Jenis Mainan Bayi 6 Bulan yang Aman dan Berbahaya

(0)
30 May 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Salah satu mainan bayi 6 bulan yang direkomendasikan adalah stack-up toysSeorang anak sedang memainkan mainan susun atau stack-up
Ada banyak pilihan mainan bayi 6 bulan yang beredar di pasaran, mulai dari bentuk hingga harganya. Lalu, mainan seperti apa yang sebaiknya dipilihkan oleh orangtua untuk Si Kecil?Mainan bukan hanya alat untuk menyenangkan bayi, namun juga berperan dalam perkembangan fisik, emosional, mental, dan sosial bayi. Orangtua harus menanamkan pemahaman bahwa mainan haruslah dianggap sebagai alat pembelajaran sehingga mendukung tumbuh-kembang bayi secara optimal.Prinsip dasar dalam memilih mainan bayi 6 bulan adalah sesuai dengan usianya dan aman dari segi bahan yang digunakan maupun cara penggunaannya. Lebih spesifik, berikut pembahasan mengenai tips memilih mainan bayi yang aman sekaligus berguna bagi bayi Anda.

Jenis mainan bayi 6 bulan dan manfaatnya

Berikut adalah beberapa jenis mainan bayi 6 bulan yang direkomendasikan.

1. Cermin yang tidak rentan pecah

Letakkan cermin di depan bayi saat ia tengah tengkurap (tummy time). Selain menstimulasi bayi untuk merangkak, menempatkan bayi di depan cermin dapat melatih kepercayaan dirinya sekaligus memperlihatkan berbagai ekspresi wajahnya.

2. Stack Up Toys

Mainan bertumpuk ini bisa berbentuk gelas, mangkuk, maupun cincin dengan ukuran beragam agar bisa ditumpuk. Mainan bayi 6 bulan ini pun biasanya terbuat dari plastik warna-warni sehingga Anda harus memastikan bahwa plastik yang digunakan tidak mengandung BPA (BPA-free).

3. Buku

Tidak pernah ada kata terlalu dini untuk mengenalkan bayi pada buku, apalagi saat ini bentuk buku saat ini sangat bervariasi sehingga bisa dijadikan mainan bayi 6 bulan. Selain buku biasa dari bahan kertas (hard book maupun soft book), Anda juga bisa memberi bayi buku yang terbuat dari kain atau berbentuk buku bantal.

4. Gym lantai

Gym lantai merupakan mainan bayi 6 bulan yang terdiri dari alas lembut dengan tiang di kedua sisinya. Tiang inilah yang menggantung berbagai jenis mainan bayi, seperti cermin kecil, gelang, bola, dan lain-lain.Mainan bayi 6 bulan ini dipercaya dapat meningkatkan skill motorik kasar anak. Membiarkan bayi 6 bulan banyak beraktivitas di gym lantai juga membantunya mengasah koordinasi antara mata dan tangannya.

5. Mainan gemerincing (rattle)

Mainan gemerincing (rattle) bisa terbuat dari kayu, plastik, bahkan kain dan biasanya berwarna-warni, serta menyerupai bentuk binatang maupun buah-buahan tertentu. Kebanyakan rattle akan berbunyi gemerincing ketika digoyangkan, termasuk pada mainan yang sudah menggunakan baterai.Suara gemerincing ini dapat melatih bayi untuk peka terhadap suara. Jika Anda membunyikan rattle di sisi kiri, maka bayi akan menengok ke sisi kiri, begitu pula sebaliknya. Di usia 6 bulan, bayi juga sudah bisa memindahkan mainan gemerincingnya dari tangan kanan ke tangan kiri atau sebaliknya, lho.

6. Bola bertekstur

Bola ini biasanya terbuat dari bahan karet atau plastik yang memiliki berbagai tekstur di permukaannya, seperti spike, lubang, garis, polos, dan sebagainya. Tujuan pemberian mainan bayi 6 bulan ini adalah merangsang indera perabanya sekaligus menstimulasi bayi untuk merangkak atau berguling. Pastikan bahan yang digunakan juga BPA-free.

Mainan bayi 6 bulan yang sebaiknya dihindari

Apa pun mainan bayi 6 bulan yang Anda pilih, pastikan untuk selalu mengutamakan sisi keamanan dan fungsinya sebagai alat stimulasi tumbuh kembang bayi. Beberapa jenis mainan yang sebaiknya tidak diberikan pada bayi, misalnya:
  • Mainan yang harus dicolok ke sakelar listrik karena berpotensi mengakibatkan luka bakar hingga kesetrum pada bayi.
  • Mainan yang memiliki potongan yang terlalu kecil, misalnya pada permainan blok, karena dikhawatirkan tertelan atau membuat anak tersedak.
  • Mainan yang mengandung balon karena dikhawatirkan dapat membuat anak tercekik atau menghalangi jalan napasnya.
  • Mainan yang diperuntukkan untuk anak-anak atau memiliki tingkat kesulitan tinggi karena dapat membuat bayi frustrasi.
Memberikan mainan yang mengandung baterai atau magnet boleh-boleh saja. Namun, jangan sampai baterai atau magnet tersebut tertelan oleh bayi karena dapat mengakibatkan masalah pencernaan serius hingga kematian.Jangan lupa juga untuk membuang label atau benang yang menggantung di mainan bayi 6 bulan yang sekiranya dapat membahayakan Si Kecil. Pastikan juga mainan tersebut tidak mengandung sudut yang tajam atau celah yang dapat membuat jari bayi terjepit saat memainkan mainan tersebut.Yang tak kalah penting, selalu awasi bayi saat bermain. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek mainan yang berpotensi membahayakan bayi, konsultasikan dengan dokter.
mainan anak
WebMD. https://www.webmd.com/parenting/features/choosing-right-toys-for-right-age
Diakses pada 15 Mei 2020
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/best-developmental-toys-for-6-month-olds-4169712
Diakses pada 15 Mei 2020
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/why-should-you-buy-baby-rattles-3256243
Diakses pada 15 Mei 2020
Parenting Firstcry. https://parenting.firstcry.com/articles/does-your-baby-need-a-play-gym-these-4-reasons-are-too-good-to-ignore/
Diakses pada 15 Mei 2020
Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/smart-toys.html
Diakses pada 15 Mei 2020
AAP. https://www.aap.org/en-us/about-the-aap/aap-press-room/news-features-and-safety-tips/Pages/Toy-Safety-Tips-from-the-American-Academy-of-Pediatrics.aspx
Diakses pada 15 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait