5 Jenis Makanan yang Wajib Ada dalam Bekal Anak Sekolah

Bekal anak sekolah sebaiknya dilengkapi dengan makanan bergizi
Bekal anak sekolah perlu diisi oleh berbagai makanan bergizi

Apakah Anda adalah salah satu orangtua yang merasakan keseruan tersendiri ketika menyiapkan bekal anak sekolah? Nah, menyiapkan bekal anak juga butuh ilmu agar makanan yang Anda bawakan tidak hanya menarik secara tampilan, melainkan juga kaya akan gizi yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas fisik maupun otaknya selama berada di sekolah.

Bahan makanan yang sebaiknya ada pada bekal anak sekolah

Nutrisi untuk anak sekolah pada prinsipnya sama dengan orang dewasa, yakni terdiri atas vitamin, mineral, karbohidrat, protein, dan lemak. Meski demikian, jumlah nutrisi yang dibutuhkan anak berbeda, tergantung kondisi tubuh dan usianya.

Saat ini, Kementerian Kesehatan RI merekomendasikan anak makan dengan Pedoman Gizi Seimbang (PGS). Dalam PGS, anak diwajibkan makan makanan yang terdiri atas makanan pokok sebanyak 3-8 porsi, protein nabati (2-3 porsi), protein hewani (2-3 porsi), sayuran (3-5 porsi) buah (3-5 porsi), dan minum air mineral minimal 8 gelas dalam sehari.

Berdasarkan pedoman di atas, berikut beberapa bahan makanan yang dapat Anda pilih sebagai menu bekal anak sekolah.

  • Protein, misalnya hewan laut (ikan udang, kerang, dan lain-lain), daging ayam atau unggas, telur, kacang panjang, buncis, kacang polong, kacang kedelai (dan produk olahannya, seperti tempe dan tahu), kacang-kacangan dan biji-bijian.

  • Buah, sebisa mungkin berikan buah utuh sebagai bekal anak sekolah. Jika Anda memberi jus sebagai ganti buah-buahan, pastikan jus itu mengandung 100 persen buah, tanpa tambahan pemanis, apalagi pengawet.

  • Sayur, sebisa mungkin berikan sayuran segar yang berwarna cerah, misalnya brokoli, tomat, dan wortel. Anda juga bisa menyertakan sayuran beku atau kering dalam bekal anak, asalkan dalam jumlah sedikit atau tidak mengandung sodium sama sekali (garam).

  • Nasi merah, gandum utuh, atau oatmeal dibandingkan nasi putih, pasta (atau mie), maupun roti putih.

  • Susu, bawakan anak bekal susu yang low-fat atau bahkan fat-free. Selain susu segar, Anda juga dapat memilihkan yogurt atau susu kedelai sebagai alternatif.

Supaya anak tidak bosan, Anda bisa mengubah kombinasi dari bahan-bahan makanan ini. Misalnya, bekal anak sekolah untuk hari Senin adalah nasi merah, ayam goreng, capcai, dengan buah jeruk dan susu UHT. Selasa, Anda dapat membawakannya roti gandum isi telur mata sapi, keju, selada, dengan buah semangka dan yogurt. Dan seterusnya.

Selain membawakannya makanan utama, Anda juga dapat menjadikan beberapa jenis makanan ringan (snack) sebagai camilan di saat senggang anak, terutama bila ia sekolah hingga sore hari.

Pemilihan makanan selingan ini pun pada prinsipnya sama dengan makanan utama, yakni harus kaya nutrisi, seperti bubur kacang hijau, roti isi keju, puding susu, maupun makaroni panggang.

Jangan lupa, siapkan snack dalam porsi kecil dan tampilan yang menarik. Namun bila Anda memilih memberikannya makanan ringan kemasan, cermati komposisinya agar anak tidak mengonsumsi gula atau garam secara berlebihan.

Hindari ini saat membawakan bekal anak sekolah

Selain memerhatikan bahan makanan apa saja yang ada dalam bekal anak sekolah, Anda juga harus memerhatikan apa saja yang sebaiknya tidak disertakan dalam menu anak.

Pertama, pastikan anak tidak sering dibekali dengan minuman yang mengandung gula tambahan, termasuk gula aren, sirup, gula jagung, madu, dan sebagainya.

Soda dan jus buah yang mengandung pemanis tambahan juga tidak disarankan sebagai bekal anak sekolah. Jika anak tidak suka minum susu, ajarkan ia untuk menyukai minum air putih saja.

Kedua, batasi konsumsi lemak jenuh pada anak, misalnya dari gorengan, daging merah, hingga produk susu yang berlabel full-fat. Jika anak suka sekali makan kentang goreng atau burger, misalnya, Anda tetap dapat memberikannya sesekali dan dalam porsi yang kecil saja.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/childrens-health/in-depth/nutrition-for-kids/art-20049335
Diakses pada 23 November 2019

Kementerian Kesehatan RI. https://www.depkes.go.id/article/view/16051300001/inilah-perbedaan-4-sehat-5-sempurna-dengan-gizi-seimbang-.html
Diakses pada 23 November 2019

IDAI. http://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/tips-memilih-snack-sehat-untuk-anak
Diakses pada 23 November 2019

Kids Health. https://kidshealth.org/en/kids/school-lunches.html
Diakses pada 23 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed