Jenis Makanan Setelah Cabut Gigi yang Aman Dikonsumsi dan Pantangannya


Jenis makanan setelah cabut gigi yang aman untuk dikonsumsi adalah makanan yang lembut, lunak, dan tidak harus dikunyah. Anda bisa memilih makanan yang dingin atau hangat suam-suam kuku.

0,0
20 Jun 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Makanan setelah cabut gigi yang aman dimakan adalah makanan lembut dan lunakAnda tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan setelah cabut gigi
Jika gigi Anda harus dicabut, persoalan tidak selesai setelah proses pencabutan gigi saja. Merawat bekas cabutan gigi juga sama pentingnya untuk mencegah terjadinya komplikasi sehingga soket gigi bisa pulih dengan cepat. Dokter dapat memberikan anjuran perawatan lanjutan untuk pemulihan, termasuk jenis makanan setelah cabut gigi yang dapat dikonsumsi atau dihindari.

Jenis makanan setelah cabut gigi yang bisa dikonsumsi

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi makanan setelah cabut gigi. Sebaiknya Anda hanya mengonsumsi makanan lunak atau lembut dan tidak perlu sering dikunyah selama 24 jam setelah gigi dicabut.Berikut adalah beberapa jenis makanan setelah cabut gigi yang aman untuk dikonsumsi tanpa mengganggu proses pemulihan.
  • Makanan dingin dan lembut, seperti yogurt, puding, smoothies, atau es krim, cocok untuk dikonsumsi setelah cabut gigi. Jangan tambahkan campuran yang keras atau sulit dikunyah, misalnya taburan kacang atau permen jelly, sebagai makanan setelah cabut gigi.
  • Sehari setelah cabut gigi boleh makan bubur sumsum, kentang yang dihaluskan (mashed potato), ubi tumbuk, telur orak-arik, oatmeal, panekuk, dan sup berbahan dasar kaldu tanpa potongan daging yang besar.
  • Selama 1-2 hari setelah cabut gigi, sebaiknya Anda hanya mengonsumsi makanan yang dingin dan hangat suam-suam kuku.
Lantas, bolehkah makan nasi setelah cabut gigi? Sebaiknya Anda menghindari dulu makan nasi setelah cabut gigi. Jika Anda sudah merasa lebih nyaman, Anda bisa makan bubur ayam atau nasi tim sehari setelah cabut gigi.Namun, perlu diingat untuk tidak memasukkan makanan tambahan yang renyah, keras, atau harus banyak dikunyah ke dalam bubur atau nasi tim.

Makanan yang harus dihindari setelah cabut gigi

Selain makanan setelah cabut gigi yang bisa dikonsumsi, ada pula beberapa jenis makanan dan minuman yang perlu Anda hindari. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dimaksud.
  • Minuman beralkohol
  • Makanan yang keras, renyah, atau kenyal; misalnya keripik, popcorn, dan kacang-kacangan
  • Makanan yang berukuran besar
  • Makanan atau minuman bersuhu panas.
Berbagai jenis makanan di atas sebaiknya dihindari setidaknya hingga satu minggu setelah Anda cabut gigi.

Cara makan yang baik setelah cabut gigi

Jika Anda hendak mengonsumsi makanan setelah cabut gigi, cara konsumsi yang benar perlu diperhatikan supaya tidak menghambat pemulihan.Berikut adalah beberapa cara makan yang sebaiknya Anda lakukan untuk mempercepat proses pemulihan.
  • Ada baiknya tidak makan dulu selama 3-4 jam setelah cabut gigi supaya ganjalan kassa atau kapas pada bekas gigi yang dicabut tetap pada tempatnya.
  • Kunyah makanan menggunakan gigi yang berada di sisi berlawanan dengan gigi yang dicabut.
  • Utamakan konsumsi makanan yang cair dan lembek.
  • Gunakan sendok saat makan dan minum setelah gigi dicabut
  • Jangan menggunakan sedotan atau cara makan apa pun yang mengharuskan Anda mengisap. Hal ini dapat membuat bekuan darah dari luka cabut gigi keluar dan membuat waktu penyembuhan menjadi lebih lama.

Pantangan habis cabut gigi

Selama masa pemulihan, berikut adalah beberapa pantangan habis cabut gigi yang tidak boleh Anda lakukan.
  • Jangan berkumur, meludah, menggunakan sedotan, hingga menyentuh luka dengan tangan atau lidah, selama 24 jam setelah prosedur pencabutan gigi.
  • Sebaiknya jangan berbaring telentang karena dapat memperpanjang masa penyembuhan. Ganjal kepala Anda dengan bantal saat tidur.
  • Hindari merokok.
Dengan perawatan yang baik, luka setelah cabut gigi mungkin dapat pulih setelah 7-10 hari. Selama itu, waspadai jika terjadi tanda-tanda infeksi atau komplikasi pada bekas gigi yang dicabut. Segera kunjungi dokter jika Anda mengalami gejala-gejala berikut:
  • Perdarahan yang tidak kunjung berhenti
  • Merasa kesemutan atau mati rasa dalam waktu lama pada area gigi yang dicabut
  • Demam
  • Keluar cairan kuning atau putih dari bekas cabut gigi
  • Rasa sakit dan pembengkakan terus menerus.
Kondisi tersebut dapat mengindikasikan gejala munculnya komplikasi pada bekas cabutan gigi sehingga perlu mendapatkan penanganan dari dokter.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan gigigigi goyang
National Health. https://www.nhs.uk/conditions/wisdom-tooth-removal/complications/
Diakses 6 Juni 2021
Healthline. https://www.auroradentistry.com/procedures/post-surgery-instructions/after-tooth-extractions/
Diakses 6 Juni 2021
Dentures and Extractions. https://www.denturesandextractions.com/blogs/2016/07/what-to-eat-and-what-to-avoid-after-a-tooth-extraction/
Diakses 6 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait