logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Wanita

Tak Disadari, 7 Jenis Makanan dan Minuman Penyebab Kanker Payudara Ini Sering Dikonsumsi

open-summary

Makanan penyebab kanker payudara antara lain adalah daging merah seperti daging sapi, makanan yang dibakar, makanan berlemak, makanan kaleng, makanan manis, alkhol, hingga susu. Risiko lain yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara di antaranya kebiasaan merokok, jarang olahraga, dan kelebihan berat badan.


close-summary

3.29

(56)

9 Mar 2022

| Annisa Amalia Ikhsania

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Makanan penyebab kanker payudara atau kanker payudara salah satunya daging sapi yang dibakar

Makanan penyebab kanker payudara salah satunya adalah dagin merah yang dibakar

Table of Content

  • Makanan penyebab kanker payudara
  • Catatan dari SehatQ

Tahukah Anda kalau makanan dan minuman yang kita konsumsi bisa meningkatkan risiko terbentuknya tumor payudara? Sebagian besar tumor payudara bersifat jinak atau tidak berpotensi kanker. Namun, tidak jarang tumor yang muncul pada payudara bersifat ganas dan kondisi inilah yang sering disebut sebagai kanker payudara.

Advertisement

Kanker payudara bisa muncul apabila terjadi kerusakan DNA sehingga menyebabkan ada sel-sel payudara berkembang secara tidak normal dengan cepat. Penyebab kerusakan tersebut beragam, salah satunya dipicu oleh kebiasaan dan pola hidup yang tidak sehat. Bahkan, ada beberapa jenis makanan yang menyebabkan tumor ganas (kanker) payudara, lho.

Makanan penyebab kanker payudara

Sebenarnya, tidak ada jenis makanan tertentu yang secara langsung dapat menyebabkan kanker payudara. Akan tetapi, cara memasak dan penggunaan bahan-bahan makanan dapat menyebabkan Anda berisiko tinggi terkena penyakit mematikan ini.

Ada berbagai jenis makanan yang mungkin menjadi penyebab berkembangnya sel kanker di payudara. Peluang Anda untuk terkena kanker payudara dari asupan makanan-makanan di bawah ini dapat meningkat apabila Anda memang sudah tergolong berisiko tinggi mengalami kanker.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang diduga menjadi penyebab kanker payudara.

1. Daging merah

Salah satu jenis makanan penyebab tumor payudara adalah daging merah
Daging sapi, domba, dan kambing mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi

Daging merah adalah salah satu jenis makanan penyebab kanker payudara. Ya, daging merah, termasuk daging sapi, domba, kambing, dan babi, mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi dibandingkan jenis daging lainnya, seperti daging unggas atau ikan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada keterkaitan antara daging merah dan peningkatan risiko kanker payudara. Terlebih jika Anda memasak daging merah pada suhu yang tinggi atau dibakar sehingga memicu proses pelepasan racun.

Selain itu, terlalu sering mengonsumsi daging merah juga berkaitan erat dengan risiko kanker pankreas, kolorektal, dan perut. Maka dari itu, sebaiknya batasi menyantap daging merah dengan jumlah maksimal 1800 gram per minggunya.

2. Makanan yang mengandung lemak trans dan jenuh

Gorengan adalah salah satu makanan penyebab tumor payudara
Sering makan gorengan dapat memicu perkembangan sel kanker

Makanan yang mengandung lemak trans dan jenuh perlu dihindari atau dibatasi lantaran kurang baik bagi tubuh. Selain bisa meningkatkan berat badan, terlalu banyak makan makanan yang mengandung dua lemak jahat ini juga dapat menyebabkan kanker payudara.

Kandungan berupa lemak trans yang dapat menjadi penyebab kanker payudara biasanya terdapat pada makanan olahan dan kemasan, seperti biskuit dan camilan kemasan lainnya, hingga gorengan, kentang goreng, dan margarin.

Selain kanker payudara, terlalu sering makan gorengan juga dapat memicu perkembangan sel-sel kanker lainnya, seperti kanker usus besar.

3. Makanan yang mengandung gula

Terlalu sering konsumsi gula dapat meningkatkan risiko terkena tumor payudara
Makanan manis dapat memengaruhi kerja insulin tubuh

Gula memang bukan jenis makanan penyebab kanker payudara secara langsung. Kendati demikian, terlalu sering mengonsumsi gula yang berasal dari aneka biskuit, es krim, madu, cokelat, dan lainnya, dapat meningkatkan risiko Anda terkena kanker payudara melalui peningkatan berat badan.

Sebuah studi menyebutkan bahwa makanan manis yang mengandung gula tinggi memengaruhi kerja insulin tubuh sehingga berpotensi menyebabkan resistensi insulin.

Resistensi insulin bisa membuat tubuh tidak dapat merespons insulin. Akibatnya, semakin banyak glukosa yang mengalir bebas dalam pembuluh darah.

Kondisi tersebut yang menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak hormon estrogen dan androgen. Ketika produksi kedua hormon tersebut tidak dapat terkendali, maka risiko kanker payudara dapat meningkat.

4. Makanan kalengan

Makanan penyebab kanker payudara salah satunya makanan kaleng
Makanan kalengan bisa meningkatkan risiko kanker payudara

Makanan kalengan juga diduga kuat dapat menjadi faktor makanan penyebab kanker payudara. Beberapa jenis makanan kalengan, termasuk sayur-sayuran dan buah-buahan kalengan, pasta kaleng, dan sup kaleng.

Menurut sebuah riset yang dipublikasikan dalam Environmental Research Journal, makanan kalengan umumnya dilapisi oleh bisphenol-A (BPA). BPA adalah salah satu bahan kimia yang telah terbukti dapat merusak DNA di dalam tubuh sehingga meningkatkan risiko Anda terkena kanker payudara.

Tak hanya itu, makanan kalengan biasanya cenderung mengandung banyak tambahan gula, garam, dan pengawet. Berbagai bahan tambahan tersebut tentu saja tak sehat bagi tubuh apabila dikonsumsi terlalu banyak.

Sebagai solusinya, jika Anda berbelanja makanan kaleng, pastikan di bagian luar kaleng terdapat label BPA Free atau bebas BPA. Kemudian, batasi konsumsi makanan kaleng Anda, minimal hanya satu kaleng untuk setiap minggu guna menghindari risiko kanker payudara.

5. Makanan yang dibakar

Makanan yang dibakar adalah salah satu jenis makanan penyebab tumor payudara
Terlalu sering makan makanan yang dibakar dapat memicu munculnya penyakit kanker 

Membakar atau memanggang daging merah di atas api tinggi dalam waktu yang lama dapat memicu terbentuknya senyawa yang dikenal dengan heterocyclic amines (HCAs) dan policyclic aromatic hydrocarbon (PAH).

Kedua senyawa pada makanan tersebut tergolong sebagai zat karsinogen yang dapat menyebabkan berkembangnya sel kanker, termasuk kanker payudara.

HCAs terbentuk dari asam amino, gula, dan kreatin di dalam otot sapi, ayam, atau kambing yang bereaksi terhadap panas bara api.

Sedangkan, PAH terbentuk ketika lemak dan cairan dalam daging keluar dan menetes ke api pembakaran, yang menyebabkan timbulnya kobaran api dan asap. Asap yang mengandung PAH kemudian menempel pada daging.

Selain ditemukan dalam makanan yang dibakar, PAH juga dapat berasal dari asap rokok dan asap knalpot mobil.

Meski begitu, kedua senyawa dalam makanan tersebut tidak dapat langsung menjadi penyebab berkembangnya sel kanker payudara. Kedua senyawa tersebut bisa menjadi penyebab berkembangnya sel kanker, termasuk kanker payudara, bila sudah menyebabkan kerusakan pada DNA (mutagenik).

Untuk dapat merusak DNA, HCA dan PAH harus terlebih dahulu diaktivasi oleh enzim tertentu dalam tubuh. Nah, agar daging dan makanan lain yang Anda makan tidak berpotensi menjadi penyebab kanker payudara, Anda bisa memasaknya dengan cara merebus atau mengukusnya.

6. Alkohol

Minuman penyebab kanker payudara salah satunya alkohol
Caption

Selain makanan yang telah disebutkan di atas, alkohol adalah salah satu jenis minuman yang dapat meningkatkan risiko berkembangnya sel kanker payudara, kanker liver, dan kanker usus besar.

Pasalnya, alkohol dapat meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh sehingga menyebabkan kerusakan DNA.

Oleh sebab itu, perempuan disarankan untuk tidak mengonsumsi alkohol lebih dari satu gelas tiap hari. Perempuan yang mengonsumsi tiga gelas alkohol tiap minggunya berisiko meningkatkan kanker payudara sebesar 15%.

Namun, akan jauh lebih baik jika Anda menghentikan kebiasaan ini sama sekali demi kesehatan yang lebih baik.

7. Susu

Minuman penyebab kanker payudara adalah susu
Terlalu banyak minum susu berisiko sebabkan kanker payudara

Susu adalah minuman yang baik untuk kesehatan. Namun pada kondisi tertentu, asupan ini juga dinilai bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Hubungan antara konsumsi produk dairy atau yang terbuat dari susu dengan peningkatan risiko kanker payudara hingga kini masih jadi banyak jadi perdebatan. 

Dilansir dari American Society for Nutrition, sebuah penelitian yang melihat kaitan antara beberapa jenis makanan dan minuman dan risiko kanker payudara menyebutkan bahwa mengonsumsi kurang dari 450 gram susu per hari tidak meningkatkan risiko kanker payudara.

Namun, minum susu lebih dari 450 gram sehari atau hingga 1.300 mg, meningkatkan risiko kanker payudara hingga 30%.

Meningkatnya risiko tersebut dinilai mungkin berkaitan dengan kandungan hormon larut lemak pada susu yang diperah dari sapi yang sedang hamil.

Baca Juga

  • Kandungan Nasi Putih dan 4 Manfaatnya untuk Tubuh Sehat
  • Muncul Urat Biru di Payudara, Apakah Tanda Kanker?
  • Galaktorea Melanda? Bisa Jadi Kanker Penyebabnya!

Catatan dari SehatQ

Makanan penyebab kanker payudara ternyata adalah yang sering dikonsumsi sehari-hari. Meski mengonsumsinya tidak serta merta membuat Anda mengidap kanker payudara, namun dalam jangka panjang, makanan dan minuman tersebut akan meningkatkan risiko munculnya kanker payudara. 

Ada berbagai cara untuk menurunkan risiko Anda terkena kanker payudara. Selain menghindari makanan dan minuman di atas atau mengubah pola konsumsinya, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat yang segar seperti sayur dan buah.

Jika Anda masih punya pertanyaan seputar jenis makanan penyebab kanker payudara maupun keluhan kesehatan lainnya, konsultasikan langsung dengan dokter lewat fitur Chat Dokter yang ada di aplikasi kesehatan SehatQ. Unduh gratis di App Store dan Google Play.

Advertisement

makanan tidak sehatkanker payudarapayudara

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved