7 Jenis Makanan untuk Penderita Diabetes yang Direkomendasikan

Makanan untuk penderita diabetes sebetulnya sama saja dengan makanan sehat pada umumnya
Sayuran hijau termasuk makanan untuk penderita diabetes yang direkomendasikan

Ketika Anda divonis menderita diabetes, faktor makanan akan sangat memengaruhi kondisi gula darah Anda. Apa saja makanan untuk penderita diabetes yang baik dikonsumsi dan harus dihindari?

Pada dasarnya, makanan untuk penderita diabetes mirip dengan makanan-makanan sehat pada umumnya. Kuncinya adalah memperbanyak konsumsi sayur, buah, atau gandum utuh, serta menghindari makanan yang mengandung kalori atau lemak berlebih.

Jika orang pada umumnya harus menjalani pola makan yang baik untuk menjaga kebugaran, penderita diabetes perlu menjaga pola makan agar kadar gula darah mereka tidak meroket. Selain itu, pola makan ini bertujuan mengontrol berat badan (atau menurunkan berat badan bagi penderita diabetes tipe 2), serta menurunkan risiko penyakit jantung yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi atau penumpukan kolesterol.

Makanan yang baik untuk penderita diabetes

Berdasarkan rekomendasi Asosiasi Diabetes Amerika (ADA), makanan untuk penderita diabetes yang ideal adalah sayur dan buah, protein tanpa lemak, makanan tanpa pemanis buatan, dan tidak mengandung lemak jenuh. Berikut daftar lengkap makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes:

  • Sayuran hijau

Sayuran hijau kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi yang penting untuk tubuh. Selain itu, mereka juga memiliki sedikit dampak negatif terhadap kadar gula darah. Selain dikonsumsi dalam bentuk mentah, direbus, atau dikukus, sayuran hijau juga dapat dimakan sebagai salad yang dicampur dengan protein, seperti ayam dan tahu.

Sayuran untuk penderita diabetes yang dianjurkan adalah bayam, kale, kol, bok choy, dan brokoli. Sebaliknya, Anda sebaiknya menghindari sayuran yang sudah diawetkan (misalnya sayuran kaleng), sayuran yang sudah diolah menjadi acar, serta sayuran yang dimasak dengan menambahkan banyak mentega, keju, atau saus.

  • Buah yang mengandung sitrus atau berries

Buah-buahan sitrus (seperti jeruk, lemon, dan anggur) dipercaya memiliki efek antidiabetes karena mengandung antioksidan bioflavonoid bernama herperidin dan naringin. Selain itu, buah ini juga tidak mengandung karbohidrat sehingga aman dijadikan makanan untuk penderita diabetes.

Sementara keluarga beri (stroberi, blueberry, raspberry, blackberry) kaya akan antioksidan dan serat yang juga dapat menormalkan kadar gula darah Anda.

  • Ubi

Ubi memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dari kentang. Artinya, ubi melepas kandungan gulanya secara lebih perlahan sehingga kadar gula darah tidak langsung melejit ketika mengonsumsinya.

  • Gandum utuh

Makanan untuk penderita diabetes yang satu ini kaya akan serat, yang artinya makanan ini dicerna secara perlahan oleh tubuh sehingga kadar gula darah relatif stabil. Seperti halnya ubi, gandum utuh juga mengandung glikemik indeks yang rendah. Gandum utuh bisa didapat pada roti gandum, pasta gandum, beras cokelat, quinoa, dan sebagainya.

  • Ikan

Beberapa jenis ikan mengandung lemak polysaturated dan monosaturated yang dapat mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabetes. Jenis ikan yang masuk dalam makanan untuk penderita diabetes adalah salmon, makarel, sarden, tuna, haring, dan trout.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan termasuk makanan berkarbohidrat kompleks sehingga lebih sulit diserap oleh tubuh. Mengonsumsi makanan ini dapat membantu Anda dalam menjalani program diet, atau mengatur kadar kolesterol dan tekanan darah Anda.

  • Kacang kenari

Studi mengatakan orang yang sering makan kacang kenari dapat memiliki kadar gula darah normal. Makanan ini juga dipercaya dapat menurunkan risiko Anda terkena serangan jantung atau stroke.

Apakah ada pantangan makanan untuk penderita diabetes

Selain memperbanyak asupan bahan-bahan di atas, penderita diabetes juga memiliki daftar makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi. Pantangan makanan untuk penderita diabetes, antara lain:

  • Soda: minuman berkarbonasi ini biasanya mengandung gula yang banyak.
  • Gula yang sudah diolah menjadi makanan, misalnya donat, kue kering, cakes, kue, hingga permen.
  • Karbohidrat dalam bentuk makanan olahan, misalnya roti putih, pasta, atau keripik.
  • Makanan yang mengandung lemak jenuh, misalnya butter, mayones, dressing salad, saus, dan semua produk roti.
  • Produk hewani yang kaya akan lemak (daging merah, daging babi, bacon, sosis, dan sebagainya).
  • Produk susu, seperti krim, keju, es krim.
  • Makanan olahan, misalnya permen, keripik, dan kue kering.

Memiliki pantangan makanan untuk penderita diabetes bukan berarti Anda tidak dapat menikmati manisnya hidup. Mengonsumsi pantangan di atas sebenarnya boleh-boleh saja, asalkan dikombinasikan dengan sayur dan disesuaikan dengan kondisi tubuh serta pengobatan yang Anda jalani.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/in-depth/diabetes-diet/art-20044295
Diakses pada 18 Oktober 2019

WebMD. https://www.webmd.com/diabetes/diabetic-food-list-best-worst-foods
Diakses pada 18 Oktober 2019

Medicinet. https://www.medicinenet.com/diabetic_diet_for_type_2_diabetes/article.htm
Diakses pada 18 Oktober 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324416.php
Diakses pada 18 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed