10 Jenis Makanan untuk Menjaga Kesehatan Hati yang Mudah Ditemui


Hati atau liver adalah organ penting dan multifungsi di dalam tubuh manusia. Untuk menjaga kesehatannya coba 10 makanan untuk kesehatan hati yang mudah dijumpai ini.

(0)
16 Dec 2020|Marco Anthony
Mengonsumsi anggur dapat menjaga kesehatan hatiAnggur bermanfaat menjaga kesehatan hati
Hati atau liver adalah salah satu organ penting dan multifungsi di dalam tubuh manusia. Organ yang panjangnya hanya sekitar 10,5 cm ini bisa melakukan berbagai hal seperti memproduksi kolesterol, protein hingga menyimpan berbagai nutrisi penting untuk tubuh seperti vitamin, karbohidrat, dan beragam mineral.Tak hanya sampai di situ, fungsi utama hati yang menjadikannya penting adalah kemampuannya menetralisir racun, baik dari makanan, obat, hingga alkohol sehingga tubuh tetap sehat.Oleh karena itu penting sekali untuk menjaga kesehatan hati.Selain melakukan pola hidup sehat untuk menjaga performanya, ada juga makanan yang baik untuk kesehatan hati yang bisa Anda konsumsi. Apa saja?

Daftar jenis makanan untuk kesehatan hati

Berikut adalah beberapa jenis makanan untuk menjaga kesehatan hati yang mudah Anda temui di sekitar Anda.

1. Anggur

Anggur merah dan ungu mengandung antioksidan resveratrol yang sangat baik untuk tubuh. Mengonsumsi anggur dapat mengurangi risiko terjadinya peradangan pada organ hati serta meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh.Sebuah studi juga menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen ekstrak biji anggur selama 3 bulan menunjukkan peningkatan fungsi  hati. Meski begitu jika mengonsumsi ekstrak biji anggur saja, Anda tidak akan mendapatkan manfaat yang sama dengan mengonsumsi buah anggur utuh. Hasli studi ini masih terus diteliti lebih lanjut.Terlepas dari itu, anggur adalah makanan yang baik untuk kesehatan hati.

2. Jus buah bit

buah bit
Jus buah bit
Buah bit memang sudah terkenal menyehatkan, apa lagi jika dijus. Semakin nikmat untuk dikonsumsi.Buah bit mengandung nitrat dan antioksidan betalain yang bermanfaat mencegah stres oksifdatif dan peradangan.Sebuah studi pada tikus menunjukkan, mengonsumsi jus buah bit mengurangi kerusakan oksidatif dan peradangan pada hati. Ditambah adanya peningkatan produksi enzim detoksifikasi untuk menetralkan racun tubuh. Meski hanya dicoba pada tikus, ada asumsi hal yang sama dapat berlaku pada manusia. Namun butuh penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasinyaTak ada salahnya sesekali memasukkan jus buah bit ke dalam menu harian Anda.

3. Ikan berlemak

daging ikan salmon
Daging ikan salmon masak
Istilah ikan berlemak mengacu pada ikan-ikan yang memiliki kandungan minyak seperti sarden, salmon, dan tenggiri. Ikan-ikan ini biasanya memiliki kandungan omega-3  yang tinggi.Omega-3 dikenal dapat mengurangi peradangan pada organ tubuh. Selain itu, lemak dari ikan-ikan ini mampu mencegah terjadinya penumpukan lemak, melawan peradangan, meningkatkan pertahanan insulin, hingga menjaga enzim tubuh tetap normal.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki segudang sumber nutrisi, salah satunya vitamin E. Kombinasi kandungan nutrisi bukan hanya baik untuk kesehatan jantung tetapi juga hati.Sebuah studi menunjukkan peningkatan enzim liver pada penderita penyakit lemak hati non-alkohol yang selama enam bulan rutin mengonsumsi kacang-kacangan.

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun selalu masuk dalam daftar makanan yang menyehatkan. Tentunya hal ini bukan tanpa alasan. Minyak zaitun sudah terbukti bermanfaat menjaga kesehatan jantung dan juga sistem metabolisme pada tubuh.Untuk hati, menggonsumsi satu sendok minyak zaitun setiap hari bermanfaat mengurangi penumpukan lemak dan melancarkan peredaran darah di liver.

6. Brokoli

brokoli
Brokoli
Brokoli temasuk sayuran hijau yang memiliki manfaat kesehatan. Salah satunya untuk liver. Cara kerja brokoli menjaga kesehatan hati adalah adalah dengan meningkatkan enzim liver dan mengurangi terjadinya stres oksidatif.

7. Grapefruit

grapefruit
Grapefruit
Grapefruit atau jeruk Bali merah adalah makanan untuk kesehatan hati yang wajib dicoba. Alasannya,  buah ini mengandung antioksidan narigenin dan naringin. Pada percobaan terhadap hewan, kedua senyawa ini bermanfaat untuk melindungi hati.Kedua senyawa ini juga mampu mengurangi peradangan, memperbaiki sel, hingga mencegah munculnya fibrosis hati yang berbahaya.

8. Blueberries dan Cranberries

Meski sulit ditemui di pasar tradisional, kedua buah ini dapat dengan mudah Anda temui di hypermarket, dan wajib Anda coba jika ingin menjaga kesehatan hati.Blueberries dan dan cranberries mengandung antioksidan yang bernama anthocyanins yang baik untuk tubuh. Sebuah eksperimen menemukan bahwa anthocyanins dapat mengurangi terbentuknya fibrosis pada hati tikus.Di samping itu, mengonsumsi kedua buah ini secara teratur dalam waktu 3-4 minggu dapat melindungi hati dari kerusakan.

9. Teh

teh hijau
Teh hijau
Sama seperti minyak zaitun, sejak dulu teh selalu masuk dalam daftar makanan dan minuman yang sehat. Tak heran jika teh termasuk bermanfaat untuk hati.Dalam sebuah penelitian besar di Jepang, peneliti menemukan bahwa mengonsumsi 5-10 cangkir  teh hijau per hari menunjukkan adanya peningkatan pada aliran darah di liver. Studi lainnya juga menunjukkan bawa penderita lemak hati non-alkohol mengalami peningkatan produksi enzim dan penurunan stres oksidatif setelah mengonsumsi  teh hijau selama 12 minggu.

10. Kopi

kopi
Kopi
Siapa sangka kopi menjadi minuman yang baik untuk kesehatan hati. Kandungan kopi meningkatkan produksi antioksidan glutathione pada tubuh. Antioksidan ini sangat baik menetralisir radikal bebas dan mengurangi kerusakan sel.Selain itu mengonsumsi kopi dapat mengurangi risiko terjadinya sirosis hati.

Catatan dari SehatQ

Liver merupakan organ penting yang wajib dijaga kesehatannya. Mengonsumsi makanan untuk kesehatan hati bisa menjadi salah satu caranya.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang makanan atau pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan hati, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehatpenyakit hatihidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/11-foods-for-your-liver
Diakses pada 3 Desember 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323915
Diakses pada 3 Desember 2020
PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26457022/
Diakses pada 3 Desember 2020
PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26457022/
Diakses pada 3 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait