatan tumor dilakukan, akan ada lebih banyak jaringan sehat yang rusak akibat prosedur tersebut.Sementara itu tumor jinak yang berukuran cukup besar dan mengganggu serta menimbulkan gejala, beberapa metode pengobatan bisa dilakukan, seperti:

• Operasi

Pada operasi pengangkatan tumor jinak, metode operasi yang paling sering digunakan adalah endoskopi. Metode ini dipilih karena tidak memerlukan pembukaan jaringan yang besar. Saat melakukan endoskopi, dokter cukup menyayat atau membuka jaringan kecil, untuk memasukkan selang khusus yang dilengkapi berbagai peralatan yang dibutuhkan untuk menghilangkan tumor. Waktu yang dibutuhkan untuk penyembuhan pun lebih singkat.

• Terapi radiasi

Apabila tumor berada di lokasi yang rawan seperti di otak atau pembuluh darah dan saraf yang mudah rusak, maka dokter biasanya akan memilih metode selain operasi. Umumnya dokter akan memilih melakukan terapi radiasi.Terapi ini tidak bisa menghilangkan jaringan tumor sepenuhnya, seperti pada operasi. Namun, cara ini bisa mengurangi ukuran tumor dan mencegahnya bertambah besar.

Mengenal ragam pengobatan tumor ganas

Sementara itu, pilihan pengobatan untuk tumor ganas atau kanker lebih beragam. Dokter akan memilih metode yang paling sesuai dengan kondisi Anda. Beberapa di antaranya adalah:

1. Kemoterapi

Saat melakukan kemoterapi, berbagai obat-obatan akan diberikan pada pasien tumor ganas, untuk melawan dan menghancurkan sel-sel kanker yang ada di tubuh. Obat yang digunakan dalam kemoterapi bisa diberikan dalam bentuk obat minum atau langsung disuntikkan ke pembuluh darah.

2. Operasi

Operasi bisa menjadi pilihan untuk mengangkat tumor secara total, sehingga tidak ada lagi sel kanker yang tertinggal di tubuh. Sama seperti operasi tumor jinak, operasi untuk tumor ganas juga bisa dilakukan dengan berbagai metode.

3. Terapi radiasi

Pada terapi radiasi, sel kanker akan dibunuh menggunakan paparan sinar berenergi tinggi, seperti sinar X dan sinar proton. Terapi ini bisa dilakukan menggunakan alat yang diletakkan di luar tubuh atau secara eksternal, atau memakai alat yang dimasukkan ke dalam tubuh atau brakiterapi.

4. Terapi imun

Pada terapi imun atau yang bisa juga disebut sebagai terapi biologis, sistem pertahanan tubuh Anda akan “dilatih” untuk melihat sel-sel kanker dan menghancurkannya.

5. Terapi hormon

Beberapa jenis tumor ganas atau kanker, seperti kanker payudara dan kanker prostat, bisa dipicu oleh ketidakseimbangan hormon di tubuh. Sehingga, terapi hormon dapat menyeimbangkannya kembali dan menahan pertumbuhan sel kanker.

6. Transplantasi sel punca (stem cell)

Transplantasi sel punca bisa juga disebut sebagai transplantasi sumsum tulang belakang. Metode ini biasanya dilakukan agar dokter bisa memberikan dosis obat kemoterapi yang lebih tinggi, untuk meningkatkan potensi hilangnya sel kanker.Hingga saat ini, penelitian untuk menemukan perawatan yang paling efektif dalam mengatasi kanker, masih terus dilakukan. Baik tumor jinak maupun tumor ganas sebaiknya tidak diobati dengan obat herbal atau obat tradisional yang belum jelas penelitiannya. Sebab, dikhawatirkan akan ada efek samping berbahaya yang justru memperparah tumor yang Anda derita.Apabila Anda didiagnosis memiliki tumor, berdiskusilah secara intensif dengan dokter agar bisa memahami langkah demi langkah yang perlu dilakukan. Semakin cepat pengobatan dilakukan, maka kemungkinan sembuhnya pun akan semakin tinggi.
kankertumortumor askintumor jinaktumor otak
WebMD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/benign-tumors-causes-treatments#1
Diakses pada 1 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/benign
Diakses pada 1 Juli 2020
National Cancer Institute. https://www.cancer.gov/about-cancer/treatment/types
Diakses pada 1 Juli 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/cancer-treatment/about/pac-20393344
Diakses pada 1 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait